,

Sebentar Lagi Lebaran! Rencanakan Keuangan agar Bisa Buka Usaha Setelah Idul Fitri

by -6 views
Tips Mengatur Uang
Tips Mengatur Uang

Ketika lebaran orang-orang biasanya akan menghambur-hamburkan uang untuk membeli barang yang mereka inginkan. Hal itu sebagai bentuk kebahagian dan kegembiraan di hari besar umat Islam. Akan tetapi jika anda punya rencana membuka peluang usaha setelah lebaran, maka anda perlu melakukan manajemen keuangan secara cermat

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan yang benar dan bisa menabung untuk masa depan? Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak pembahasan ini hingga selesai:

Membuat List Draft Belanja Lebaran

Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan

Anda tidak harus menabung semua uang dan tidak berbelanja untuk lebaran. Belanja di hari lebaran adalah hal yang wajar dan mungkin semua orang akan melakukan ini. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengontrol keinginan belanja mereka sehingga membeli berbagai barang yang mahal dan tidak diperlukan.

Karena itu, jika ingin membuka usaha setelah lebaran, alangkah baiknya membuat list atau draft belanja agar anda dapat mengontrol pembelian. Karena jika tidak, bisa jadi akan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan dan hanya akan menghabiskan uang anda. Terlebih jika uang THR anda sangat terbatas.

Pisahkan Kebutuhan Pribadi dan Keluarga

Tips Mengatur Uang
Tips Mengatur Uang

Jika anda adalah orang yang belum berkeluarga, barangkali mengatur keuangan di hari lebaran masih mudah. Berbeda ketika sudah memiliki keluarga, anda akan direpotkan dengan persoalan keuangan yang kompleks. Setiap anggota keluarga mempunyai kebutuhan masing-masing yang harus anda penuhi.

Karena itu, cara yang bijak adalah dengan memisahkan kebutuhan pribadi dan kebutuhan keluarga anda. hitung berapa rincian yang harus anda tanggung, dan usahakan menyisihkan uang yang ditabung untuk masa depan. Pisahkanlah kebutuhan pribadi dan keluarga secara adil dan tidak terlalu memberatkan anda sebagai tulang punggung keluarga.

Perhitungkan Hutang

Tips Mengatur Uang
Tips Mengatur Uang

Nah, selain tanggungan keluarga, akan lebih berat lagi jika anda mempunyai tanggungan hutang. Akan tetapi ini tidak boleh anda sepelekan. Anda juga harus merencanakan pembayaran hutang, jangan semua uang anda habiskan untuk foya-foya saat lebaran. Lihat kembali tanggalan kapan anda harus membayar hutang.

Buatlah manajemen keuangan yang jelas dan sesuai dengan pendapatan. Ya walaupun dengan menyisihkan uang untuk membayar hutang akan mengurangi budget belanja lebaran, tetapi itulah cara yang bijak agar keuangan anda tetap balance.

Bagaimanapun hutang harus dibayar, baik sebelum atau sesudah lebaran. Karena itu anda tidak bisa menghindar, anda harus benar-benar melakukan perencanaan yang cermat.

Menyiapkan Dana Darurat

Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan

Manusia tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, baik tentang dirinya sendiri atau keluarganya. Karena itu, selain menyiapkan modal untuk investasi nanti, dana untuk membayar hutang dan tanggungan keluarga, anda juga perlu menyiapkan dana darurat. Karena kita tidak bisa menjamin jika akan baik-baik saja nantinya.

Nah jika anda mendapatkan dana THR dari tempat kerja, maka sisihkanlah 10-20% untuk dana darurat. Percayalah, hal itu tidak akan merugikan anda.

Mengatur Keuangan untuk Investasi

Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan

Banyak orang yang telah merencanakan untuk membuka usaha dan telah mengumpulkan modal. Akan tetapi tidak sedikit orang ketika lebaran malah menggunakan uang tersebut untuk menunjang keinginan belanja serta tanggung jawab keluarga. Karena itu, manajemen keuangan untuk bisnis harus benar-benar direncanakan.

Jika bisa mengatur keuangan, maka di hari lebaran anda tidak perlu menggunakan tabungan tersebut untuk memenuhi kebutuhan belanja. Terlebih jika anda adalah seorang karyawan dan mendapatkan THR dari perusahaan. Maka gunakanlah uang tersebut secara cermat dan bijak. Bahkan jika uang THR masih berlebih, anda dapat menggunakan uang itu untuk menambah modal investasi nantinya.

Penutup

Demikian informasi tentang manajemen keuangan saat lebaran. Jika anda memang benar-benar ingin membuka peluang usaha sendiri, maka rencana keuangan harus benar-benar anda hitung secara rinci dan cermat. Perhitungkan juga segala aspek kebutuhan anda dan keluarga agar keuangan bisa balance.

Keuangan adalah hal yang cukup rumit untuk direncanakan. Bisa saja kita merencanakan sesuatu, akan tetapi ada beberapa faktor yang bisa membuat kita harus membatalkan perencanaan. Namun tidak ada salahnya kita merencanakan hal tersebut.

Baca juga artikel lain tentang Belajar Manajemen Bisnis: Pengertian dan Komponen Pentingnya