9 Ide Kreasi Jahit Untuk Usaha Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

by -56 views
Usaha Menjahit Dari Rumah

Seperti telah kita bahas di tulisan sebelumnya tentang usaha kecil yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga, Anda bisa membuat kerajinan tangan sebagai alternatif sumber penghasilan tambahan. Anda punya hobi menjahit? Jadikan hobi dan keterampilan menjahit Anda sebagai modal utama memulai usaha yang bisa dikerjakan di rumah.

Selain bisa dikerjakan di rumah, Anda juga bisa mengerjakannya di waktu luang tergantung pesanan yang masuk. Anda tidak perlu toko khusus untuk menjual hasil karya Anda. Cukup gunakan toko online baik di media sosial maupun di marketplace.

Untuk bahan dasar kain, Anda bisa memanfaatkan kain perca, membeli kain di toko kain, atau jika ingin lebih ekslusif, Anda bisa mencetak kain dengan desain Anda sendiri. Sekarang cukup banyak percetakan kain yang menerima motif dan desain Anda, dengan minimal pemesanan yang masih terjangkau.

Modal yang diperlukan pun relatif rendah. Jika Anda belum memiliki mesin jahit, Anda bisa mencari mesin jahit bekas selama kondisinya masih baik. Selain mesin jahit, Anda perlu menyiapkan meja dan kursi, dan barang pendukung lain seperti minyak pelumas mesin jahit, benang, kancing, resleting dan lain-lain.

 

9 Kreasi Kerajinan Menjahit Untuk Usaha Rumahan

 

Simak beberapa kreasi jahit di bawah ini, yang bisa Anda coba untuk usaha yang bisa dikerjakan di rumah.

  1. Masker kain

Masker Kain
Masker katun buatan Imy Ferica dan ibu mertuanya, Iveta Nevludova (foto dok. Imy Ferica)

Saat ini, memakai masker kain sudah menjadi kewajiban jika kita ingin keluar rumah. Anda bisa memproduksi masker kain sendiri dengan menggunakan pola yang sesuai standar. Masker kain yang bagus terdiri dari dua atau tiga lapis, dan bisa diisi tissue. Ke depannya, kebutuhan masker kain tetap akan ada karena manusia semakin sadar untuk melindungi tubuh dari polusi dan juga virus yang beredar di jalanan.

  1. Sarung bantal sofa

Contoh sarung bantal sofa
Sarung bantal sofa, produk yang selalu diminati

Keberadaan bantal sofa cantik dan unyu bisa mencerahkan suasana sebuah ruangan. Karena itu kamu bisa manfaatkan dengan berkreasi membuat motif desain sendiri.  Pembuatan sarung bantal sofa cukup mudah dan tidak memerlukan ketrampilan menjahit khusus, sehingga sangat cocok bagi Anda yang mencari usaha yang bisa dikerjakan di rumah.

  1. Laptop sleeve

Laptop Sleeve Kreasi Kain
Copyright by Brittany Goldwyn

Laptop sleeve banyak dibutuhkan oleh anak muda yang  sekarang ke mana saja membawa laptop. Anda bisa berkreasi dengan model dan motif sesuai dengan target market Anda.

  1. Tempat pensil

Produk yang satu ini tidak pernah berhenti kebutuhannya. Dengan model yang lucu-lucu untuk anak sekolah, tempat pensil bisa dijadikan souvenir pesta ulang tahun.

  1. Tas mukena

Kalau produk yang satu ini, biasanya laris pada saat bulan Ramadhan atau musim haji. Banyak perusahaan yang memesan dalam jumlah besar, karena itu Anda bisa mempersiapkan tenaga tukang jahit apabila ingin mentarget perusahaan.

  1. Keset kaki

Untuk membuat keset kaki, Anda bisa menggunakan kain sisa atau kain perca. Jika Anda tidak menemukan kain sisa di rumah, Anda bisa melakukan pendekatan pada pabrik kaos agar Anda bisa mengambil kain sisa produksi mereka untuk usaha di rumah. Banyak cara membuat keset kaki yang bisa Anda cari di internet. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat keset hanya sekitar 60 menit dan ini termasuk usaha yang bisa dikerjakan di rumah.

  1. Dompet Kain

Dompet kain bisa Anda buat dengan jahitan tangan maupun jahitan mesin. Anda bisa membuat desain dompet kain yang personal sehingga bisa dibuat sebagai souvenir.

  1. Tote Bag

Tote Bag Kreasi Jahit Usaha di Rumah
Contoh tote bag

Semakin banyak orang yang sadar lingkungan dan menghindari tas plastik. Mereka memilih tote bag sehingga tidak perlu memakai tas plastik sebagai tas belanja.  Tote bag adalah salah satu model tas jinjing yang biasanya terbuat dari bahan kain kanvas blacu, kain denim atau kain kanvas terpal.

  1. Kantong untuk Hand Sanitizer

Selain masker kain, orang sekarang terbiasa membawa hand sanitizer ke mana pun. Anda bisa menyediakan kantong kecil untuk menempatkan botol hand sanitizer. Modifikasi kantong tissue kain yang sudah banyak dibuat oleh orang, menjadi kantong kecil untuk botol hand sanitizer.

 

Semakin mantap mengerjakan usaha yang bisa dikerjakan di rumah ini? Buatlah sample hasil karya Anda. Anda bisa menggunakan media sosial atau marketplace untuk menjual hasil karya Anda. Jangan lupa promosikan ke orang-orang terdekat seperti teman arisan dan saudara-saudara. Anda bisa memasarkan  ke perusahaan dan komunitas apabila ingin mencari order dalam jumlah besar.