7 Pelajaran Bisnis dari Miliarder Jack Ma yang Bisa Jadi Panduan

by -12 views
Pengusaha Muda Sukses
Foto: GettyImages

Siapa yang tidak kenal miliarder Jack Ma, sosok pengusaha sukses dari Cina satu ini memang terkenal ulet dan pekerja keras untuk memperoleh apa yang telah dia dapatkan sekarang.

Dia adalah pria memiliki kewarganegaraan Cina lahir pada 10 September 1964. Dengan perusahaannya Alibaba Group, Jack Ma telah mengalami berbagai rintangan dan cobaan hingga sekarang perusahaannya berada di puncak tertinggi bisnis perekonomian dunia.

Ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari perjalanan hidup serta bisnis sang miliarder Jack Ma. Karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa pelajaran bisnis yang bisa menjadi panduan kita untuk membangun. Berikut pembahasannya untuk Anda:

Pelajaran Bisnis dari Miliarder Jack Ma

Miliarder Jack Ma
Foto: Flickr

1. Jangan pernah berhenti mencari peluang seluas-luasnya

Untuk mereka yang telah gagal sebenarnya mereka hanya bermalas-malasan mencari peluang, padahal ada banyak peluang di sekitar kita.

Cobalah untuk melihat ke segala penjuru kemudian kumpulkan peluang yang mungkin bisa Anda kerjakan satu persatu. Pertimbangkanlah semua peluang tersebut mana yang memiliki kemungkinan besar untuk dapat Anda kerjakan serta meraih kesuksesan.

Bahkan sebenarnya peluang itu sangat dekat, Anda tidak perlu mencari jauh-jauh peluang bisnis apa yang cocok. Cobalah mencari persoalan di sekeliling Anda, misalnya keresahan masyarakat terkait tidak adanya transportasi, tidak dapat mengakses komunikasi, atau lain sebagainya. Tentu hal itu adalah peluang yang sangat potensial untuk dijadikan bisnis.

2. Jangan menyia-nyiakan setiap peluang usaha yang ada

Manfaatkanlah sekuat tenaga, sekecil atau sebesar apapun peluang yang muncul di hadapan Anda. Pegang erat peluang tersebut, jangan mendiskriminasikan peluang kecil. Bisa jadi peluang kecil tersebut lah yang dapat Anda kembangkan hingga menjadi sesuatu yang besar.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Jack Ma ketika membangun perusahaan Alibaba pada tahun-tahun awal di mana pertumbuhan internet masih sangat minim. Akan tetapi dia terus berusaha dan menganggap jika hal itu merupakan peluang yang sangat menguntungkan untuk masa depan.

3. Bertindak cepat

Cepat di sini bukan berarti Anda mengerjakan segala sesuat secara terburu-buru. Melainkan, Anda perlu cepat mengambil tindakan untuk menangkap peluang bisnis ataupun cepat untuk bangkit jika mengalami kegagalan.

Barangkali pulang usaha tidak akan pernah datang dua kali dalam hidup Anda, ataupun ketika Anda jatuh tanpa bertindak cepat, Anda dapat benar-benar terperosok ke dasar jurang.

4. Mengambil kesempatan di masa muda

Ada sebuah perkataan dari Jack Ma “jika Anda tidak kaya pada usia 35 tahun maka Anda telah menyia-nyiakan kesempatan di masa muda”.

Memanfaatkan masa muda adalah hal yang sangat penting bagi setiap pebisnis yang ingin sukses. Ketika muda Anda memiliki berbagai ide cemerlang serta kekuatan untuk mengeksekusi ide-ide tersebut.

5. Memegang erat Ambisi

Pebisnis yang ingin sukses di era sekarang haruslah memegang prinsip ala miliarder Jack Ma, yaitu memegang erat ambisi. Cobalah untuk tetap fokus dengan tujuan, bergerak ke satu arah serta jangan pernah melepaskan ambisi.

Akan tetapi bukan berarti Anda mengesampingkan saran yang diberikan orang lain, karena pada akhirnya Anda tetap harus berpikir cerdas.

6. Berani mengambil keputusan

Miliarder Jack Ma dalam mendirikan perusahaan Alibaba Group ia mengawalinya dengan keberanian mengambil tindakan yang tidak dipikirkan orang lain.

Mengapa Anda harus berani mengambil tindakan? Karena hal itu membutuhkan pengorbanan, baik itu tenaga, harta dan pastinya waktu. Beranilah untuk mengambil keputusan dan mengorbankan berbagai hal tersebut.

7. Jangan menggantungkan segala sesuatu pada diri Anda.

Cobalah untuk membangun anggota tim yang solid, ini merupakan salah satu cara agar bisnis Anda tidak tergantung pada diri Anda sendiri. Bisnis harus tetap berjalan walaupun Anda tidak berada di dalamnya.

Dengan begitu Anda dapat mengembangkan bisnis lain tanpa mengorbankan bisnis sebelumnya yang telah Anda bangun.

8. Merekrut pegawai yang lebih ahli dari Anda.

Merekrut pegawai yang tidak lebih ahli dari seorang pemimpin atau bosnya merupakan tindakan yang salah. Sebagai pemimpin tentunya Anda memang harus mengerti gambaran besar bisnis yang dikelola.

Akan tetapi untuk menjalankan segala aspek dari bisnis tersebut tentunya Anda harus mempekerjakan pegawai yang lebih ahli daripada Anda sendiri.

Kesimpulan

Miliarder Jack Ma memang memiliki kisah perjalanan hidup yang luar biasa dan bisa kita jadikan sebagai inspirasi. Cobalah untuk membaca lebih dalam terkait biografi Jack Ma guna memahami bagaimana prinsip hidupnya. Hanya ambil segala sisi positif yang dia miliki.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait dunia bisnis. Baca juga pembahasan lain terkait 3+ Cara Melakukan Bisnis Importir Barang dari China