, , ,

Langkah Membangun Branding Bisnis untuk Pengusaha Muda

by -10 views
Pengusaha Muda Branding
Foto: Pexels

Siapa bilang menjadi pengusaha muda itu sulit ternyata sejak mahasiswa pun kamu sudah bisa memulai bisnis sendiri. Langkah awal yang perlu kamu lakukan dengan membangun branding tujuannya untuk mengembangkan dan membesarkan sebuah bisnis yang sedang kamu lakukan kepada khalayak banyak.

Apa sih branding itu?

Pengusaha Muda
Foto: Pxhere

Branding berasal dari kata brand yang berarti merek. Sedangkan branding adalah sebuah aktivitas mengenalkan usaha atau bisnismu lewat berbagai macam bentuk cara penyampaian. Mulai dari logo, nama produk, slogan dan masih banyak lagi lainnya.

Peran branding menjadi salah satu yang terpenting dalam perjalanan sebuah bisnis. Sebab, branding akan membantumu dalam mengenalkan bisnismu serta membuat orang-orang dapat membedakan produk yang kamu hasilkan dengan kompetitor. Kalau kamu ingin bisnismu berkembang pesat, maka hal ini perlu diperhatikan untuk menarik minat pasar.

Nah, buat kamu pengusaha muda yang masih awam dalam hal bisnis. Berikut ini InfoBiznis berikan beberapa langkah tepat membangun branding bisnismu. Penasaran apa saja, kan? Simak lengkap artikel berikut ini, ya!

Langkah Tepat Membangun Branding Bisnis untuk Pengusaha Muda

Pengusaha Muda
Foto: Pixabay

1. Tentukan produk usaha 

Sebelum membuat branding bisnismu, terlebih dahulu kamu harus menentukan produk usaha apa yang ingin kamu jual atau tawarkan. Pastikan kamu menjual produk atau jasa layanan yang sesuai dengan pashion atau apa yang kamu sukai. Dengan demikian, operasional bisnismu pun akan terasa jauh lebih mudah karena dilakukan dengan senang hati.

Selain itu, pastikan produk atau jasa layananmu adalah yang dibutuhkan banyak orang. Maka dari itu, kamu harus pandai-pandai melihat pasar yang ada serta memanfaatkan peluang sebaik mungkin.

Misalnya, peluang usaha jasa seperti jasa editing mulai dari poster, video, presentasi, jual pulsa, jual-beli handphone, pengetikan, jasa nge-print dan les private. Jika kamu ingin berjualan produk barang kamu bisa mencoba menjajakan makanan kecil seperti cemilan yang banyak diminati.

2. Berikan logo terbaik 

Logo merupakan identitas utama sebuah bisnis yang harus dimiliki dan dijaga konsistensinya. Ketika menentukan logo di awal pembuatan bisnismu, maka kamu tidak boleh menggantinya terlalu sering. Untuk itu, dalam menentukan logo untuk brand bisnismu pastikan logo tersebut mewakili produk, nama atau ciri khas yang ditawarkan.

Misalnya, jika kamu ingin berbisnis kuliner ayam penyet. Kamu bisa membuat logo ayam yang sedang menumbuk sambal. Atau jika kamu berbisnis di bidang fashion kamu bisa menggunakan logo dari inisal nama merekmu. Dengan demikian, orang-orang akan jauh lebih mudah mengingatnya.

3. Jangan lupa tentukan target market

Meski menjadi seorang pengusaha muda yang masih awam, kamu tetap harus memperhatikan minat atau trend yang sedang berlangsung di masyarakat. Hal ini guna mengetahui apa yang sedang mereka butuhkan sehingga kamu bisa menyediakannya untuk meraup keuntungan yang lebih besar.

Misalnya, di masa pandemi corona seperti saat ini. Orang-orang banyak yang mencari masker untuk digunakan dalam keseharian. Jika kamu memiliki mesin jahit yang menganggur di rumah dan memiliki skill menjahit, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan masker kain lalu menjualnya ke orang-orang yang membutuhkan.

4. Eksperimen keunikan produk 

Kreativitas dan inovasi dalam berbisnis juga menjadi langkah penting yang harus dilakukan semua pengusaha. Baik pengusaha muda yang masih mengawali karirnya ataupun yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis.

Keunikan produk yang kamu tawarkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pasar yang ingin mencobanya. Selain itu, ini juga akan membedakan produkmu dengan produk dari para kompetitormu yang lain. Dengan demikian, orang-orang akan jauh lebih mudah mengenali produkmu ketika terdapat keunikan atau inovasi menarik yang ditawarkan.

Misalnya, kamu berbisnis kuliner jualan bakso. Alih-alih membuat baksomu dengan bentuk bulat, kamu bisa mengubahnya ke dalam bentuk yang lain. Seperti bentuk tulang, hati, dadu dan masih banyak lagi lainnya.

5. Lakukan promosi berbasis digital

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memudahkan kita dalam mengakses internet. Siapapun kini bisa membuat akun sosial media dengan mudah. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memaksimalkan promosi secara digital lewat sosial media.

Kamu bisa membuatkan akun sosmed khusus untuk bisnismu. Hal ini akan membuat banyak orang tertarik untuk mengikutinya sekaligus dari sini kamu juga bisa menyebarkan brand awareness-mu pada publik. Kamu bisa memanfaatkan Facebook maupun Instagram selaku sosial media yang banyak digunakan oleh orang-orang.

Bagi kamu pengusaha muda teruslah berproses jangan takut mencoba mulailah sejak mahasiswa karena banyak peluang yang bisa dihasilkan dan didapatkan. Teurslah berusaha iringi dengan doa kesuksesan. Selamat mencoba! `