Manfaatkan Ilmu Psikologi Ini untuk Strategi Pemasaran Produk

by -9 views
Ikut-Ikutan
Ilustrasi

Sebenarnya strategi pemasaran dapat kita samakan dengan ilmu bela diri. Kita bertarung pastinya harus membuat lawan kalah lebih dulu, bagaimanapun tekniknya yang terpenting lawan harus kalah. Jika anda memiliki teknik untuk bertarung, akan tetapi lawan anda tidak kalah juga, berarti teknik tersebut belum bagus.

Karena itu Anda harus mempelajari bagaimana caranya memiliki teknik pemasaran yang tepat dan cepat. Ada banyak strategi pemasaran produk, tetapi pada kesempatan ini kita akan membahas satu teknik pemasaran yang ampuh, yaitu dengan menggunakan ilmu psikolog.

Pemasaran Produk dengan Memanfaatkan Psikologi

Tindakan seseorang biasanya dipengaruhi oleh keadaan psikolog orang tersebut. Begitupun dengan keputusan untuk membeli produk atau tidak, dan berita baiknya sebagai penjual kita bisa sedikit mempengaruhi psikolog orang yang bersangkutan. Berikut caranya:

1. Psikolog Strategi Pemasaran Mahal = Bagus

psikolog
Ilustrasi psikolog – Strategi Pemasaran

Pastinya setiap orang memiliki anggapan jika suatu produk itu mahal maka kualitasnya akan bagus. Itu tidak salah karena memang demikian. Namun faktanya, orang juga akan senang mendapatkan produk yang mahal namun juga mendapatkan diskon.

Teknik ini sebenarnya sudah diterapkan banyak orang di pasaran, akan tetapi hingga sekarang ini masih sangat efektif. Anda pun bisa mencoba strategi ini dengan, misalnya, kaos dengan harga Rp90.000 kemudian di diskon 50% sehingga harganya menjadi Rp 45.000. Itu akan membuat orang lebih tertarik daripada Anda langsung menaruh harga Rp 45.000 tanpa ada diskon sama sekali.

Teknik ini bisa lebih dipertajam lagi dengan memberikan keterangan lain. Misalnya Anda mengikuti sebuah event peringatan tertentu, seperti lebaran, 17 agustus, hari jadi daerah atau lain sebagainya. Nah disitu berilah keterangan “dalam rangka acara bla..bla kami memberikan diskon spesial”. Dengan begitu psikolog seseorang akan terpengaruh dan lebih percaya.

2. Ikut-Ikutan Dulu Lah

Ikut-Ikutan
Ilustrasi

Pernah tidak Anda ikut-ikutan nimbrung melihat barang dagangan orang, eh ternyata akhirnya malah beli? Padahal tidak niat. Nah psikologi kita memang bekerja seperti itu.

Sifat dasar manusia sebenarnya hanya ingin tahu saja, dan tidak memiliki niatan untuk mengambil suatu tindakan. Sehingga teknik ini bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk jualan. Terlebih jika Anda memang baru me-launching produk, gunakanlah teknik keramaian untuk mendapatkan pembeli.

Bahkan ada yang menyewa orang banyak hanya untuk meramaikan acara agar terkesan menarik. Tentu Anda jangan melakukan demikian, cari lah cara yang lebih natural, Anda bisa menawarkan hal-hal unik untuk menarik perhatian orang.

3. Strategi Pemasaran Memberi dan Anda akan Diberi

Memberi dan Anda akan Diberi - Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran – Memberi dan Anda akan Diberi

Ada teknik psikologi lainnya untuk pengaruhi orang, yaitu dengan terlebih dahulu memberi kemudian Anda akan diberi. Trik ini cukup sederhana, misalnya Anda memiliki bengkel motor, terlebih dahulu anda bisa menawarkan gratis ganti oli, besar kemungkinan konsumen akan membeli olinya di tempat Anda.

Ini hal yang sepele namun memberikan kesan yang besar terhadap konsumen. Anda bisa memanfaatkan teknik ini untuk memasarkan berbagai macam produk. Misalnya pemasaran produk kuliner, anda bisa memberikan wifi gratis di restoran anda, yang kemudian tentunya orang juga akan membeli produk makanan yang Anda tawarkan.

Contoh lain misalnya, mungkin Anda juga pernah membeli smartphone di sebuah toko, saat Anda masih bertanya-tanya mengenai smartphone tertentu, tetapi penjaga toko tersebut memberikan Anda minum gratis. Sehingga anda tidak enak jika harus meninggalkan toko tersebut tanpa membeli produk mereka.

Nah itu juga merupakan trik sederhana untuk mengatur psikolog seseorang sehingga mereka mau membeli produk yang ditawarkan.

Demikianlah pembahasan tentang strategi pemasaran produk memanfaatkan ilmu psikologi untuk menarik perhatian orang. Anda bisa menggunakan berbagai macam cara untuk memasarkan produk dan tentunya teknik pemasaran psikologi ini bisa diterapkan dalam bisnis yang anda kelola. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lain terkait Strategi Pemasaran Produk Menggunakan Website untuk Pengusaha Muda