,

Marketing Bisnis Online Dengan Tiktok

by -4 views
Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Dengan Tiktok

Banyak orang yang belum menyadari jika kita dapat meningkatkan penjualan bisnis online dengan Tiktok. Hal itu karena memang platform berbagi video ini telah digunakan 500 juta pengguna di seluruh dunia.

Bahkan Indonesia menjadi negara dengan pengunduh Tiktok terbanyak di dunia. Angka tersebut tentu luar biasa jika kita mampu memanfaatkannya sebagai sarana pemasaran online.

Itu artinya, sekarang kita telah mempunyai opsi lain untuk melakukan promosi sehingga tidak hanya sekedar di Facebook atau Google. Tetapi untuk bisa jualan di Tiktok sedikit berbeda dan memerlukan strategi yang cepat.

Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Dengan Tiktok

Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Dengan Tiktok

Di artikel sebelumnya kita telah membahas tema yang sama, yaitu marketing bisnis online dengan Tiktok. Anda dapat membaca artikel sebelumnya disini.

Untuk menyempurnakan pembahasan tersebut, di bawah ini kami menambahkan beberapa strategi lain untuk bisa sukses memasarkan bisnis online dengan Tiktok. Simak pembahasannya berikut ini:

1. Menanggapi berbagai komentar dari pengguna

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah menanggapi berbagai komentar serta menjawab pertanyaan audience di postingan anda. Ini dapat meningkatkan engagement sehingga postingan anda akan direkomendasikan ke pengguna lain oleh Tiktok.

Anda memang tidak perlu menjawab semua komentar yang ada di postingan. Pilih saja komentar yang memberikan informasi positif serta berdampak baik terhadap bisnis atau produk yang anda jual.

Tidak ada salahnya berkomentar di postingan pengguna lain sebab hal itu dapat membantu untuk meningkatkan brand awareness.

Alasan sederhananya ketika komentar anda disukai oleh banyak orang, maka nama brand akan berada di urutan komentar paling atas. Algoritma Tiktok memang begitu dan dapat anda maksimalkan dengan baik.

2. Bisnis online dengan Tiktok Membuat hashtag challenge

Bukan rahasia lagi jika pengguna Tiktok sangat menyukai challenge. Lalu apa hubungannya dengan bisnis yang anda miliki?

Nah disinilah anda memerlukan strategi atau perencanaan untuk meraih kepopuleran. Cobalah untuk merencanakan sebuah challenge terkait produk atau jasa yang dimiliki.

Menggunakan strategi challenge untuk marketing terbilang efektif dalam mendongkrak promosi bisnis. Karena, jika kreator Tiktok ingin mengikuti sebuah challenge tentu mereka akan membeli produk tertentu terlebih dahulu.

Begitupun jika video-video challenge terkait produk anda terlihat menarik, maka akan ada banyak orang yang juga mengikuti tren serupa. Itu artinya, strategi ini dapat memaksimalkan promosi serta penjualan produk.

4. Bisnis online dengan Tiktok menggunakan fitur berbayar Tiktok ads

Tiktok ads merupakan salah satu strategi marketing yang tidak boleh terlewatkan. Tiktok ads merupakan fitur berbayar untuk mempromosikan sebuah produk atau brand kepada audiens secara cepat dan tepat.
Ada 4 jenis layanan periklanan yang ditawarkan oleh pihak Tiktok dan bisa digunakan semaksimal mungkin, yaitu:

  • Brand take over – iklan eksklusif berupa video gif atau image yang muncul hanya ketika pengguna membuka aplikasi.
  • Brand efek atau filter – adalah efek khusus atau filter yang berisi informasi terkait produk.
  • Promotes hastag challenge – adalah iklan yang mengajak para pengguna Tiktok untuk menggunakan hastag challenge
  • Infeed ads – adalah iklan yang muncul ketika pengguna melakukan scroll feed.

Dari beberapa jenis produk iklan yang ada di Tiktok, yang paling populer adalah infeed ads. Jika anda memulai bisnis kecil-kecilan maka jenis iklan ini merupakan yang paling menguntungkan. Namun tetap saja tergantung dengan pilihan serta strategi marketing anda.

4. Bisnis online dengan Tiktok melihat data analytics yang ada di Tiktok Ads

Tidak ada digital marketing yang sukses tanpa menggunakan analitik dan hanya mengandalkan feeling. Itulah mengapa sangat penting dalam pemasaran online data analitik terkait kampanye iklan yang dijalankan.

Sama dengan Instagram atau Google, Tiktok ads juga menyediakan data analitik yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi anda.

Manfaatkanlah analytics ini semaksimal mungkin dengan cara mempelajarinya lebih dalam. Anda dapat mempelajarinya di berbagai artikel atau video internet.

Penutup

Pembahasan kita tentang strategi marketing bisnis online dengan Tiktok telah dibahas panjang lebar. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan silahkan share kepada keluarga atau teman anda