,

Kursus Online, Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

by -6 views
Foto mahasiswa yang sedang asik belajar
Gunakan kemampuanmu sebagai mahasiswa untuk mencari penghasilan tambahan

Jaman digital memungkinkan kita melakukan banyak aktivitas tanpa meninggalkan rumah, dan tanpa bertemu muka secara langsung. Termasuk dalam belajar atau kursus. Kini banyak lembaga kursus online, maupun kursus online yang diselenggarakan oleh perseorangan. Kursus online adalah peluang bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan.

Kursus online bisa menjadi sumber tambahan penghasilan. Kamu bisa mengajar sesuai dengan apa yang kamu pelajari di bangku kuliah. Siapa tahu, kamu juga punya skill atau kemampuan lebih yang lain.

Modal yang kamu butuhkan untuk jualan kursus online tidak banyak. Lebih baik jika kamu punya komputer atau laptop untuk menyusun materi yang kamu butuhkan. Selebihnya, modal yang diperlukan hanyalah komitmen waktu dan ketekadan hati.

Cukup lima langkah yang kamu butuhkan untuk jualan kursus online.

Gambaran kursus online sebagai satu peluang bisnis untuk mahasiswa
Penyampaian materi kursus online, satu peluang bisnis untuk mahasiswa

 

5 langkah memulai kursus online

 

  1. Pilih topik kursus yang kamu kuasai

Apabila kamu ingin mengajar tentang sesuatu, pastikan kamu benar-benar menguasai topik tersebut. Jika kamu ingin memberi kursus anak sekolah, siapkan diri dan update materi karena kurikulum sekolah jaman sekarang bisa berubah dari tahun ke tahun. Selain kursus anak sekolah, tersedia banyak pilihan topik kursus. Karena kamu hampir setiap hari disibukkan dengan pelajaran kuliah, ini berarti jualan kursus online adalah satu peluang usaha bagi mahasiswa seperti kamu. Pasti banyak topik yang kamu kuasai dan bisa dijual sebagai materi kursus.

 

  1. Riset pasar dan tentukan range harga

Setelah kamu menetapkan tentang topik kursus, lakukan riset di pasar tentang kursus online dengan topik serupa. Kamu bisa bandingkan materi tiap kursus. Amati, tiru dan modifikasi. Kursus online yang kamu tawarkan harus punya nilai lebih daripada kursus online di pasaran. Selain itu, cari tahu tentang harga yang pantas untuk kursus online dengan topik tersebut. Jangan menjual kursusmu terlalu murah.

 

  1. Pilih media tempat kamu menjual kursus online

Banyak pilihan media tempat kamu bisa memasarkan kursus onlinemu. Paling sederhana namun cukup ampuh adalah melalui WhatsApp Group. Kamu juga bisa bergabung dengan penyedia kursus online seperti Udemy, SkillAcademy, Bizlab dan masih banyak lagi. Semakin menjamurnya bisnis yang menjual kursus online, menunjukkan bahwa model bisnis ini valid sebagai peluang bisnis untuk mahasiswa seperti kamu.

 

  1. Susun konten sesuai dengan topik kursus

Buat garis besar materi kursus dan mulai siapkan konten. Setiap sesi harus kamu pikirkan dengan matang, jangan terlalu singkat namun jangan terlalu bertele-tele. Tergantung pada media yang kamu pilih, kamu bisa menyiapkan konten yang sesuai. Konten ini bisa berupa file PDF, video, infografis, atau voice note.

 

  1. Promosi

Jangan lupakan media sosial sebagai strategi pemasaranmu. Instagram, Facebook dan Twitter adalah sarana ampun untuk promosi. Promosi bisa gratis maupun berbayar. Kamu juga bisa bikin landing page sendiri untuk memasarkan kursus kamu. Forum seperti Kaskus atau Facebook Group, juga bisa jadi sarana untuk memasarkan kursus online kamu.

*****

Kamu jago menulis? Jago nge-blog? Master SEO? Jago koding atau pemrograman? Rangkum pengetahuanmu dan mulai jual sebagai kursus online.

Kamu menguasai banget materi kuliah? Banyak sesama teman mahasiswa yang butuh jasa kamu untuk menjadi partner belajar mereka.

Atau kamu jago memasak? Kamu bisa bikin tutorial memasak dengan tema khusus, dan menjualnya sebagai kursus online.

Kamu bisa mengajak teman-teman kamu yang jago di bidang tertentu, lalu membentuk bisnis kursus online bersama agar lebih kuat.

Yang terpenting selain materi adalah after-sales service. Akan lebih baik jika para murid yang telah selesai mempelajari materi, bisa punya satu wadah di mana mereka bisa bertanya jawab. Dan kamu sebagai mentor, bisa terus memberi pencerahan pada mereka.

Wadah seperti forum, Telegram Group, atau WhatsApp Group bisa sangat berguna karena pembeli kursus onlinemu bisa terus mendapat update tentang topik yang telah mereka pelajari.

Kamu pun bisa membuat kursus dengan materi baru atau yang lebih advance, dan memasarkannya kepada para murid terdahulu. Usahamu akan terus berkelanjutan dan tidak musiman. Tak perlu ragu lagi, kursus online adalah satu peluang bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan. Simak artikel ini jika kamu masih butuh ide bisnis lain yang pas buat mahasiswa seperti kamu.