, ,

Keuntungan Warung Sembako yang Menjanjikan, Ini Caranya

by -3 views
Keuntungan warung sembako
Keuntungan warung sembako

Pasti banyak orang yang menanyakan keuntungan warung sembako. Pastinya usaha toko sembako memang menjadi salah satu jenis usaha yang banyak dipilih orang. Selain karena jualan yang laku setiap hari, bisnis ini juga mudah dilakukan.

Maka dari itu, ada banyak hal yang perlu dilakukan saat melakukan usaha kelontong untuk pemula. Tak hanya mempersiapkan modalnya saja tetapi juga memikirkan bagaimana perhitungan keuntungannya. Apakah bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan? Berikut cara mendapatkan keuntungan warung sembako.

Keuntungan warung sembako
Pencatatan keuntungan warung sembako

Keuntungan Warung Sembako dengan Melakukan Pencatatan

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan para pengusaha toko sembako adalah tidak melakukan pencatatan yang rapi. Pertama-tama kamu wajib menghitung terlebih dahulu total pendapatan. Kamu bisa membuat laporannya baik secara harian atau mingguan bahkan bulanan.

Namun umumnya orang memakai laporan mingguan. Di situ kamu akan dengan jelas melihat berapa keuntungan yang akan didapat setelah dikurangi dengan biaya pengeluaraan. Jangan buru-buru senang dengan jumlah pendapatannya. Hal ini akan membuat orang merasa punya banyak uang.

Padahal kamu harus menghitung pula biaya pengeluaran misalnya sewa tempat, listrik dan air. Selain itu, kamu juga perlu memperhitungkan modal untuk membeli barang dagangan berikutnya. Jangan cepat puas dengan adanya keuntungan sesaat. Justru dengan pendapatan yang ada kamu harus membelanjakan kembali agar dapat untung.

Keuntungan warung sembako
Mencatat stok keuntungan warung sembako

Keuntungan Warung Sembako dengan Cek Stok

Salah satu kunci agar bisa mendapatkan untung dari warung sembako adalah memastikan barang habis terjual. Nah kamu bisa mengecek barang mana saja yang cepat habis dan mana yang sulit terjual. Mungkin kamu bisa mengurangi pembelian barang yang susah dijual itu. Tapi bukan berarti kamu tak menyiapkannya.

Tetap unsur kelengkapan barang jadi hal utama dalam kesukesan usaha warung sembako. Jangan lupa untuk melakukan review terhadap harga pokok penjualan. Misalnya ketika harga naik tentu kamu juga harus menaikkan harga. Barang seperti telur menjadi yang paling sering mengalami perubahan. Jadi jangan sampai kamu tidak update dengan perkembangan harganya ya.

Keuntungan warung sembako
Inovasi utnuk keuntungan warung sembako

Lakukan Inovasi Terhadap Barang yang Dijual

Banyak orang yang tidak melakukan inovasi dalam bisnisnya. Hal ini akan membuat bisnis jadi tidak berkembang atau kurang tren. Kamu bisa mengecek di media sosial atau media massa lain mengenai hal yang lagi ngetren. Misalnya saat banyak orang sedang membuat kopi susu sendiri di rumah. Kamu bisa menjual bubuk kopi yang direkomendasikan oleh resep yang terkenal.

Selain itu, kamu bisa pula menyesuaikan dengan musim atau kondisi tertentu. Misalnya jelang Idul Fitri kamu bisa menjual amplop yang bisa diisi uang. Amplop ini biasa dicari orang untuk dibagikan kepada sanak saudara ketika berkumpul di Idul Fitri. Atau bisa menjual berbagai bahan kue karena umumnya banyak orang yang berkreasi membuat kue Lebaran.

Jangan ragu untuk melakukan riset ke warung sembako lainnya. Kamu bisa mendapatkan inspirasi mengenai inovasi. Hal inovasi juga berhubungan dengan tampilan toko atau promosi. Kamu bisa mencoba membuat promo cashback misalnya dengan menggunakan pembayaran elektronik.

Keuntungan warung sembako
Keuntungan warung sembako

Evaluasi Secara Kesuluruhan

Keuntungan warung sembako bisa didapatkan bila kamu mau memperbaiki hal-hal yang masih dirasa kurang. Cobalah untuk membuat laporan evaluasi bulanan sehingga kamu tahu hal mana yang perlu diperbaiki termasuk membongkar catatan keuangan dari bulan sebelumnya. Misalnya terjadi penurunan pada barang tertentu, kamu bisa menganalisis penyebabnya.

Selain itu, jangan lupa untuk meminta pendapat dari orang sekitar. Bisa jadi butuh perbaikan dari segi tampilan fisi. Misalnya kurangnya tempat parkir bisa jadi alasan orang malas datang ke warung sembako milikmu. Faktor ini juga bisa merusak keuntungan warung sembako.

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperbaiki pastikan kamu menentukan strategi yang tepat. Buat prioritas mana yang perlu diperbaiki terlebih dahulu. Jangan lakukan perbaikan yang terlalu banyak memakan biaya. Namun kamu sudah bisa melakukan perbaikan misalnya harga beli yang terlalu mahal sehingga keuntungan jadi sedikit.

Artinya kamu harus mencari distributor yang baru. Wah ternyata ada banyak faktor penentu saat menentukan keuntungan warung sembako. Pastinya semakin besar dan lengkap warung akan untung semakin besar. Maka dari itu, kamu harus bersabar dan merintisnya sejak awal berdiri.