, ,

Kisah Sukses Bisnis Catering, Mulai dari Rumahan Hingga Omzet Miliaran

by -5 views
Kisah sukses
Kisah sukses

Kisah sukes dari para pengusaha memang menjadi inspirasi bagi semua orang. Salah satu bisnis yang memiliki peluang usaha adalah catering. Siapa sangka dimulai dari usaha kecilan di rumah, bisnis catering bisa sukses dan semakin meluas.

Salah satu ide bisnis rumah tangga memang bisa menjadi usaha kecil menjanjikan. Hal tersebut terbukti dengan berbagai kisah sukses beberapa pengusaha catering. Dimulai dari usaha rumahan siapa sangka ternyata ada beberapa pengusaha yang bisa meraup omzet hingga miliaran. Yuk cari tahu kisah suksesnya.

Kisah sukses
Kisah sukses

Kisah Sukses Halal Food

Sebuah merk catering yang cukup terkenal adalah halalfood.co. Riezka Sari sang pemilknya memang memiliki jalan panjang untuk mencapai kesukesan sepertti sekarang. Padahal dia memiliki latar belakang pendidikan psikologi dan modal minim. Tapi dengan tekad kuat ia mampu meraup untung besar.

Awalnya ia hanya iseng menjadi reseller makanan. Beberapa makanan seperti pempek dari temannya ia jual kembali. Lama kelamaan ia mempelajari bagaimana bisnis makanan berjalan. Akhirnya dengan modal Rp 3 juta, ia mencoba mmbuat usaha catering.

Untuk memulai usahanya, ia menggunakan sistem pre-order terlebih dahulu. Kala itu ia menjual berbagai makanan dengan harga yang murah sekitar Rp 15 ribu per porsi. Setelah mendapatkan keuntungan barulah uangnya kembali diputar.

Kini Halalfood.co sudah memiliki ratusan hingga ribuan porsi setiap harinya. Bahkan sudah ada website hingga media sosial yang membantu pemasarannya. Riezka pun mengaku ini adalah teknik pemasaran yang sangat efektif dan efisien. Wah kisah sukses ini bisa menjadi salah satu inspirasi ya.

Kisah sukses
Kisah sukses

Kisah Sukses Puspita Sawargi

Berawal dari PHK, Lynda Permata Sari justru berpikir keras untuk membangun sebuah bisnis. Dengan uang pesangon di tangan ia pun memutar otak bagaimana caranya membangun bisnis. Akhirnya ia memutuskan menjalankan bisnis kuliner karena melihat sang ibu yang pandai memasak.

Awalnya Lynda hanya dibantu oleh 11 pekerja. Tapi sapa sangka jumlah karyawannya kini mencapai 500 orang. Sebab sekarang catering yang diberi nama Puspita Sawargi ini sangat banyak mendapatkan orderan event. Dengan strategi yang tepat, catering ini mampu mendapatkan pelanggan dari kelas menengah ke atas.

Tidak hanya menunggu orang datang dan memesan, Lynda dan tim kemudian melakukan metode jemput bola. Ia pun mendatangi seluruh gedung dan perusahaan yang ada di Jakarta. Kemudian ia langsung memberikan sampel makanan supaya bisa langsung ikut merasakan.

Usaha keras Lynda dan tim membuahkan hasil. Dalam tiga tahun terakhir, ia bisa mendapatkan omzet mencapai Rp 10 miliar! Lynda juga mengaku bahwa manajemen tim dan pemasaran yang tepat jadi kunci agar memiliki kisah sukses di dunia catering.

Kisah sukses
Kisah sukses

Berkah Catering

Berawal dari kesukaannya mencicipi berbagai jenis kuliner, Irwan Hernawan akhirnya memutuskan untuk membuka usaha kuliner. Kala itu, ia membuka sebuah rumah makan di Surabaya. Sayangnya karena kesibukan pekerjaan, warung makan tidak dikelola dengan baik.

Kala itu ia mengalami kebangkrutan. Namun karena penasaran dengan bisnis catering akhirnya ia mencoba untuk membuat usaha lain. Pada 2014, ia pun membangun sebuah catering rumahan yang bernama Berkah Catering. Kala itu ia hanya melayani pemesanan nasi kotak dalam jumlah kecil.

Lama kelamaan cateringnya semakin dikenal orang. Ia pun mencoba masuk ke pasar catering dalam jumlah besar seperti untuk pernikahan. Siapa sangka usaha kerasnya membuahkan hasil sebab cateringnya berkembang pesat dan banyak mendapatkan pesanan.

Tak sampai situ, Irwan pun mencoba peruntungan dengan melebarkan sayap ke daerah di sekitar Surabaya. Beberapa kota seperti Mojokerto dan Gresik akhirnya masuk ke dalam layanan catering miliknya. Ia sendiri mengaku teknik pemasaran online yang membuatnya bisa melebarkan sayap seperti sekarang. Kisah sukses ini bisa menjadi bukti bahwa catering bisa menjadi usaha kecil menjanjikan.

Itu dia sederet kisah sukses para pengusaha catering. Ternyata catering besar sekalipun memulai usahanya dari usaha rumahan. Catering bisa menjadi ide bisnis untuk ibu rumah tangga. Mulailah merancang sebuah catering rumahan dengan skala kecil. Ketika sudah banyak dikenal baru melebarkan sayap seperti kisah sukses di atas. Berani mencoba?