,

Lakukan 5 Hal Ini Sebagai Cara Mengembangkan Usaha saat Corona

by -4 views
Cara Mengembangkan Usaha saat Corona
Cara Mengembangkan Usaha saat Corona

Tips ataupun cara mengembangkan usaha di era new normal tentunya memiliki sedikit perbedaan dengan keadaan biasa. Hal itu karena memang di masa pandemi ini setiap pelaku bisnis harus memiliki cara tersendiri untuk dapat membangun usahanya.

Perilaku masyarakat sehari-hari sekarang mulai mengalami perubahan. Bukan hanya dari sisi ekonomi, orang-orang akan sangat berhati-hati ketika mengambil keputusan baik itu terkait makanan ataupun transportasi.

Begitu pun dengan pelaku usaha, untuk dapat bertahan serta memperoleh keuntungan maka mereka harus beradaptasi.

Perhatikan 5 Hal Berikut Ketika Melakukan Bisnis di Era New Normal

Cara Mengembangkan Usaha saat Corona
Cara Mengembangkan Usaha saat Corona

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda berbisnis di era new normal. Apa saja 5 hal tersebut? Silahkan simak pembahasannya di bawah ini;

1. Terkait tenaga kerja

Hal pertama yang harus dilakukan dapat bisnis dapat bertahan di era normal adalah dengan memperhatikan tenaga kerja. Cobalah untuk membuat kelompok kegiatan produksi yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi.

Anda dapat membuat kelompok tenaga kerja yang khusus untuk kegiatan produksi, serta membuat kelompok tenaga kerja yang mempunyai keterampilan untuk mendukungnya.

Dengan cara ini anda dapat mengetahui kesenjangan dalam keterampilan tenaga kerja. Nah Anda dapat mencari jalan keluar dengan mempercepat upskilling guna menutupi celah bisnis supaya dapat terus berkembang.

Walaupun memang, di masa pendemi seperti ini banyak perusahaan yang sangat khawatir terhadap likuiditas keuangan. Sehingga banyak perusahaan memilih untuk mengambil tindakan PHK atau pemutusan hubungan kerja.

Keputusan PHK memang tidak bisa disalahkan sepenuhnya karena hal itu berguna untuk meminimalisir kerugian. Akan tetapi, dengan adanya efisiensi tenaga kerja dari usaha upskilling dapat membantu bisnis Anda melewati masa new normal.

2. Cara Mengembangkan Usaha dengan Meminimalisir gangguan rantai pasok

Banyak perusahaan yang terganggu rantai pasokan bisnis karena covid-19. Untuk dapat survive saat new normal, tentu anda harus bertindak cepat serta memastikan jika proses produksi tidak terlalu terpengaruh dengan keadaan.

Adanya lockdown atau karantina wilayah dapat menyebabkan terganggunya pemasokan barang untuk bisnis, terlebih jika bisnis yang Anda kelola mengharuskan untuk mengirim keluar kota.

Lakukan analisa permintaan apakah menaik atau menurun. Jika permintaan mulai tumbuh, lakukanlah pemeriksaan ketersediaan bahan baku dengan segera untuk mengambil peluang pasar.

3. Terkait manajemen krisis

Di era new normal seperti ini ada baiknya anda membentuk tim manajemen krisis yang memang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidangnya. Peranan manajemen krisis sangat bermanfaat supaya bisnis Anda dapat survive saat wabah corona melanda.

Dengan adanya tim manajemen krisis akan membantu Anda mengelola tantangan terbaru serta mencari informasi terkait fakta untuk terus memajukan bisnis.

Secara garis besar tujuan membentuk tim ini adalah untuk memastikan terkait informasi agar para pelaku usaha dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat. Jika hal ini dilakukan, tentu anda dapat menilai resiko-resiko dari keputusan yang mungkin akan diambil.

4. Mengembangkan strategi pemasaran baru

Pandemi corona telah banyak mengubah sisi kehidupan manusia. Karenanya jika Anda adalah pelaku bisnis, tentu harus mempertimbangkan untuk mengubah strategi pemasaran dengan cara-cara yang baru.

Salah satu cara yang paling jitu adalah dengan menggunakan digital marketing. Digital marketing atau pemasaran secara online dapat membantu bisnis anda untuk survive serta memenangkan kompetisi persaingan.

Di mana pada saat era new normal ini internet telah memegang kendali serta peranan penting. Dengan adanya protokol kesehatan membatasi orang untuk bertemu, sehingga mereka lebih memilih menggunakan internet untuk aktivitas sehari-hari.

5. Terkait pajak dan perdagangan

Pemerintah telah memberikan insentif pajak kepada wajib pajak saat pandemi Corona ini menyerang. Adanya insentif pajak ini, merupakan bentuk upaya pemerintah dalam membantu pelaku bisnis saat Corona.

Banyak kebijakan pemerintah yang sebenarnya menguntungkan para pelaku usaha untuk tetap bertahan. Karena itu gunakanlah kesempatan ini untuk membenahi bisnis serta

mengembangkannya. Jangan terpaku dengan keadaan tetapi teruslah melakukan inovasi serta menganalisa bagaimana reaksi pasar saat pandemi seperti ini.

Kesimpulan

Membuka dan cara mengembangkan usaha saat korona bukan hal yang terlalu sulit. Anda dapat mencari celah untuk memperoleh keuntungan. Karena itu sebagai pelaku usaha kita harus cerdas dan pintar-pintar mencari peluang.

Demikian pembahasan putar bisnis saat corona. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kecil Menengah (UKM)