,

Bagaimana Perubahan Perilaku Konsumen Ketika Pandemi Corona

by -7 views
Peluang Bisnis - Tips Sukses
Perubahan Perilaku Konsumen

Ketika kita menjalankan sebuah usaha tentunya harus memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan. Karena itulah, saat wabah corona seperti ini sebagai pebisnis tentu kita harus menganalisa bagaimana perubahan perilaku konsumen. Hal itu berguna agar kita bisa menentukan bisnis apa yang tepat dan bagaimana strategi pemasaran ketika wabah corona.

Karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana perilaku konsumen yang berubah ketika wabah pandemi datang. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini:

Orang-Orang Lebih Mementingkan Nilai

Strategi pemasaran ketika wabah corona
Strategi pemasaran ketika wabah corona

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya orang tidak merasa rugi ketika membeli produk yang tidak terlalu bernilai terhadap keberlangsungan hidup. Nah di zaman yang bisa kita katakan krisis seperti ini maka orang-orang akan sangat mementingkan nilai dari sebuah produk yang ingin dibeli.

Karena jika tidak pandai mengelola keuangan untuk kepentingan hidup, maka kita akan sulit untuk bertahan di kondisi seperti ini. Orang-orang tidak akan lagi mementingkan hedonisme ataupun foya-foya.

Karena itu produk yang paling banyak dicari oleh konsumen saat ini adalah produk yang terkait dengan kebutuhan dasar. Produk tersebut seperti sembako ataupun produk yang terkait kesehatan. Manfaatkanlah keadaan ini untuk mendapatkan keuntungan besar, namun ingat harus tetap bijak dan jangan merugikan orang banyak.

Kesadaran Merek Menurun

Strategi pemasaran ketika wabah corona
Strategi pemasaran ketika wabah corona

Sadarkah Anda ketika wabah pandemi Corona ini datang, maka orang-orang cenderung meninggalkan brand awareness. Misalnya, orang akan mengesampingkan “apakah produk ABC ini lebih baik daripada produk yang lain?”. Akan tetapi Orang lebih cenderung berpikir “sampai kapan dan bagaimana wabah ini akan berakhir?”.

Karena itu jika anda ingin tetap sukses berbisnis ketika wabah pandemi seperti ini, maka pentingkanlah kebutuhan orang banyak.

Atau Anda bisa membangun kembali brand awareness dengan melakukan social responsibility. Misalnya dengan melakukan kegiatan amal secara mandiri untuk mendukung pemerintah mengatasi wabah korona. Dengan begitu orang akan lebih menyadari tentang keberadaan bisnis atau brand yang anda miliki.

Selain untuk membangun kesadaran merek, tentunya mengadakan kegiatan amal juga akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan orang banyak.

Sekarang Konsumen Online Bukan Hanya Kaum Milenial

Bisnis Menguntungkan - Ide Bisnis
Strategi pemasaran ketika wabah corona

Wabah pandemi korona menuntut semua orang untuk tetap di rumah dan melakukan kegiatan berbelanja melalui online. Dengan begitu secara tidak disadari konsumen online menjadi lebih meningkat.

Jika pada tahun sebelumnya konsumen online hanya didominasi oleh generasi milenial, pada saat wabah seperti ini semua orang akan memanfaatkan fitur online. Hal itu karena memang untuk berbelanja keluar sangat beresiko dan membahayakan diri sendiri.

Bisa jadi setelah wabah corona ini berakhir, para konsumen baru akan tetap memanfaatkan fasilitas online untuk kebutuhan berbelanja. Karena itulah peluang seperti ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Setiap perusahaan harus mementingkan atau peka terhadap generasi boomer, sebutan untuk generasi yang berada satu tingkat di atas generasi milenial.

Dengan memperhatikan generasi boomer, maka setiap perusahaan bisa memperoleh prospek konsumen yang lebih banyak.

Tren Group Buying Meningkat

cara menentukan harga produk
Strategi pemasaran ketika wabah corona

Group buying merupakan pembelian dengan skala kelompok atau kolektif untuk mendapatkan diskon. Sebenarnya tren ini cukup populer di Indonesia pada tahun 2010-an. Akan tetapi setelah itu tren ini seakan hilang. Walaupun sebenarnya di negara Amerika Serikat dan Eropa, tren group buying ini masih bertahan hingga sekarang.

Karena pada dasarnya ketika wabah korona seperti ini orang akan cenderung sulit untuk membelanjakan uang, dan akhirnya mereka bekerja sama membeli barang tertentu agar mendapat potongan harga.

Kesimpulan

Dengan mengetahui bagaimana perubahan perilaku konsumen ketika wabah korona merupakan langkah strategis untuk menentukan kemana arah sebuah perusahaan. Karena jika hanya bergantung dengan keadaan maka kita sangat sulit untuk mempertahankan sebuah bisnis. Perhatikanlah situasi dan keadaan di sekeliling agar tindakan yang kita ambil sesuai dan tepat sasaran.

Demikianlah informasi tentang bagaimana perubahan perilaku konsumen ketika korona yang bisa dijadikan acuan strategi pemasaran untuk bisnis anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan terkait dunia bisnis yang sedang mengalami penurunan akhir-akhir ini. Silahkan share kepada keluarga dan teman anda barangkali mereka membutuhkan informasi ini.
Baca juga artikel lain terkait 3+ Hobi yang Bisa Jadi Peluang Usaha Ketika Stay at Home