,

Modal Bisnis Food Truck dan Tips Suksesnya

by -4 views
Modal Bisnis Food Truck
Modal Bisnis Food Truck

Dengan terus berkembangnya tren kuliner di kota, membuat bisnis food truck memiliki prospek yang menguntungkan. Food truck sendiri adalah jenis bisnis atau usaha yang bergerak di bidang minuman dan makanan. Kegiatan tersebut dilakukan di dalam kendaraan besar yang disebut dengan truck.

Lalu bagaimana cara memulai serta berapa besaran modal berbisnis bisnis food truck? Lebih jelasnya Anda dapat membaca pembahasan ini hingga selesai:

Tips Sukses Memulai Bisnis Food Truck

Modal Bisnis Food Truck
Modal Bisnis Food Truck

Sebelum kita membahas tentang modal membangun bisnis food truck, Anda harus mengetahui beberapa tips suksesnya. Berikut pembahasannya:

  • Menentukan konsep, bisnis apapun tentunya memerlukan perencanaan konsep terbaik, begitupun dengan food truck yang ingin Anda buat. Carilah konsep menarik yang dapat dicari melalui internet.
  • Menentukan makanan dan minuman, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa dijual dengan food truck, akan tetapi Anda dapat menyesuaikan sendiri sesuai dengan selera. Misalnya menjual bakso, mie ayam, es krim, minuman boba dan lain sebagainya.
  • Menggunakan aplikasi kasir, agar memudahkan Anda dalam mengelola bisnis kuliner, gunakanlah aplikasi kasir yang tepat dan dapat menyederhanakan kegiatan bisnis.
  • Cari lahan, tidak hanya harus menyiapkan truck tetapi juga mencari lahan parkir yang cocok untuk bisnis kuliner. Misalnya di dekat perkantoran ataupun kampus yang di sana banyak orang lalu lalang.
  • Mendapatkan izin, agar bisnis kuliner Anda dipercayai oleh banyak orang maka usahakanlah untuk mendapatkan izin dari pihak terkait. Misalnya mendapatkan surat izin dari BPOM, surat Izin mengemudi, surat kepemilikan truck dan lain sebagainya.
  • Pemanfaatan media sosial, media sosial bukan hanya untuk membagikan momen-momen keseharian, tetapi Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk menjaring konsumen terhadap bisnis kuliner yang dikelola.
  • Terus mengembangakan bisnis kuliner truk, Anda harus memikirkan bagaimana kedepannya ketika bisnis sudah berkembang, misalnya perlu membuka cabang atau menerbangkan jenis kuliner yang dijual.

Besaran Modal Memulai Bisnis Food Truck

Modal Bisnis Food Truck
Modal Bisnis Food Truck

Membicarakan tentang modal membuka usaha kuliner truck ini memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda perlu menyiapkan modal untuk beberapa hal berikut ini:

  • Biaya Membeli Mobil Truck

Jika Anda tidak memiliki mobil pribadi berupa truk, artinya harus membeli truk baik yang baru ataupun second. Akan tetapi untuk mengehemat biaya Anda dapat membeli mobil second saja, seperti mobil bak pick up karena dapat dimodifikasi. Kisaran harga mobil pick up bekas sekitar 50 hingga 150 juta, hal itu tergantung dengan kondisi serta tahun pembuatannya.

  • Biaya Modifikasi Mobil

Tidak cukup hanya membeli mobil, Anda pun perlu memodifikasinya. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan daya tarik bisnis kuliner. Ini merupakan hal wajib ketika terjun di dalam bisnis kuliner.

Orang-orang tertarik melihat tampilan truck daripada makanan yang ditawarkan. Walaupun Anda perlu mengembangkan produk yang dijual sesuai dengan modifikasi mobil.

Untuk biaya modifikasi truck sendiri berkisar antara 15 hingga 50 juta, anggaran tersebut tentunya akan disesuai dengan modifikasi yang dipilih.

  • Membeli Peralatan Dapur

Modal selanjutnya yang harus dikeluarkan adalah menyiapkan peralatan-peralatan untuk mendukung bisnis kuliner truk. Misalnya Anda membuka bisnis food truck minuman kopi. Tentu yang perlu dipersiapkan adalah microwave, gelas atau cangkir, alat pengaduk, dan lain sebagainya.

Besaran biaya untuk membeli peralatan ini mulai dari 5 juta hingga 10 juta. Hal itu tergantung dengan bisnis dan peralatan yang dibutuhkan. Walaupun Anda memiliki peralatan dapur di rumah tentu hal itu tidak bisa digunakan karena truk atau mobil nantinya akan dibawa pergi kemana-mana.

Persiapkanlah peralatan dapur dengan baik agar bisnis Anda berjalan dengan lancar.

  • Menyiapkan Modal Operasional

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah menyiapkan modal operasional selama 6 hingga 12 bulan. Hal itu karena bisnis kuliner truck mungkin belum mendapatkan pasar yang tepat sehingga tidak memberikan keuntungan yang signifikan.

Anda perlu menyiapkan modal tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Biaya tersebut misalnya untuk gaji pegawai, membeli bensin, perawatan mobil, bayar lahan parkir dan lain sebagainya. Setidaknya Anda perlu menyiapkan modal 30 hingga 60 juta.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang bisnis food truck yang menjanjikan dan bisa Anda coba. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah ide bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Terima kasih dan baca juga pembahasan lain terkait 6 Ide Bisnis Kuliner Khas Indonesia yang Laku Dijual