,

Bagaimana Memulai Bisnis dari Nol Hingga Sukses?

by -1 views
Membuka Usaha - Tips Sukses
Membuka Usaha - Tips Sukses

Jika dibanding negara maju, tentu persentase pengusaha di Indonesia masih sangat rendah. Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika pengusaha di Indonesia hanya sebesar 3,1 persen berbanding jauh dengan negara maju yang mencapai 14 persen. Akan tetapi belakangan ini tampaknya banyak orang Indonesia memulai membuka usaha sendiri untuk mencari peruntungan.

Tren wirausaha di Indonesia diharapkan selalu meningkat dan terus berkembang. Bahkan mungkin anda juga menginginkan untuk membuka usaha dari nol. Jika iya, simak informasi berikut agar anda bisa mengetahui tips sukses menjadi wirausaha.

5 Langkah Membuka Usaha Sendiri untuk Pemula

Membuka Usaha - Tips Sukses
Membuka Usaha – Tips Sukses

Banyak sekali pebisnis yang telah sukses padahal dulunya memulai bisnis dari tahap yang sangat kecil. Sebut saja Bob Sadino, atau pengusaha lainya yang sekarang sudah memiliki harta yang sangat banyak. Nah anda pun bisa sukses demikian, memulai bisnis dari nol mempunyai usaha yang besar. Ikuti langkah dan tahapan-tahapannya berikut ini:

Melangkah Tanpa Mempunyai Tujuan

Ini kedengaran cukup aneh dan mungkin tidak biasa disebutkan oleh mentor bisnis anda. Mulailah berbisnis sesuai dengan yang anda inginkan, jangan terpaku dengan tujuan dan target pencapaian. Maksud melangkah tanpa tujuan adalah jangan membatasi diri dengan target, padahal sebenarnya anda mampu melakukan hal diluar ekspektasi.

Tips ini mungkin berlaku ketika anda ingin memulai, akan tetapi jika bisnis anda sudah berkembang ada baiknya anda melakukan manajemen yang jelas.

Membuka Usaha dengan Membuat Pasar Sendiri

Bagi sebagian orang, ketika ingin berbisnis tentu akan melakukan analisa pasar apakah produk atau jasa akan diterima atau tidak. Nah ini sebaliknya, cobalah untuk membuat pasar sendiri. Walaupun ini sebetulnya sangat beresiko akan tetapi jika berhasil membuat pasar konsumen sendiri maka anda akan mendapatkan kesuksesan yang besar.

Banyak sekali kisah orang-orang sukses yang awalnya dicibir karena menjual produk yang mungkin tidak akan dibeli orang. Seperti produk air mineral Aqua, dahulu orang mencibir dan berpikir mana ada orang yang mau membeli air yang bisa didapatkan secara gratis.

Tetapi pengusaha bernama Tirto Utomo pendiri perusahaan Aqua, tidak putus asa. Dia memikirkan ide untuk melakukan inovasi dan terus berusaha membuat pasar konsumen sendiri. Akhirnya bisnis yang dikelola pun berhasil dan bisa diterima oleh masyarakat.

Jangan Banyak Perhitungan Ketika Membuka Usaha

Semua bisnis tentunya berkaitan dengan uang, akan tetapi tips sukses selanjutnya adalah jangan banyak perhitungan. Pengusaha yang banyak perhitungan biasanya akan selalu mikir-mikir jika ingin melakukan inovasi atau program bisnis yang sebenarnya bisa membuat usahanya sukses. Akan tetapi karena banyak perhitungan banyak calon pebisnis gagal dan harus menyerah di tengah perjalanan.

Memang keuangan dalam berbisnis harus direncanakan dengan baik, akan tetapi jika membuat anda takut action hal itu akan menyebabkan anda sulit mendapatkan hasil terbaik. Karena sejati berbisnis adalah melakukan apa yang ingin kita lakukan dengan penunjangnya adalah sumber daya yang kita miliki.

Jadilah Pengusaha yang Bisa Menerima Kegagalan dan Kerugian

Percayalah, berapapun uang yang anda keluarkan untuk berbisnis tidak akan hangus sia-sia semuanya. Meski anda gagal total dan kehabisan semua modal, tentu akan ada feedback dari hal itu, baik berupa ilmu ataupun pelajaran. Nah inilah yang sebagian orang takuti, yaitu kegagalan.

Tentunya anda tidak harus dengan sengaja mencari kegagalan, hanya saja gagal dan rugi juga harus diperhatikan. Jangan hanya memikirkan tentang untung dan berhasilnya saja. Bagi banyak pengusaha yang sukses, barangkali kegagalan yang mereka dapatkan jauh lebih banyak daripada kesuksesan.

Kita hanya melihat mereka sudah sukses dengan berbagai bisnisnya, tetapi kita tidak tahu berapa ribu kegagalan yang mereka sembunyikan dan tidak terlihat.

Menjadi Diri Sendiri

Kita bisa belajar dari para pengusaha sukses, tetapi kita tidak harus menjadi pribadi seperti mereka. Jadilah diri sendiri, buatlah inovasi. Jalankan apa yang ingin anda capai, dan hadapi semua rintangan berdasarkan pengalaman yang anda miliki. Dengan begitu anda akan benar-benar menjadi pengusaha sejati yang tahan banting.

Penutup

Demikianlah informasi tentang tips sukses membuka usaha sendiri dari nol. Selain yang telah disebutkan diatas anda pun masih harus mempelajari banyak hal untuk bisa sukses di dalam berbisnis. Pelajari bagaimana cara , manajemen bisnis, pemasaran, atau lain sebagainya.