15 Kue Tradisional Untuk Bisnis Makanan Online Rumahan

by -15 views
Tumpeng Jajan Pasar Untuk Bisnis Makanan Online Rumahan

Apakah Anda sudah menyimak 6 Langkah Memulai Usaha Makanan Rumahan, tapi masih bingung menentukan produk apa yang bisa Anda jual? Tulisan kali ini bisa menjadi inspirasi sehingga Anda bisa segera menentukan produk apa yang pas bagi bisnis makanan online rumahan Anda.

Kita perlu ingat, zaman semakin modern, tapi manusia tetap punya kerinduan untuk kembali ke akarnya. Dalam hal perkulineran, kita bisa lihat berbagai macam makanan khas daerah tetap mampu bersaing dengan makanan internasional yang menyerbu dari negara lain. Jadi, jika Anda fasih membuat kue-kue tradisional, manfaatkan itu untuk bisnis makanan online rumahan Anda.

Anda bisa menjual kue-kue tradisional ini dengan kemasan yang memikat, sehingga ibu-ibu arisan tidak segan untuk memesannya.

Bisa juga Anda padukan bermacam-macam kue tradisional dalam satu tampah yang cantik sebagai hantaran yang berkesan. Atau, bikin tumpeng dari susunan bermacam kue tradisional? Mengapa tidak?

Mau tahu kue tradisional apa saja yang bisa Anda jual untuk bisnis makanan online rumahan?

15 Kue Tradisional Untuk
Bisnis Makanan Online Rumahan Anda

 

  1. Kue Lupis

Kue Lupis Untuk Bisnis Makanan Online
Kue Lupis – Courtesy by Suhakri Hsu

Kue ini berbahan dasar beras ketan putih yang dikukus dan dibungkus dengan daun pisang berbentuk segitiga. Dibalur dengan parutan kelapa dan disajikan dengan saus gula merah yang kental.

  1. Panada

Panada berasal dari Manado, tampilannya mirip dengan pastel, hanya berbeda isian. Panada biasa diisi dengan ikan laut seperti tenggiri, cakalang dan ikan tongkol. Kue ini bercirikan cita rasa pedas dan gurih, pas banget buat sajian arisan atau teman ngeteh sore-sore.

  1. Nagasari

Nagasari adalah kue basah yang berbahan tepung beras, sagu, santan dan gula. Dibungkus dengan daun pisang dan berisi potongan pisang raja. Kue nagasari bertekstur kenyal, rasanya legit dan manis.

  1. Bikang

Beragam variasi bikang yang ada. Anda bisa pilih mana yang sesuai selera pelanggan. Berbahan tepung beras, tepung kanji, tepung terigu dan santan kelapa, bikang memiliki tampilan yang khas bagai bunga dengan kelopak bermekaran.

  1. Kue Ku

Kue Ku terbuat dari tepung ketan dengan tekstur kenyal dan legit. Berisi kacang hijau, kue ku ini bentuknya seperti gundukan kecil, seperti kura-kura mini, beralaskan daun pisang.

  1. Lumpia

Lumpia Kue Tradisional Untuk Bisnis Makanan Online
Lumpia yang tak pernah pudar popularitasnya

Lumpia banyak ditemui di seluruh penjuru Asia. Berbagai modifikasi isian lumpia bisa Anda coba. Isian lumpia yang popular misalnya rebung, telur, daging ayam, dan sayuran segar. Lumpia goring terasa renyah di luar, dan sekarang beredar juga lumpia panggang! Ayo, bikin lumpia kreasi sendiri dan mulai bisnis makanan online rumahan Anda!

  1. Lemper

Siapa yang tak kenal lemper? Makanan ringan khas Indonesia ini terbuat dari beras ketan dengan isian ayam suwir, ikan atau abon. Bahan-bahan lemper dibungkus dalam daun pisang dengan bentuk besar memanjang seperti lontong. Lemper dimasak dengan cara dikukus.

  1. Kue Mangkok

Kue Mangkok sepintas terlihat mirip dengan bolu kukus. Hanya saja berbeda bahan dan tekstur. Kue mangkok biasa memiliki warna-warni yang cerah dengan tekstur empuk dan sedikit kenyal.

  1. Semar Mendem

Semar Mendem Kue Tradisional
Semar Mendem – Copyright by Sajian Sedap

Semar Mendem seperti lemper, hanya berbeda bungkus. Alih-alih daun pisang, semar mendem menggunakan telur dadar untuk membalut adon ketan dengan isiannya. Isi semar mendem biasanya berupa ayam suwir yang dibumbui.

  1. Kue Lapis

Kue lapis khas Indonesia masih banyak diminati karena tampilannya yang cantik dan rasanya yang sedap. Kue lapis biasanya memiliki dua warna yang berbeda dan disusun dengan berlapis-lapis. Terbuat dari tepung beras, kini banyak kreasi kue lapis yang beredar di pasaran. Anda juga bisa berinovasi untuk bisnis makanan online rumahan Anda.

  1. Klepon

Klepon memiliki rasa unik karena isian gula merahnya terkadang bikin mulut belepotan apabila tidak hati-hati saat memakannya. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang diwarnai hijau, diisi gula merah, lalu dibentuk menjadi bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Setelah matang, klepon dibaluri dengan parutan kelapa dan siap disajikan.

  1. Onde-onde

Onde-onde terbuat dari tepung terigu atau ketan yang dibentuk menjadi seperti bola kecil, ditaburi biji wijen dan digoreng. Biasanya diisi dengan adonan kacang hijau.

  1. Lapis Legit

Kue yang cantik hingga dibilang memiliki seribu lapisan ini mulai dikenal sejak masa kolonial. Lapis legit berbahan dasar tepung terigu, gula, kuning telur dan mentega dengan ramuan rempah-rempah seperti kapulaga dan kayu manis. Secara bertahap, adonan kue dipanggang sehingga membentuk lapisan-lapisan.

  1. Kue Talam

Kue talam bisa ditemui di berbagai daerah seperti Betawi dan Minang. Berbahan baku tepung-tepungan seperti tepung beras, tapioca, tepung terigu atau tepung sagu. Biasanya memiliki 4 lapisan dengan campuran maizena plus santan pada lapisan teratas.

  1. Serabi

Serabi Dengan Keju dan Coklat
Serabi dengan topping keju dan coklat – Courtesy by Sakurai Midori

Jajanan pasar ini terbuat dari tepung beras, santan dan kelapa parut. Serabi (atau surabi) cukup populer sebagai jajanan masa kini yang tidak kenal usia. Banyak tempat nongkrong atau warung surabi (umumnya di Bandung) yang digemari kalangan anak muda. Namun, serabi tradisional seperti Serabi Notosuman dari Solo pun tetap banyak dicari.

 

Kekayaan kuliner Indonesia sangat mengagumkan, termasuk untuk kue tradisional dan makanan ringan. Anda bisa menciptakan kreasi Anda sendiri dan memulai usaha rumah tangga dengan modal kecil. Gunakan media sosial sebagai tempat jualan dan juga sarana promosi, selain membuka toko online di marketplace.

Credit featured image: Detik