,

Jenis-Jenis Supplier dan Apa Fungsinya

by -6 views
mencari supplier produk
Mencari supplier produk

Sebelum mencari supplier produk tentu anda harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian supplier dan fungsinya di dalam sebuah bisnis. Karena memang supplier memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang bisnis yang Anda kelola.

Nah pada kesempatan ini kita akan membahas tentang fungsi supplier dan jenis-jenisnya. Untuk lebih jelas Anda bisa menyimak pembahasan ini hingga selesai.

Fungsi Supplier

Mencari supplier produk
Mencari supplier produk

Salah satu bagian penting di dalam berbisnis tentunya adalah supplier. Supplier memiliki hubungan yang erat terhadap bisnis apapun, hal itu karena memang supplier merupakan bagian awal dari rantai produksi.

Supplier biasanya memasok bahan mentah kepada perusahaan tertentu. Adapun bisnis yang sangat identik dengan supplier adalah perusahaan manufaktur. Karena memang perusahaan tersebut membutuhkan bahan mentah untuk diolah kembali menjadi produk tertentu.

Supplier sendiri memiliki fungsi yang cukup banyak, yaitu sebagai berikut:

  • Supplier akan memastikan ketersediaan bahan mentah yang akan dikirim ke perusahaan untuk diolah kembali menjadi produk tertentu
  • Memastikan jika bahan baku memiliki kualitas yang terjaga
    Supplier juga berfungsi untuk memastikan kondisi bahan mentah dalam keadaan baik ketika diterima oleh pembeli
  • Sebelum dikirim ke pembeli Supplier harus menyimpan bahan baku dan mengelolanya
  • Supplier bertanggung jawab atas pengiriman bahan baku kepada pembeli

Dengan begitu maka fungsi dan tugas pemasok adalah menjamin ketersediaan stok agar bisa diolah kembali menjadi produk tertentu. Karenanya supplier harus teliti di dalam perhitungan jumlah, kualitas bahan dan lain sebagainya.

Sebagai supplier mereka perlu memperhatikan segala hal secara teliti dan menghindari kesalahan perhitungank. Karena itu mereka perlu memanfaatkan teknologi untuk mengatasi hal tersebut.

Apa Saja Jenis-Jenis?

Mencari supplier produk
Mencari supplier produk

Pemasok atau supplier bukan hanya nya terkait bahan baku mentah. Sebenarnya ada dua jenis supplier di dalam dunia bisnis, berikut informasinya:

  • Supplier Barang

Sesuai dengan namanya, definisi supplier barang adalah mereka yang bertugas untuk memasok barang kebutuhan tertentu. Barang tersebut merupakan bahan baku mentah yang kemudian akan diolah menjadi produk oleh perusahaan lain. Mereka menjual produk bahan baku mentah untuk skala perusahaan ataupun perorangan.

Misalnya pemasok tepung terigu, maka pemasok barang bertugas untuk menyiapkan dan memastikan produk tersebut bisa dibeli oleh orang ataupun perusahaan. Barang mentah tersebut kemudian akan diolah menjadi produk lain untuk dijual kembali.

  • Pemasok Jasa

Fungsi pemasok jasa hampir sama dengan pemasok barang hanya saja supplier ini tidak bertugas mengirimkan bahan baku mentah. Pemasok jasa bertugas memberikan barang yang tidak memiliki wujud. Misalnya pemasok jasa di bidang teknologi, nah perusahaan ini bisa saja menjual layanan atau lain sebagainya.

Apa Perbedaan Supplier dan Distributor?

Tahapan pengelolaan gudang
Mencari supplier produk

Setelah membaca ulasan di atas kita bisa menyimpulkan jika supplier dan distributor itu memiliki perbedaan. Orang-oran masih banyak yang bingung membedakan antara supplier, reseller, dropshipper ataupun distributor.

Jika kita artikan distributor adalah mereka yang bertugas menyuplai produk yang sudah jadi. Produk tersebut biasanya mereka dapatkan dari perusahaan lain yang membuatnya. Biasanya mereka akan menjual produk secara retail atau bisa menjualnya secara langsung.

Adapun supplier, mereka bertugas untuk menyiapkan bahan baku mentah dan menjualnya kepada perusahaan tertentu. Perusahaan tersebutlah yang kemudian akan mengolah bahan mentah menjadi produk untuk dijual kembali.

Jika anda memiliki perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur tentu harus mencari supplier yang tepat dan bisa diajak bekerja sama. Anda harus memastikan jika supplier tersebut menawarkan produk berkualitas dan harga yang bersaing.

Anda harus menjaga hubungan baik dengan supplier untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari mereka. Dengan adanya hubungan yang baik dengan supplier anda akan dimudahkan untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas dan tentunya bisa mendapatkan harga miring.

Penutup

Demikian informasi tentang fungsi dan apa pentingnya supplier di dalam sebuah bisnis. Sebelum mencari supplier produk yang tepat Anda harus memperhatikan beberapa hal penting yang telah disebutkan di atas.

Di zaman yang sangat terbuka ini tentu anda bisa dengan mudah menemukan supplier berkualitas. Selain itu anda pun bisa membandingkan supplier supplier untuk mendapatkan bahan baku yang sesuai dengan keinginan. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga pembahasan lain terkait Cara Pengadaan Produk Secara Efisien agar Bisnis Berkembang