, , ,

Keuntungan Bisnis Waralaba Bengkel Mobil dan Perkiraan Modalnya

by -43 views
Franchise bengkel mobil

Bisnis waralaba atau franchise menjadi salah satu yang belakangan banyak digemari para pelaku usaha. Pasalnya, dengan modal yang tak terlalu besar, kamu bisa mulai membuka bisnismu dengan menyandang nama brand yang sudah beken.

Dengan bisnis berbentuk franchise ini kamu tak perlu repot-repot mencari supplier barang. Karena pihak penyedia jasa waralaba akan menyediakannya dan secara rutin memasok stok barang untuk bisnismu. Yang kamu perlu siapkan hanyalah modal serta tempat atau lokasi yang strategis untuk membuka bisnismu agar dapat dengan mudah dijangkau oleh pelanggan.

Pilih Bisnis Franchise yang Tepat

Waralaba Bengkel Mobil
Foto: PxHere

Salah satu bisnis waralaba yang belakangan banyak diminati adalah franchise bengkel mobil. Meski di luar sana terdapat puluhan bengkel mobil maupun motor yang bersaing satu sama lain. Hal ini tak lantas membuat pangsa pasar bisnis bengkel mobil menjadi kecil dan kurang menjanjikan. Karena kebutuhan terhadap sparepart maupun service mobil rutin selalu ada.

Menurut data resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengendara mobil di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal ini berarti minat masyarakat terhadap kendaraan roda empat semakin tinggi.

Pada tahun 2018 silam saja, jumlah kendaraan mobil yang ada di Indonesia sudah mencapai lebih dari 16 juta unit. Jumlah ini telah mengalami kenaikan sekitar 1 juta unit dari tahun 2017 sebelumnya. Angka tersebut pun akan terus bertambah seiring berjalannya waktu mengikuti perkembangan ekonomi bangsa yang semakin maju.

Nah, setelah mengetahui data di atas. Kamu pasti bisa membayangkan kenapa bisnis bengkel mobil menjadi salah satu yang cukup potensial untuk dijalankan, bukan?

Buat kamu yang masih ragu untuk memulai bisnis franchise bengkel mobil ini, terdapat beberapa keuntungan yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Apa saja itu?

Keuntungan Memulai Bisnis Franchise Bengkel Mobil

Franchis Bengkel Mobil
Foto: PxHere

1. Menyandang nama brand yang sudah terkenal

Seperti yang telah disinggung pada paragraf awal, bisnis franchise bisa dijadikan opsi jika kamu tidak mau repot-repot melakukan branding awal. Mereka yang membuka jasa waralaba atau franchise, biasanya adalah bengkel dengan merek atau nama yang sudah cukup tersohor di kalangan pemilik mobil.

Hal ini tentu akan menguntungkanmu sebagai pemilik bisnis. Karena selain tidak perlu melakukan branding di awal pembukaan, kamu juga akan mendapat kepercayaan dari masyarakat karena brand bengkel mobilmu sudah terbukti kredibilitasnya.

2. Mendapatkan support kebutuhan opreasional dari bengkel utama

Berbisnis dalam bentuk franchise artinya kamu hanya perlu terima jadi seluruhnya. Maksudnya, seluruh kebutuhan yang diperlukan dalam operasional bisnis sudah dijamin oleh pihak bengkel utama. Mulai dari peralatan operasional hingga stock barang yang akan dijual juga menjadi tanggung jawab pihak penyedia waralaba untuk terus menyuplai stock barang dalam bengkelmu.

Kamu pun tidak perlu repot-repot mencari atau bekerja sama dengan supplier dari luar waralaba bengkel mobilmu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan support dalam hal lain seperti pelatihan, panduan menjalankan bisnis bengkel mobil serta tenaga ahli.

3. Manajemen pengelolaan yang sudah jelas dan tertata

Bengkel mobil yang sudah membuka franchise pastinya sudah berdiri cukup lama. Selain itu, manajemen bisnis mereka pun sudah cukup settled. Sehingga, jika kamu memulai sebuah bisnis franchise atau waralaba ini pastinya manajemen dalam usahamu pun akan turut mengadopsi cara yang digunakan dalam pengelolaan bengkel utama. Baik dari strategi hingga cara pengelolaan seluruhnya bisa kamu copy dan terapkan dalam bisnis franchise bengkel mobilmu.

