,

Memulai Usaha Dengan Brand Identity, Apa Itu dan Apa Manfaatnya?

by -6 views
Memulai Usaha Dengan Brand Identity, Apa Itu Dan Apa Manfaatnya?

Memulai usaha memang membutuhkan rencana dan strategi yang tepat. Salah satu kunci sukses di dalam berbisnis adalah memahami apa yang dipikirkan orang terhadap bisnis kita.

Kita ambil contoh, bagaimana cara anda mengenali seseorang? Apakah hanya dari cara dia berpakaian, postur tubuh, suara atau bahkan warna rambut? Nah begitu pula dengan bisnis, hampir tidak jauh berbeda dengan di atas.

Itulah mengapa ketika ingin memulai usaha anda perlu memikirkan pentingnya brand identity untuk keberlangsungan bisnis.

Lalu apa yang sebenarnya dimaksud brand identity serta apa manfaatnya? Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca pembahasan dibawah ini hingga selesai.

Memulai Usaha : Apa Itu Brand Identity?

Secara singkat kita dapat mengartikan brand identity merupakan hal-hal atau elemen yang dilihat oleh calon konsumen dari sebuah produk atau merek. Misalnya terkait desain, logo, warna, bagaimana gaya tulisan serta lain-lain.

Nah semua elemen yang terlihat oleh mata tersebut adalah hal yang dipergunakan supaya calon konsumen dapat mengidentifikasi bisnis yang anda miliki.

Sebagai contoh, yaitu provider Telkomsel memiliki logo yang sangat familiar serta warna merah yang mencolok. Ketika kita bicara provider yang berwarna merah, pastinya kita akan tertuju dengan perusahaan Telkomsel.

Nah itu yang di maksud dengan identity. Dimana seseorang dapat dengan mudah mengidentifikasi sebuah produk perusahaan hanya dari hal-hal yang terlihat oleh mata.

Memulai Usaha : Apa Manfaat Membangun Brand Identity

Cara Sukses Memulai Usaha Dengan Menentukan Harga Jual Yang Tepat
Cara Sukses Memulai Usaha Dengan Menentukan Harga Jual Yang Tepat

Di atas kita telah membahas sedikit mengenai pengertian brand identity. Lalu apa manfaat dari membangun identitas brand untuk keberlangsungan bisnis?

1. Meningkatkan brand awareness

Brand awareness atau kesadaran terkait brand sangatlah penting dan perlu diperhatikan karena ini menyangkut bisnis untuk jangka panjang. Dengan konsisten menyebarkan kesadaran brand, maka pelanggan dapat familiar serta dengan mudah mengenali brand anda.

Karena untuk memasarkan produk ada beberapa tahap yang perlu dilalui, mulai dari tahap awal yaitu fase perkenalan hingga fase terakhir yaitu kesadaran.

Hal ini dapat dilakukan jika anda mampu membangun identitas brand yang khas, unik serta dapat dengan mudah untuk diingat.

2. Menjadi hal yang dipersaingkan dengan kompetitor

Brand identity ini dapat dimanfaatkan untuk segala model promosi saat memulai usaha. Anda dapat memanfaatkannya untuk segala hal agar terbentuk warna atau kesadaran yang kuat terhadap brand.

Kita ambil contoh misalnya anda membuat desain web yang unik dan khas, atau menyediakan merchandise serta souvenir dengan menggunakan brand identity. Intinya adalah anda perlu memperlihatkan identitas kepada semua konsumen di semua layanan ataupun produk yang ditawarkan.

4. Dapat menjadi sarana untuk memperoleh pelanggan yang loyal

Membangun basis pelanggan yang loyal sangatlah penting dibanding mencari pelanggan baru. Nah jika anda telah mempunyai brand awareness yang sangat kuat, kemungkinan untuk dapat membangun basis pelanggan akan semakin besar.

Karena dengan brand awareness anda akan mendapatkan anggapan bahwa produk yang dijual dapat diandalkan, produk serta layanan dianggap lebih memuaskan, dinilai berkualitas baik, dan lain sebagainya.

5. Memulai Usaha Menjadi Lebih Gampang Ketika Membuka cabang bisnis baru

Karena brand identity telah dikenal banyak orang, baik itu offline atau online, maka untuk melakukan ekspansi atau memulai usaha dengan membuka cabang bisnis baru akan lebih mudah diterima oleh pasar.

Terlebih sekarang anda dapat memanfaatkan fasilitas online untuk bisa menyentuh calon konsumen yang lebih luas. Jika nantinya anda berencana untuk membuka cabang baru, maka untuk marketingnya tidak diperlukan tenaga yang ekstra.

Penutup

Pembahasan tentang apa itu brand identity serta manfaatnya telah kita bahas di atas agar anda dapat memulai usaha dan menyusun strategi yang tepat. Baca juga pembahasan terkait 5 cara membangun brand identity di sini.