, ,

Kesalahan Usaha Waralaba Makanan Minuman yang Bikin Rugi Besar

by -8 views
Usaha waralaba makanan minuman
Usaha waralaba makanan minuman

Usaha waralaba makanan dan minuman menjadi salah satu jenis usaha yang cocok untuk mahasiswa. Selain hanya butuh modal kecil, usaha satu ini juga minim risiko karena produk dan alatnya sudah disiapkan dari pusat. Hanya saja kamu jangan sampai salah langkah saat mengelola bisnis waralaba.

Ide bisnis untuk mahasiswa ini memang bisa bikin untung. Sudah banyak orang yang tuai kesuksean dari berjualan waralaba. Tapi sebaiknya jangan lakukan sederet hal berikut saat mencicipi usaha waralaba.

Usaha waralaba makanan minuman
Izin usaha waralaba makanan minuman

Usaha Waralaba Makanan dan Minuman Tidak Punya Izin

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mencari dulu bisnis yang mau kita ambil. Pastinya saat memilih usaha makanan dan minuman, kamu harus mencari brand yang terpercaya karena produk ini akan dikonsumsi oleh banyak orang. Jika asal-asalan malah akan repot ke depannya.

Kamu bisa mengecek izin dari produk yang kamu jual mulai dari izin Depkes, BPOM hingga MUI. Selain itu, pastikan produk yang kamu akan jual sudah memiliki izin dagang dari dinas terkait. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah mudah tergiur dengan tawarannya tanpa terlebih dahulu mengecek kondisi makanan dan minumannnya.

Usaha waralaba makanan minuman
Lokasi usaha waralaba makanan minuman

Usaha Waralaba Makanan dan Minuman Tidak Punya Banyak Cabang

Salah satu indikator kesuksesan waralaba adalah dari jumlah cabang. Kamu sebaiknya menghindari waralaba yang cabangnya hanya sedikit. Bisa jadi cabang sedikit memang kurang laku di pasaran. Tentu jika banyak yang beli dan tahu brandnya, kamu jadi lebih mudah saat berjualan.

Selain itu, pastikan pula tidak ada cabang dari waralaba yang dekat dengan rumah. Jika persaingan terlalu banyak maka akan sulit bagi kamu mendapatkan keuntungan. Maka dari itu kamu sebaiknya membaca terlebih dahulu peta persaingan sebelum benar-benar memutuskan jenis bisnis yang akan diambil.

Usaha waralaba makanan minuman
Laporan keuangan usaha waralaba makanan minuman

Tidak Mencari yang Transparan dan Kredibel

Salah satu indikator waralaba yang baik adalah dari segi transpransi laporan keuangan. Jangan hanya tergiur karena produk yang enak dan laku dijual. Sebagai pengusaha, kamu wajib mengecek apakah laporan keuangan dari perusahaan tersebut baik adanya.

Jangan sampai kamu hanya memikirkan tren semata tanpa memahami bahwa yang utama adalah kelancaran bisnis. Kamu bisa melakukan riset mendalam mengenai bisnis waralaba yang akan dijalankan. Bahkan jangan sungkan menanyakan langsung ke pihak pusat mengenai detail perusahaan tersebut.

Kamu juga bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk mengecek kredibilitas dari usaha waralaba tersebut. Terkadang ada beberapa orang yang menyampaikan testimoni mengenai bisnis waralaba tersebut di internet. Dengan begitu kamu bisa membuat keputusan yang tepat sebelum benar-benar membeli waralaba yang tepat.

Usaha waralaba makanan minuman
Modal usaha waralaba makanan minuman

Tidak menyesuaikan dengan budget

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam bisnis waralaba makanan minuman adalah budget. Biasanya setiap waralaba punya patokan paket atau harga dari membeli franchise itu sendiri. Harganya pun variasi ada yang seharga Rp 5 juta namun ada yang sampai menyentuh ratusan juta.

Kesalahan yang kerap dilakukan adalah tidak melihat budget sehingga untuk modal akhirnya berhutang. Nah ini bisa menjadi risiko ketika misalnya bisnis tak berjalan dan di sisi lain kamu harus membayarnya. Modal dengan hutang juga membuat kamu sangat ambisius sehingga tidak memperhatikan aspek bisnis yang sehat.

Usaha waralaba makanan minuman
Usaha waralaba makanan minuman

Tidak Memahami Bidang Makanan Minuman

Meski bisnis waralaba hanya menjalankan bisnis saja, tapi bukan berarti kamu tidak memahami bisnisnya. Kamu harus memastikan bahwa bisnis di bidang ini adalah yang jadi passion atau kesukaanmu. Jika tidak maka akan sulit kamu melakukan quality control serta hal-hal yang berhubungan dengan produk.

Selain itu jika memang kalian suka dengan bidang tersebut pastinya akan lebih semangat dan lebih maksimal dalam bekerja. Meski hanya menjalankan bisnis waralaba kamu juga tetap harus memikirkan strategi pemasaran yang tepat agar laku.

Itu dia sederet hal yang sebaiknya kamu hindari jika ingin menjalankan usaha waralaba makanan minuman. Memang ada banyak orang yang sukses dengan bisnis ini tapi ingat bahwa keuntungan tidak ada yang instan. Kamu tetap harus melakukan berbagai usaha supaya bisnis kamu tetap berjalan dan memiliki banyak pelanggan setiap harinya.