,

5 Tips Ampuh Hilangkan Rasa Takut Gagal dalam Membuka Usaha

by -3 views
Membuka Usaha - Tips Sukses
Membuka Usaha - Tips Sukses

Ketika ingin membuka usaha banyak orang yang merasa takut gagal. Hal itu sebenarnya wajar, karena memang dalam membuka bisnis kita perlu mengorbankan banyak aspek, baik itu tenaga, pikiran dan juga modal. Anda biasanya takut jika gagal maka hal yang dikorbankan itu akan hilang dan tidak bisa didapatkan kembali.

Akan tetapi rasa takut itu tidak boleh selalu menghantui fikiran sehingga anda benar-beanr tidak berani mengambil langkah untuk suskes. Lalu bagaimana caranya agar mempunyai keberanian dan bisa menghilangkan rasa takut? Nah berikut ini pembahsan yang harus anda ketahui:

Mempersiapkan Strategi Bisnis yang Benar

Membuka Usaha - Tips Sukses
Membuka Usaha – Tips Sukses

Salah satu faktor besar dari sebuah kegagalan berbisnis adalah karena tidak adanya perencanaan strategi yang tepat. Banyak orang memulai bisnis tanpa memiliki pengetahuan yang cukup sehingga mereka tidak dapat menyusun rencana atau strategi bisnis secara benar. Ada banyak aspek yang harus anda perhatikan, baik itu terkait konsep, cara pemasaran, analisis dan lain sebagianya.

Jika anda memang awam di bidang ini, tidak ada salahnya mengikuti seminar bisnis atau bisa mencari mentor yang telah sukses di bidangnya. Buatlah rencana bisnis yang jelas, mulai dari A hingga Z. Dengan rencana yang jelas juga akan berdampak terhadap perkembangan dan keberlangsungan bisnis anda.

Perkaya Ilmu Pengetahuan Terkait Bisnis

Membuka Usaha - Optimis
Membuka Usaha – Optimis

Tips selanjutnya agar anda tidak takut berbisnis adalah dengan terlebih dahulu mengupgrade ilmu bisnis yang kita miliki. Ilmu bisnis itu sangat penting, dan tentunya sangat luas. Anda perlu mempelajari bagaimana manajemen bisnis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan lain sebagainya.

Terlebih di zaman yang modern ini anda bisa mendapatkan informasi itu dengan mudah melalui internet ataupun mengikuti training bisnis dan seminar. Jangan takut untuk mengeluarkan biaya belajar jika ilmu yang anda dapatkan lebih berharga daripada uang yang dikeluarkan.

Membuka Usaha dan Bekerja

membuka usaha - Bisnis Startup
membuka usaha – Bisnis Startup

Banyak orang takut membuka usaha karena tidak ingin mengambil resiko yang besar. Jika hanya fokus mengurusi sebuah bisnis, ketika gagal maka anda akan benar-benar kehilangan pendapatan. Karena itu cara yang bijak adalah dengan menggabungkan bekerja dan berwirausaha. Hal Itu dilakukan agar mengurangi resiko yang terlalu besar.

Walaupun menjalani dua kegiatan sekaligus memang cukup berat, akan tetapi itulah cara agar anda tidak takut akan kegagalan. Istilah sederhananya anda seolah mempunyai “ban serep”, ketika bisnis gagal maka masih ada pekerjaan yang bisa menunjang pendapatan.

Nanti ketika bisnis anda memang sudah berkembang dan lebih dari sekedar cukup, pada fase ini anda bisa fokus untuk berwirausaha saja.

Menyadari Kegagalan adalah Sebuah Proses

Memulai Bisnis Modern
Memulai Bisnis Modern

Bisnis apapun itu hampir tidak ada yang bisa didapatkan secara instan. Selalu ada proses dibalik sebuah bisnis yang sukses, dan salah satu proses untuk sampai di titik sukses adalah dengan melewati kegagalan. Karena itu, agar tidak takut dalam berbisnis maka anda harus menyadari jika kegagalan adalah bagian dari sebuah proses.

Barangkali hampir semua kisah orang yang telah sukses membanugn bisnis yang besar pasti dimulai dari kegaglan. Pernahkah anda membaca kisah pendiri perusahaan coklat Silverqueen? Nah pada awal produksinya, coklat Silverqueen sangat susah mendapatkan pembeli, bahkan banyak orang yang mencibirnya. Akan tetapi akhirnya sekarang perusahaan tersebut bisa sukses dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Ketika Membuka Usaha Belajar Kepada Guru yang Kompeten

membuka usaha
membuka usaha

Cara lain agar tidak takut membuka usaha adalah dengan mencari dan belajar dengan guru yang kompeten di bidangnya. Mintalah saran terbaik kepada seorang yang anda percayai akan keilmuannya di bidang bisnis. Misalnya anda ingin membuka usah akuliner, cobalah cari orang yang memang sudah sukses di bidang itu.

Biasanya mereka tidak akan keberatan untuk berbagi ilmu. Bagi pebisnis sejati, mereka tidak takut jika ada kompetitor, malah senang dengan hal itu. Karena mereka bisa mempunyai teman yang menggeluti bidang sama sehingga bisa bertukar pikiran.

Penutup

Demikianlah informasi tentang bagaimana menaklukan rasa takut ketika ingin membuka usaha. Teruslah belajar dan berdoa agar dimudahkan dan anda bisa mendapatkan hasil terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan share kepada keluarga dan teman anda yang membutuhkannya.