Modal 10 Juta, Begini Langkah-Langkah Memulai Peluang Bisnis Laundry Kiloan 

by -6 views
peluang usaha laundry
peluang usaha laundry

Salah satu peluang usaha yang sekarang menjanjikan keuntungan besar adalah bisnis laundry kiloan. Terlebih jika anda tinggal di kota yang padat penduduk, bisnis laundry akan laris dan dicari oleh banyak orang. Peluang ini masih sangat terbuka luas untuk Anda yang masih bingung ingin memulai bisnis apa.

Nah pada pembahasan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara memulai laundry kiloan. Siapa tahu anda tertarik untuk mencobanya dan mendapatkan keuntungan besar.

Tahapan Memulai Peluang Usaha Laundry Kiloan

peluang usaha laundry
peluang usaha laundry

Untuk membuka usaha laundry kiloan, anda hanya perlu menyiapkan modal tidak lebih 10 juta saja. Tentu modal tersebut terbilang kecil dibandingkan dengan usaha lain yang butuh model besar. Berikut ini hal-hal yang harus anda lakukan untuk memulai bisnis laundry:

1. Lakukan Riset Lokasi 

Hal yang pertama yang perlu dilakukan sebelum anda memulai bisnis laundry adalah mengetahui apakah lokasi anda cocok untuk membuka usaha laundry atau tidak. Usaha laundry sangat cocok di lingkungan yang padat penduduk, banyak kos-kosan, kontrakan ataupun wanita karir. Hal-hal tersebut sangat menentukan keberhasilan bisnis laundry yang ingin Anda jalankan. 

Anda juga perlu mempelajari bagaimana gaya hidup mereka. Dengan mempelajari gaya hidup orang di sekitar, anda bisa menentukan target pasar serta harga mencuci pakaian.

2. Menyiapkan Peralatan yang Dibutuhkan 

Membuka peluang usaha laundry pastinya membutuhkan peralatan yang memadai. Peralatan yang harus disiapkan antara lain ialah: 

  • Mesin cuci
  • Pengering pakaian 
  • Keranjang pakaian 
  • Setrika pakaian 
  • Gantungan pakaian 
  • Plastik untuk wadah pakaian 
  • Pewangi 
  • Timbangan 
  • Rak dan lain sebagainya 

Dengan mencatat peralatan serta kebutuhan maka anda bisa menghindari pembelian alat-alat yang tidak diperlukan. Buatlah daftar apa saja yang ingin anda beli serta perhitung kan budget pembeliannya. 

3. Mempelajari Teknik Mencuci dan Menyetrika 

Membuka peluang bisnis laundry tentu anda harus menguasai bagaimana cara mencuci yang cepat dan benar serta teknik menyetrika pakaian. Tentu ini tidak boleh sembarangan mengingat pakaian yang akan anda cuci mungkin memiliki nilai harga yang mahal. Anda harus memberikan pelayanan terbaik dan hasil yang memuaskan. 

Jika pelanggan Anda kecewa maka mereka akan meninggalkan bisnis anda dan mencari tempat lain. Karena itu sebagai penyedia jasa cuci perlu mempelajari teknik mencuci dan menyetrika yang benar agar tidak merusak pakaian orang. 

4. Menentukan Nama dan Logo Peluang Usaha Laundry 

Membuka usaha laundry tentu mengharuskan anda memberikan nama serta logo yang mudah diingat oleh orang. Apabila orang telah mengenali jasa laundry anda melalui logo ataupun nama, maka ketika mereka ingin mencuci pakaian akan teringat dengan jasa laundry anda. Karena itu nama dan logo sangatlah penting untuk anda pikirkan. 

5. Memikirkan Jasa Pendukung Peluang Usaha

Jasa pendukung yang kami maksudkan adalah seperti jasa pengantaran ataupun jasa pengambilan. Ini cukup penting karena banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mengantar pakaian kotor nya atau juga tidak bisa mengambil pakaian yang sudah anda cuci.

Barangkali Anda harus menyediakan kendaraan ataupun asisten untuk melakukan tugas-tugas tersebut. Ini merupakan nilai tambah supaya bisnis anda lebih dilirik oleh orang.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara memulai peluang usaha laundry. Anda dapat memulai usaha ini dengan biaya tidak sampai 10 juta rupiah. Tentunya penggunaan biaya awal ini tergantung alat-alat yang anda pilih, semakin bagus peralatan yang dipilih tentu biayanya pun akan semakin mahal. 

Selain itu anda juga harus memikirkan cara promosi agar usaha laundry dikenal oleh banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat, dan baca juga ulasan tentang Untung Puluhan Juta, Peluang Usaha Ikan Patin Sangat Menjanjiikan