, ,

Mau Jadi Pengusaha Muda? Yuk, Lakukan 7 Kebiasaan Baik Ini

by -39 views
Pengusaha muda sukses
Foto: Pexels

Siapa sih yang tak mendambakan kesuksesan? Apalagi sukses menjadi pengusaha muda di awal perjalanan karir. Hampir semua orang pasti menginginkannya. Tak terkecuali bagi mereka yang saat ini tak memiliki apa-apa dan sering mengalami kegagalan dalam hidupnya. Kesuksesan didapat dari tekad yang kuat dan serta usaha keras disertai doa.

Masing-masing orang memiliki jalannya sendiri dalam mencapai kesuksesan. Waktunya pun berbeda-beda. Mark Zuckerberg, CEO Facebook, berhasil sukses di usianya yang masih 20-an saat itu. Namun, Colonel Sanders, pendiri KFC baru mencapai puncak kesuksesannya di usia senja.

Dari sini, kita bisa tahu bahwa setiap orang memiliki timeline-nya masing-masing. Kamu tak perlu khawatir jika di usiamu yang mencapai kepala tiga atau bahkan lebih namun belum mendapatkan kesuksesan yang kamu dambakan. Pun juga kamu yang saat ini masih remaja atau mahasiswa, kamu bisa berjuang lebih keras untuk mendapatkan kesuksesan di usiamu yang masih muda.

Nah, dalam mencapai kesuksesan terutama pada usia muda tentu harus ada pemikiran yang matang dan harus melalui proses berat pendewasaan. Setidaknya ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan secara konstan untuk mencapai kesuksesan di usia muda. Apa saja itu? Simak artikel InfoBiznis berikut ini, ya!

Lakukan 7 Kebiasaan Ini, Jika Ingin Sukses di Usia Muda

1. Pintar dalam membagi waktu 

Pengusaha Muda
Foto: Pexels

Cara sukses muda pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan kecerdasan dalam membagi waktu. Dalam 24 jam kamu bisa membagi waktu agar pekerjaanmu bisa lebih produktif dan tidak berantakan.

Bekerja tanpa pemikiran dan rencana lebih dulu, justru hanya akan membuatmu bingung dan keteteran. Nah, untuk mencapai kesuksesan dimasa mendatang kamu harus membiasakan untuk mengalokasikan waktmu sesuai porsinya agar pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang lain dapat terkendali dengan baik juga tidak mengganggu personal space-mu.

2. Fokus pada tujuan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah menetapkan prioritas dan tujuan. Menetapkan tujuan akan membantumu dalam membagi waktu, apa saja yang harus didahulukan dan mengurangi kebiasaan yang membuatmu lupa terhadap tujuanmu semula.

Tidak apa jika kamu ingin bersenang-senang dengan temanmu, tapi usahakan untuk menyelesaikan urusan yang lebih penting terlebih dahulu. Tentukan tujuan yang sesuai berdasarkan minat dan bakat yang kamu miliki sehingga tujuanmu akan lebih jelas ke depannya.

3. Selalu berpikir positif

Pengusaha muda sukses
Foto: Pexels

Kekuatan pikiran menjadi salah satu faktor terbesar yang membuat seseorang mencapai kesuksesannya sekarang. Coba lihatlah para entrepreneur yang sukses di puncaknya saat ini. Mereka jarang memiliki pikiran negatif karena hal itu akan mengganggu produktivitas kerja sekaligus mengganggu suasana hati serta mentalnya.

Dengan tetap mempertahankan pikiran positif bahkan ketika berada di kondisi terburuk pun. Kamu akan lebih mudah membuat keputusan yang rasional dan tidak gegabah.

4. Berani menghadapi kegagalan dan resiko

Gagal dalam percintaan, pendidikan, bisnis maupun keuangan. Semua orang pasti pernah mengalami salah satu hal tersebut.

Namun yang  terpenting bukanlah seberapa besar atau seberapa sering kamu gagal, melainkan seberapa sering kamu bangkit untuk bertahan.

Para pengusaha muda maupun yang baru sukses di usia senja pernah mengalami ratusan bahkan ribuan kegagalan. Colonel Sanders berhasil menciptakan brand KFC setelah mengalami penolakan hingga 1000 kali. Coba bayangkan betapa gigihnya usaha yang ia lakukan.

Pun begitu jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses. Maka harus berani menghadapi risiko yang ada di depan mata sekaligus tak takut pada kegagalan yang menghantui di belakang. Justru dari kegagalan kamu bisa belajar banyak hal baru dan memperbaiki kekuranganmu. Setuju?

5. Menjadi pribadi yang aktif

pribadi yang aktif
Foto: Pexels

Perbanyaklah berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini akan membantumu menciptakan circle yang lebih luas dan berkualitas.

Tak jarang, kamu bisa mendapatkan partner yang bisa diajak kerjasama dalam menciptakan sebuah bisnis atau usaha. Seperti yang dilakukan oleh William Tanuwijaya, CEO Tokopedia yang mendirikan marketplace tersebut dengan bantuan salah satu sahabat karibnya.

Kamu bisa memperluas jaringanmu dengan bergabung dalam komunitas atau organisasi yang bermanfaat. Sering-seringlah datang di acara seminar atau workshop pengembangan diri juga untuk mendapatkan kenalan baru yang satu visi dan misi.

6. Calon pengusaha muda harus selektif dalam memilih teman

Ada sebuah petuah yang mengatakan temanmu adalah cerminan dari dirimu. Petuah ini ada benarnya. Maka dari itu, kamu harus selektif dalam memilih teman bermain ataupun partner dalam bisnis.

Untuk mencapai kesuksesan yang diimpikan, kelilingilah dirimu dengan mereka yang berpikiran positif, memiliki tujuan jelas ke depan dan supportif.

Hindari orang-orang toxic dan negatif, karena mereka bisa menjadi penghancur jalanmu dalam menuju kesuksesan.

7. Investasi sejak dini

Investasi
Foto: Pexels

Jika dulu investasi hanya bisa dilakukan secara manual dengan datang ke bank atau perusahaan pialang. Kini seiring berkembangnya zaman, kamu bisa berinvestasi dengan mudah hanya lewat telepon genggam.

Selain itu, modal yang dibutuhkan pun tak harus besar, lho. Ada banyak produk investasi yang bisa kamu coba dengan nominal mulai dari Rp 100 ribuan. Investasi sejak dini bisa bermanfaat untuk menyiapkan masa depanmu agar lebih tertata.

Selain investasi uang, kamu juga harus menginvestasikan waktu serta pertemanan. Investasi waktu bisa dilakukan dengan melakukan hal-hal produktif seperti membaca buku yang bermanfaat, berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan investasi pertemanan adalah dengan menciptakan circle seluas-luasnya namun tetap berkualitas.

Nah, demikianlah artikel mengenai kebiasaan-kebiasaan yang dapat membantumu mencapai kesuksesan di usia muda. Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha muda, tetaplah semangat dalam menjalani kehidupan dan jangan pernah takut untuk gagal.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman-teman maupun sanak keluargamu, ya!