,

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Tips Memilih Rekan Saat Membuka Usaha

by -7 views
Rekan Bisnis - Membuka Usaha
Rekan Bisnis - Membuka Usaha

Ketika membuka usaha yang besar barangkali anda akan membutuhkan rekan bisnis untuk saling membantu. Dengan adanya rekan bisnis maka anda dapat berbagi ilmu, ide, inovasi dan lainnya agar bisnis anda bisa berkembang pesat. Akan tetapi mendapatkan rekan bisnis yang satu tujuan dan memiliki visi misi yang sama bukanlah hal mudah.

Dalam pembahasan ini kita akan mengulas tips bagaimana mencari rekan bisnis yang tepat dan bisa membantu anda. Apa saja tipsnya? Simak informasi berikut ini:

Kenal Secara Individual Rekan Bisnis

Rekan Bisnis - Membuka Usaha
Rekan Bisnis – Membuka Usaha

Tidak sedikit orang-orang yang berhasil membangun sebuah bisnis yang besar bersama sahabat dekatnya. Sebut saja pendiri Facebook, Mark Zuckerburg, yang membangun sebuah jejaring sosial dibantu oleh teman-temannya. Atau juga perusahaan raksasa Google yang didirikan oleh dua sahabat bernama Larry Page dan Sergey Brin.

Faktor persahabatan mungkin menjadi alasan mengapa mereka bisa berkomunikasi dengan baik untuk membangun sebuah perusahaan. Nah begitupun dengan anda, daripada susah-susah mencari rekan bisnis, ada baiknya anda mengajak teman dekat untuk membaca peluang usaha bersama-sama.

Berkomunikasi dengan Lancar

Tips Memilih Partner Kerja
Tips Memilih Partner Kerja

Di atas kita telah menyinggung jika teman adalah lawan komunikasi yang baik, akan tetapi jika anda tidak mempunyai teman untuk membangun bisnis bersama, anda dapat mengajak orang lain. Akan tetapi yang perlu dicatat adalah, ajaklah orang yang memang bisa berkomunikasi dengan baik dan bisa saling tukar pikiran.

Kita bisa mengatakan bahwa, komunikasi yang baik adalah kunci utama dalam bekerja sama dengan orang lain. Karena itu, sebelum memutuskan siapa rekan bisnis anda, ada baiknya anda mengajak mereka berbincang-bincang dan tukar pikiran. Apakah orang tersebut cocok atau tidak dengan anda.

Mencari Rekan Bisnis yang Profesional

Tips Memilih Partner Kerja
Tips Memilih Partner Kerja

Bukan hanya bisa berkomunikasi dengan baik, rekan bisnis juga harus bisa bekerja secara profesional. Terlebih jika anda mengajak sahabat sendiri untuk berbisnis, carilah yang memang bisa bekerja secara profesional. Banyak orang ketika ada masalah pribadi akan membawa nya ke dalam bisnis.

Misalnya ketika anda sedang marah dengan rekan bisnis secara pribadi, maka usahakan lah untuk tetap open minded ketika membicarakan bisnis. Anda harus mau bertemu dengan nya walaupun sedang marah karena urusan pribadi. Begitupun sebaliknya, rekan bisnis anda harus mengerti porsinya, jangan sampai dia pun membawa urusan pribadinya di dalam bisnis.

Pemahaman yang Sama Terkait Visi Misi Membuka Usaha

Tips Memilih Partner Kerja
Tips Memilih Partner Kerja

Nah, pemahaman yang sama terkait visi misi juga merupakan aspek yang sangat penting untuk memilih rekan bisnis. Mau mendirikan usaha yang besar atau pun kecil anda harus memastikan rekan bisnis memiliki visi misi yang sama. Karena salah satu faktor mengapa bisnis tidak berkembang adalah karena para owner nya tidak mempunyai pemahaman yang sama terkait cara dan tujuan bisnis.

Penting sekali untuk menanyakan hal-hal ini ketika anda mencari partner membuka usaha. Karena jika tidak, khawatir di tengah jalan akan terjadi perbedaan dan perselisihan yang bisa berimbas kepada bisnis anda. Tidak sedikit para pebisnis yang hampir sukses namun karena ada silang pendapat antara pendiri, maka usaha mereka menjadi terancam.

Saling Melengkapi Satu Sama Lain

Rekan Bisnis - Membuka Usaha
Rekan Bisnis – Membuka Usaha

Rekan bisnis yang baik akan memberikan dampak yang signifikan terhadap anda dan bisnis anda. ketika anda mengalami permasalahan dan kehabisan ide, maka rekan bisnis yang baik bisa memberikan solusi dan jalan keluar. Anda harus saling memahami dan melengkapi serta lebih mementingkan kemanfaatan yang lebih besar.

Karenanya sangat penting untuk anda mencari rekan bisnis yang bisa saling melengkapi. Ajak lah calon co-founder untuk berbicara secara individual. Jangan hanya membicarakan tentang bisnis, tapi juga ajak mereka membicarakan tentang kehidupan atau persoalan lain. Bukan hanya mereka, tetapi anda juga harus memberikan solusi yang nyata untuk rekan bisnis.

Penutup

Nah demikianlah informasi tentang tips mencari rekan bisnis untuk membuka usaha. Selain itu masih banyak faktor lain yang harus anda perhatikan ketika memilih rekan bisnis, seperti rekan yang jujur, dapat dipercaya, selalu open minded ketika membicarakan bisnis, tidak egois dan lain-lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan share kepada keluarga dan teman anda.

Baca juga artikel lain terkait Sebelum Resign, Perhatikan 4 Hal Berikut untuk Membuka Usaha Sendiri