,

Memaksimalkan Website Agar Jualan Makin Laris

by -30 views
Foto orang membuka halaman website di handphone
Memiliki website bisnis akan membuat jualan Anda makin laris

Salah satu strategi pemasaran yang efektif di jaman sekarang adalah memiliki website untuk usaha kecil Anda. Website bisa menjadi semacam katalog online sehingga Anda tidak perlu mengetikkan informasi berulang-ulang kepada setiap calon pembeli yang membutuhkan. Jualan laris semakin mungkin karena pembeli tidak perlu bertanya-tanya lagi.

Sekarang, pembuatan website sudah jauh lebih mudah dan murah. Anda bisa menggunakan WordPress, salah satu platform untuk website yang mudah digunakan dan juga mendukung ecommerce.

Berikut poin-poin penting yang wajib dimiliki oleh website bisnis.

 

9 poin website bisnis agar jualan laris

 

1. Desain yang responsive

Apa yang dimaksud dengan desain yang responsif? Artinya, desain website Anda akan tampil menyesuaikan device atau piranti yang digunakan, misalnya laptop, tablet atau handphone. Dibuka dengan perangkat apapun, website akan tetap tampil cantik dan rapi.

 

2. Menggunakan foto yang professional

Foto cokelat yang menggiurkan
Foto produk yang profesional dan menggiurkan akan membantu jualan Anda laris

Kemudahan di jaman digital ini termasuk dalam hal fotografi. Anda bisa menghasilkan foto indah dengan resolusi tinggi menggunakan handphone. Tentu, lebih baik jika Anda menyewa fotografer professional. Tapi untuk usaha yang baru dirintis, tidak mengapa menggunakan kamera handphone selama komposisi foto direncanakan dan diatur dengan baik.

 

3. Harga yang jelas dan transparan

Harga yang tercantum harus jelas apakah itu berlaku untuk satu buah atau satu bungkus, satu kilo atau satu paket, dan informasi lainnya seperti termasuk ongkos kirim atau tidak. Termasuk juga masalah pajak seperti PPN. Jangan sampai ketika pembeli memasukkan barang di shopping cart, mereka kaget ketika hendak membayar karena harganya berbeda dengan harga yang pertama kali mereka lihat.

 

4. Tampilkan testimoni sebagai bukti jualan Anda laris

Review tentang usaha maupun testimonial pelanggan memegang faktor penting dalam membangun kepercayaan calon pembeli. Pengunjung website jadi teryakinkan bahwa produk yang Anda jual benar-benar bermutu dan memuaskan. Testimoni bisa didapat dari percakapan WhatsApp, komentar di Facebook atau Instagram, atau dari situs seperti TripAdvisor dan Google Maps.

 

5. Kontak info yang jelas dan lengkap

Cantumkan alamat usaha Anda dengan jelas. Transparansi ini akan membantu membangun kepercayaan calon pembeli. Lengkapi juga dengan kontak yang Anda sediakan misalnya alamat email, akun media sosial, nomor WhatsApp, LINE dan Telegram. Jika website Anda belum siap sebagai online shop dan Anda tetap jualan lewat marketplace seperti Tokopedia, sediakan tautan yang terhubung dengan toko Anda di Tokopedia. Kontak info yang jelas dan lengkap di website akan membuat pengunjung website tidak ragu untuk membeli, dan jualan Anda akan semakin laris.

 

6. Halaman FAQ

Halaman FAQ memuat semua informasi yang berhubungan dengan usaha Anda. Semacam tanya jawab yang memuat pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh calon pembeli. Yang termasuk dalam FAQ biasanya keterangan seputar produk, cara pembelian, metode pengiriman, pengurusan komplain dan refund jika ada masalah.

 

7. Terhubung dengan media sosial

Cantumkan tautan ke profil akun media sosial usaha Anda. Anda juga bisa membuat kolom khusus untuk memuat update terbaru yang ditarik dari akun media sosial. Ajak pengunjung website untuk menjadi follower akun media sosial usaha Anda.

 

8. Jualan laris dengan landing page

Landing page berbeda dengan halaman-halaman lain di sebuah website. Landing page hanya mempunyai satu tujuan khusus yaitu mengkonversi pengunjung website melakukan satu action yang Anda inginkan. Jika Anda memiliki promo khusus, buat landing page khusus sehingga pengunjung website tidak terpecah perhatiannya dan diharap segera melakukan pembelian.

 

9. Video promosi

Akan lebih baik jika Anda menyertakan video promosi tentang produk dan profil usaha kecil Anda. Upload video Anda di YouTube, lalu tampilkan di halaman website Anda. Hari gini, bikin video itu mudah. Yang penting Anda bikin konsep. Anda bisa belajar cara membuat video pemasaran yang baik dari berbagai sumber seperti dari YouTube.

 

Website usaha kecil yang profesional akan membantu membangun posisi Anda di dunia bisnis sejak dini. Tidak hanya pembeli yang akan diyakinkan untuk menjadi pelanggan Anda. Namun juga pihak lain seperti distributor maupun pihak bank yang mungkin bisa membantu secara finansial agar kelak Anda bisa melebarkan usaha.