, ,

Kiat-kiat Menjadi Pengusaha Muda Sejak Mahasiswa di Bidang Kuliner

by -7 views
Menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa

Kuliah adalah jenjang terakhir bangku sekolah yang pastinya memerlukan banyak pengeluaran di luar biaya pokok. Tugas menanti di sana-sini. Pun dengan biaya transportasi yang jebol juga bisa memicu diri untuk memiliki uang saku lebih dari yang diberikan orang tua. 

Sudah hal yang lazim jika banyak pelajar, terutama mahasiswa yang memulai bisnis pihak ketiga atau yang sering disebut dengan reseller. Tapi, apakah kamu cukup hanya dengan menawarkan produk orang lain saja? Jika ada hal yang bisa memberi keuntungan lebih daripada itu, kenapa tidak dicoba? 

Ketika modal sudah dirasa cukup, ada baiknya jika kamu mulai berpikir lebih luas dan menjadikan bisnis itu sebagai salah satu mata pencaharian di masa depan. Terkadang, tidak selamanya gelar yang kita capai semasa kuliah bisa dijamin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Sebenarnya cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa itu mudah selama kamu yakin dan tekun dalam berusaha.

Siapapun Bisa Menjadi Pengusaha Sejak Mahasiswa

Menjad Pengusaha sejak mahasiswa
Foto: Pexels

Menjadi seorang pebisnis itu tak pernah mengenal usia, pangkat, dan status. Siapapun berhak mengambil peluang bisnis sekalipun kamu masih muda dan menjadi seorang mahasiswa. Banyak pengusaha muda yang sukses sedari kuliah. Mungkin sekarang adalah giliranmu. 

Lantas, bagaimana sih cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa? Tentu, caranya pun beragam. Bisnis untuk mahasiswa tidak hanya terpatok pada satu bidang saja. Bahkan, kamu bisa melakukan pekerjaan lain dahulu untuk mengumpulkan modal supaya menjadi pengusaha muda bisa tercapai. Perbanyaklah pengalaman berbisnis yang pasti akan sangat berguna di masa depan.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh, seperti bisnis kuliner atau fashion. Nah, untuk kuliner sendiri bagi setiap orang tidak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada pembahasan mengenai makanan enak dan digandrungi para kaum dari berbagai macam usia. Kesempatan ini bisa kamu ambil untuk menjadi pebisnis. Selain peluangnya besar, modal yang dikeluarkan pun relatif sedikit dan bersahabat di kantong mahasiswa.

Ada 3 langkah cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa di bidang kuliner. Penasaran apa saja itu, kan? Simak lengkap artikel berikut ini, ya!

3 Langkah Tepat Memulai Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa

Pengusaha Sejak Mahasiswa
Foto: Pexels
  1. Tentukan produk makanan yang akan dijual

Sebelum memutuskan untuk berbisnis di bidang kuliner, ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu mengenai makanan yang unik, enak serta banyak diminati pelanggan. Kalau kamu ingin menjualnya secara online, kamu bisa memilih produk makanan kering yang tidak mudah basi agar dapat dengan mudah dikirim ke berbagai daerah di Indonesia.

Makanan ini bisa kamu buat sendiri dengan modal yang tidak terlalu besar. Misalnya, aneka keripik dan makanan ringan lainnya. Bisa juga dimulai dengan makanan ‘merakyat’ dan harga yang relatif lebih murah.

Untuk mendapatkan pangsa pasar yang baru serta berbeda dari yang lain, pastikan kamu menciptakan inovasi dalam bidang kuliner ini. Misalnya saja kamu membuat kue kering atau keripik tempe dengan variasi macam rasa yang berbeda dari kompetitor. 

  1. Tentukan target pasar

Untuk permulaan, kamu bisa menjualnya secara langsung dengan menawarkannya pada teman atau mahasiswa lain di kampus. Selain itu, kamu juga bisa menitipkan barang dagangan di kantin atau warung-warung terdekat. Segala macam usaha memang harus dimulai dari nol. Hilangkan rasa gengsi dan malu, maka kamu bisa sukses sedari dini.

  1. Mulailah merambah dunia maya

Usahamu jangan berhenti di point dua saja. Mulailah untuk mendalami jualan online di sosial media. Manfaatkan Facebook dan Instagram untuk promosi produkmu. Kreasikan tampilan produk sebaik mungkin dan postinglah dengan memakai kalimat marketing yang bisa menarik perhatian calon konsumen.

Itulah 3 langkah yang tepat memulai bisnis kuliner sebagai salah satu cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa. Selain kuliner, ada berbagai macam bisnis untuk mahasiswa, tergantung keahlian mana yang kamu kuasai. Tekadkanlah niat, maka kamu akan menjadi seorang pebisnis yang nyata. Langkah ini juga bisa diterapkan pada bisnis di bidang lain.

Tak jarang selalu ada kisah keluhan yang berhenti di tengah jalan karena dagangan tidak laku, promosi tidak ada yang merespons, atau bahkan dagangan yang sudah terlalu banyak penjualnya. Lelah itu pasti, tapi kamu harus tanamkan dalam diri bahwa kamu ingin menjadi pengusaha muda.

Jika dengan satu rintangan itu kamu sudah menyerah, bagaimana dengan rintangan yang lebih berat lainnya? Percayalah, semua pengusaha memulainya dari nol, tentu saja akan ada banyak rintangan yang menjadi bumbu penyedap dan mengantarmu pada kesuksesan.

Ingatlah satu prinsip ini, “Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil“! Kamu hanya harus percaya pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa melakukannya. Ada banyak cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa. Yuk mulai rintis! Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Jangan siakan waktumu. Semangat muda dan salam sukses!