, ,

Kesalahan Bisnis Rumahan yang Sering Dilakukan, Bisa Bikin Bangkrut

by -5 views
Kesalahan bisnis
Kesalahan bisnis

Saat membangun sebuah usaha, kerap kali orang melakukan kesalahan bisnis. Awalnya bermaksud ingin membangun usaha kecil yang menjanjikan tapi malah berujung rugi. Memang banyak usaha rumahan modal kecil untung banyak. Tapi jika salah mengelola akan berakibat fatal.

Usaha kecilan di rumah tetap membutuhkan trik yang tepat agar bisa menghasilkan untung. Maka, kamu sebaiknya menghindari kesalahan bisnis berikut ini yang bisa bikin rugi.

Kesalahan bisnis
Kesalahan bisnis

1.Kesalahan Bisnis dalam Perencanaan

Salah satu proses penting dalam membuat bisnis adalah dari segi perencanaan. Sayangnya banyak orang yang menganggap enteng proses ini. Kamu wajib melakukan perencanaan minimal selama tiga bulan ke depan termasuk mempersiapkan skenario terburuk.

Ingat bahwa tak selamanya bisnis bisa laku dan menghasilkan untung. Maka, kamu harus merencanakan bila bisnis tidak berjalan mulus. Selain itu, perencanaan produk juga tak kalah penting.

Sebelum berjualan ada baiknya kamu melakukan riset kecil-kecilan. Ketahui dulu apakah produk yang kamu jual akan laku di pasaran. Pahami pasar atau target marketnya. Jangan lupa setelah itu rencanakan cara pemasaran yang tepat.

Kesalahan bisnis
Kesalahan bisnis

2.Kesalahan Bisnis, Terlalu Cepat Meminjam Modal

Pastinya semua orang ingin cepat-cepat memiliki bisnis yang besar. Salah satu caranya adalah dengan mencari pinjaman modal. Tentu saja semakin besar modal yang kamu miliki maka kamu akan memiliki bisnis yang besar pula.

Tapi sebaiknya jangan buru-buru melakukan ini jika kamu belum memiliki persiapan yang matang. Ingat bahwa bisnis juga punya kemungkinan untuk rugi. Maka sebaiknya kamu menabung terlebih dahulu untuk menjadi modal.

Mulailah bisnis kecil terlebih dahulu terlebih kamu yang masih pemula. Coba kenali cara berbisnis yang tepat. Mungkin kamu membutuhkan inovasi dalam bentuk produk maupun cara pemasaran. Setelah semuanya berjalan barulah kamu memutuskan untuk membuat bisnis lebih besar.

Kesalahan bisnis
Kesalahan bisnis

3.Tidak Memperhitungkan Faktor Lain di Rumah

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan bisnis rumahan adalah lokasi. Tempat berbisnis dan rumah dalam satu tempat akan membuat kamu mungkin merasakan adanya gangguan. Apalagi jika seorang ibu rumah tangga yang memiliki anak bayi atau balita.

Kamu boleh saja melakukan bisnis di rumah tapi perlu perhatikan pula jika ada tugas lain yang harus diselesaikan. Coba perhitungkan dan bicarakan terlebih dahulu dengan pasangan jika kamu benar-benar ingin menjalankan bisnis di rumah untuk menghindari kesalahan bisnis.

Jangan sampai kamu mengabaikan urusan ini sebab bisa saja bisnis kamu tidak berjalan karena terlalu sibuk. Begitu pula sebailnya jangan sampai anak atau keluarga jadi tidak terurus karena sibuk berbisnis. Dukungan dari orang sekitar adalah hal utama dalam bisnis rumahan.

Kesalahan bisnis
Kesalahan bisnis

4.Terlalu Berharap Bisa Dapat Untung dalam Sekejap

Tak ada bisnis yang instan apalagi bisnis yang dijalankan dengan cakupan kecil seperti bisnis rumahan. Ingat bahwa semua itu butuh proses. Kamu sendiri juga butuh proses untuk mendapatkan produk yang diterima oleh pasar. Bisa saja ada perubahan produk setelah melihat kebutuhannya.

Banyak pengusaha sukses yang mengatakan bahwa saat bisnis pada bulan pertama mungkin saja tidak menghasilkan uang sama sekali. Maka kamu harus mempersiapkan modal tambahan jika dalam bulan pertama bisnis tidak berjalan dan tidak memberi untung.

Kesalahan bisnis
Kesalahan bisnis

5.Bisnis Kurang Sesuai

Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah bisnis yang dijalankan benar-benar bidang yang disukai. Kamu sebaiknya menghindari kesalahan bisnis yaitu memaksakan sebuah bisnis. Pastikan bahwa kamu juga menyukai bidang tersebut.

Misalnya kamu ingin berjualan baju. Tapi kamu sendiri kurang suka untuk memilih baju atau melihat model baju kekinian. Tentu ini akan menyulitkan kamu saat berjualan. Saat berbisnis kamu harus memberikan nilai plus.

Saat berjualan baju kamu juga harus memberikan masukan pada konsumen mengenai baju yang dia pilih. Apakah sesuai dengan bentuk badan? Atau sesuai dengan acara yang akan didatangi? Semua itu akan didapat bila kamu senang dengan bidang yang sama.

Wah ternyata banyak hal yang kerap membuat bisnis rumahan jadi merugi. Sebagai pebisnis pemula, sebaiknya kamu memperhatikan faktor di atas ya supaya kamu sendiri mendapatkan keuntungan dan bisnis bisa berkembang jadi besar.