4. Tak perlu tersandung kasus hukum tentang legalitas usaha

Perizinan menjadi salah satu hal yang kerap disepelekan oleh para pelaku bisnis. Hal ini disebabkan banyak orang yang berpendapat bahwa mengurus legalitas sebuah usaha sangatlah merepotkan.

Padahal dengan adanya legalitas usaha ini, kamu bisa mendapatkan beragam keuntungan. Seperti meningkatakan kredibilitas usaha, mendapatkan perlindungan hukum, melindungi aset dan masih banyak lagi lainnya.

Namun dengan berbisnis waralaba bengkel mobil, kamu tidak perlu repot-repot mengurus semua legalitas tersebut. Karena biasanya, franchise-mu akan terhitung menggunakan nama bengkel utama yang sebelumnya sudah ada.

5. Raup keuntungan lebih banyak dengan franchise bengkel mobil

Karena mengenakan nama brand yang sudah terkenal, kemungkinan besar bengkel mobilmu akan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Meskipun hal ini tentu juga dipengaruhi oleh mudah atau tidaknya lokasi bengkelmu untuk dijangkau serta bagaimana cara pelayananmu.

Semakin strategis pemilihan tempat bisnismu tentu akan lebih mudah mengundang banyak orang untuk mampir. Pelayanan terbaik juga harus diutamakan agar pelangganmu puas dan mau merekomendasikannya pada orang lain.

Pilih Waralaba Bengkel Terbaik

Franchise bengkel mobil
Foto: PxHere

1. CARfix

CARfix adalah salah satu brand bengkel modern ternama yang cabangnya sudah bisa ditemukan di beberapa kota besar di Indonesia. Layanan bengkel CARfix ini melayani semua jernis service mobil dari berbagai merk.

Memiliki visi yang menjunjung tinggi nilai transparan, jujur dan bersih. CARfix bertujuan memberikan pelayanan yang transparan, pengerjaan yang jujur serta operasional yang bersih.

Buat kamu yang tertarik dan mungkin merasa satu visi dengan CARfix ini, kamu bisa bekerja sama untuk membuka franchise atau waralaba di kotamu. Mulai dari Rp 300 jutaan, kamu sudah bisa memiliki bisnis bengkelmu sendiri dengan membawa nama CARfix.

Nantinya, semua alat dan barang kebutuhan akan disuplai oleh pihak CARfix. Kamu hanya perlu menyiapkan dana serta lahan dengan luas minimal 600 meter persegi.

2. Shop&Drive

Nah, buat kamu yang mau mencari opsi lain. Shop&Drive bisa dijadikan pilihan untuk membeli waralaba bengkel mobil. Shop&Drive sendiri merupakan sebuah outlet retail modern otomotif yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sparepart untuk mobil dari berbagai jenis brand dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Pilihan produk yang lengkap membuat pembeli bisa memilih sesuai dengan budget maupun preferensinya dalam berbelanja.

Untuk bergabung dalam franchise Shop&Drive sendiri kamu bisa menyiapkan dana mulai dari Rp 414 jutaan yang belum termasuk PPN.

3. Dokter Mobil

Selanjutnya, ada juga bengkel Dokter Mobil yang bisa kamu jadikan pilihan untuk bergabung menjadi partner. Dokter Mobil sendiri merupakan sebuah bengkel mobil profesional yang sudah berpengalaman selama lebih dari 6 tahun.

Beberapa franchise yang sudah berdiri bisa kamu temui di beberapa kota besar sekitaran Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, Dokter Mobil menawarkan tiga jenis kemitraan yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi.

Untuk modal awalnya sendiri mulai dari Rp 2 miliar dengan pembagian keuntungan 50:50 dari keuntungan bersih setiap bulannya.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja keuntugan berbisnis franchise bengkel mobil, kan? Apakah kamu tertarik untuk memiliki bisnis bengkel mobilmu sendiri? Jika ya, maka ketiga pilihan brand di atas bisa kamu jadikan pilihan salah satunya.

Demikianlah artikel mengenai bisnis waralaba bengkel mobil ini. Semoga membantu dan bermanfaat! Jangan lupa untuk terus ikuti blog InfoBiznis agar kamu bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai tips maupun ide bisnis yang kekinia.