, ,

Bagaimana Cara Membeli Produk Barang dari Luar Negeri?

by -7 views
Impor Barang
Impor Barang

Ada banyak alasan mengapa orang memilih mencari produk dari luar negeri, baik karena harganya yang murah atau pun memiliki kualitas yang lebih baik. Nah anda pun jika ingin membuka usaha atau toko bisa menyetok persediaan produk dari luar negeri. Karena dari luar negeri anda dapat mencari berbagai macam barang yang tidak ada di Indonesia.

Terlebih dengan adanya teknologi, membuat orang lebih mudah untuk melakukan impor. Lalu bagaimana cara membeli produk dari luar negeri? Simak informasinya berikut ini:

Jastip – Jasa Titip

Impor Barang
Impor Barang

Salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan produk dari luar negeri adalah menggunakan jasa jasa titip. Sesuai dengan namanya, cara ini mengharuskan anda bekerjasama dengan pihak lain untuk membelikan barang yang diinginkan. Misalnya ketika ada orang yang bepergian ke China, nah anda dapat meminta ke orang tersebut untuk membelikan barang dengan imbalan tertentu.

Dengan cara ini juga membuat anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara melakukan pembayaran, cara pengiriman, pajak dan lain sebagainya. Nantinya anda bisa menerima produk titipan ketika si jastip sampai ke Indonesia. Akan tetapi kekurangan jastip adalah tidak bisa membeli barang-barang yang terlalu mahal dan barang dengan jumlah besar.

Selain itu anda pun harus bisa menentukan jastip yang memang bisa dipercaya supaya bisa membelikan produk yang diinginkan. Tidak ada salahnya anda membayar terlebih dahulu semua produk yang diperlukan.

Belanja di E-Commerce Luar Negeri

Mencari Produk - Tips Impor
Mencari Produk – Tips Impor

Cara mudah lain yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan produk dari luar negeri adalah dengan membeli barang melalui ecommerce. Jika anda pernah belanja di ecommerce Indonesia, biasanya tidak akan mengalami kesulitan yang berarti ketika membeli produk dari marketplace luar negeri karena memang sistemnya hampir sama.

Anda dapat berbelanja di ecommerce besar seperti Amazon, AliExpres, Alibaba, eBay, dan lain sebagainya. Di sana anda dapat membeli produk dengan jumlah sedikit atau banyak sekalipun. Bahkan anda bisa membeli produk dengan jumlah hitungan kontainer dan bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Menggunakan Pembayaran yang Diinginkan

Impor Barang
Impor Barang

Ketika anda telah menemukan barang yang ingin dibeli, selanjutnya adalah pelukan pembayaran. Akan tetapi ini sedikit berbeda dengan e Commerce di dalam negeri, anda tidak akan menemukan metode pembayaran via bank transfer. Bisnis ecommerce besar tersebut akan memberikan fasilitas pembayaran melalui PayPal dan kartu kredit.

Sedikit tips jika anda menggunakan metode pembayaran kartu kredit, anda harus benar-benar berhati-hati. Pastikan ketika anda menuliskan data kartu kredit, URL situsnya harus didahului https://. Nah huruf “S” yang ada di awal alamat situs menunjukkan jika web tersebut dilindungi dengan keamanan SSL.

Tetapi bagaimana jika anda tidak mempunyai kartu kredit? Sulitnya adalah menggunakan Virtual Account yang sudah tersedia di beberapa bank besar Indonesia. virtual account adalah layanan kartu debit yang bisa digunakan untuk menggantikan kartu kredit. Baca ulasan ini di berbagai forum internet lain.

Memilih Jasa Pengirim

Mencari Produk dari Luar Negeri
Mencari Produk dari Luar Negeri

Tahap selanjutnya adalah memilih jasa pengirim barang, anda dapat menggunakan jasa kirim terpercaya seperti DHL, FedeX, USPS hingga pos Indonesia. untuk harganya mungkin akan berbeda-beda, tergantung jarak dan layanan pengirim yang anda pilih. Ya tentunya anda harus menyadari jika membeli produk dari luar negeri akan membutuhkan waktu pengiriman yang lebih lama dan biaya yang mahal.

Selain itu anda juga dapat menggunakan jasa forwarding yang bisa digunakan untuk mengirim produk dengan jumlah besar hingga hitungan kontainer. Anda bisa memilih jalur laut atau udara. Silahkan cari jasa forwarding terpercaya melalui forum-forum internet.

Memahami Perpajakan Indonesia

Mencari Produk dari Luar Negeri
Mencari Produk dari Luar Negeri

Tahap terakhir adalah membayar pajak produk yang anda beli. Disini anda harus memahami bagaimana sistem dan pembayaran Bea Cukai. Seperti diketahui jika produk yang masuk ke Indonesia jika melebihi nilai USD 75 maka akan dibebani pajak. Jika anda tidak mempunyai NPWP akan dikenakan pajak hingga 20%, dan jika mempunyai NPWP hanya dikenai pajak 10%. Anda dapat menghitung biaya impor di CEISA Mobile di ponsel.

Penutup

Nah demikianlah informasi tentang cara mencari produk dari luar negeri untuk dijual kembali di Indonesia. pelajari hal-hal lain agar proses impor berjalan dengan baik dan tidak terjadi kendala yang berarti. Baca juga artikel lain tentang  7 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi