,

4 Langkah untuk Mempertahankan Bisnis Saat Pandemi Covind-19

by -5 views
Mempertahankan Bisnis
Mempertahankan Bisnis

Dunia sedang diguncang dengan adanya virus Corona yang diketahui bermula dari Kota Wuhan. Bukan hanya dunia kesehatan yang mendapat ujian berat, akan tetapi berbagai bisnis pun terkena imbasnya. Lalu bagaimana cara mempertahankan bisnis agar tetap bisa eksis dan tidak bangkrut?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyiasati wabah pandemi ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut:

Mempertahan Bisnis dengan Mempelajari Situasi

Mempertahankan Bisnis
Mempertahankan Bisnis

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah mempelajari situasi dan keadaan saat terjadi pandemi seperti ini. Banyak orang mengeluarkan mereka tidak dapat keuntungan karena wabah pandemi. Akan tetapi sebenarnya mereka tidak mampu mempelajari situasi dan menerapkannya di dalam bisnis yang dikelola.

Apabila anda mampu mempelajari situasi, sebenarnya masih ada peluang yang cukup menjanjikan untuk tetap berbisnis. Dalam situasi yang mengharuskan orang tetap di rumah, seharusnya kita bisa menjadi solusi bagi mereka. Peluang seperti ini mungkin bisa dimanfaatkan untuk berjualan secara online atau menawarkan jasa lain.

Dengan mengamati situasi anda juga dapat menentukan tindakan yang menguntungkan ketika pandemi ini berakhir. Banyak orang yang putus asa dan menghentikan kegiatan bisnis mereka. Tetapi jika kita melihat peluang lebih jauh ini merupakan pujian terhadap Belanda Apakah mampu bertahan dan mendapatkan keuntungan setelah berakhirnya pandemi atau bangkrut.

Jika memang bisnis anda tidak mampu bertahan, tetapi jika mampu mencermati situasi maka anda mampu membuka bisnis lainnya. Misalnya, dalam bisnis kosmetik tentu akan mengalami penurunan pembeli, akan tetapi mereka dapat mengubah situasi menjadi lebih menguntungkan dengan membuat sabun cuci tangan antiseptik.

Mempertahan Bisnis dengan Mengamankan Aset yang Penting

Mempertahankan Usaha
Mempertahankan Bisnis

Jika memang tekanan terhadap bisnis Anda semakin berat, maka langkah yang terbaik adalah mengamankan diri Anda, keluarga, karyawan dan juga ada di dalam perusahaan. Aset perusahaan bukan hanya soal materi dan barang-barang saja, banyak orang melupakan jika loyalitas karyawan adalah aset berharga juga.

Karena itu, agar bisnis anda bisa berkembang lagi setelah wabah pandemi berakhir adalah dengan menjaga loyalitas karyawan. Jika memang terpaksa perusahaan anda harus memangkas biaya operasional dan menyederhanakan operasional, berikanlah tunjangan kepada karyawan yang terkena dampaknya.

Atau juga anda dapat memberikan kontrol kepada karyawan untuk bekerja dari rumah, dengan catatan pemotongan biaya tunjangan, transportasi, tunjangan makan dan lainnya sebagainya. Sampaikanlah kepada mereka dengan cara yang baik, jika perusahaan anda sedang mengalami tekanan dan tidak bisa berbuat banyak.

Tindakan yang cukup buruk adalah mengamputasi bagian dari perusahaan anda dengan alasan menghemat biaya operasional. Hal itu akan terasa berat bagi anda dan karyawan yang bersangkutan. Cara terbaiknya anda dapat menonaktifkan sebagian operasional dalam jangka waktu tertentu untuk mempelajari situasi dan keadaan.

Mempertahan Bisnis dengan Memastikan Konsumen Tetap Setia

Mempertahankan Usaha
Mempertahankan Bisnis

Masyarakat sangat terbebani dengan keadaan demikian dan mungkin mereka tidak dapat melakukan transaksi dengan bisnis anda secara normal. Akan tetapi tidak menjadi masalh jika mereka meninggalkan bisnis anda dalam waktu sementara hingga pandemi berakhir. Hal buruk yang mungkin saja terjadi adalh jika mereka meninggalkan bisnis anda untuk selamanya.

Karena itulah anda perlu berkomunikasi dan menjalin ikatan dengan banyak konsumen sebelum mereka benar-benar meninggalkan anda. langkah terbaiknya adalah dengan memberikan mereka perhatian, seperti mengirimi mereka konten kesehatan, konten tips, bisnis dan lainnya saat situasi seperti sekarang.

Diharapkan komunikasi terus berjalan dengan menjalin hubungan terus-menerus sehingga konsumen bisnis anda hanya pergi sementara. Saat sekarang mungkin anda jangan memikirkan keuntungan dan benefit terlebih dahulu, karena memang semua masyarakat sedang mengalami krisi yang cukup berat.

Memikirkan Jalan Alternatif

Mempertahankan Bisnis
Mempertahankan Bisnis

Setelah melihat situasi dan peluang yang ada, sekarang saatnya anda mengambil langkah alternatif. Anda dapat mengubah cara promosi, produksi dan pendistribusian untuk menyesuaikan keadaan. Ketika banyak orang memilih untuk diam di rumah, maka saatnya anda mengubah cara promosi ke dalam dunia digital.

Begitupun terkait pendistribusian dapat dilakukan dengan menggunakan jasa kurir yang masih tersedia atau menyediakan jasa pengiriman sendiri.

Penutup

Demikian informasi tentang bagaimana cara mensiasati dan mempertahankan bisnis ketika wabah pandemi seperti ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda yang sedang bingung untuk mempertahan bisnis.

Silahkan share kepada teman dan keluarga anda yang mungkin membutuhkan informasi ini. Baca juga artikel lain terkait Pertahankan Bisnis Anda dengan 5 Cara Berikut