, ,

Modal Usaha Catering Rumahan Di Bawah 1 Juta, Ini Cara Suksesnya

by -14 views
modal usaha catering rumahan
modal usaha catering rumahan

Salah satu modal usaha catering rumaha adalah dana untuk membeli bahan-bahan makanan. Maka banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana menjalankan usaha kecilan di rumah ini? Ternyata tak perlu modal besar untuk membuat usaha kecil menjanjikan yang satu ini.

modal usaha catering rumahan
Menghitung modal usaha catering rumahan

Menghitung Modal Usaha Catering Rumahan

Sebelum kamu memulai bisnis pastikan dulu kamu merencanakan dengan matang. Salah satunya tentu dengan mencari tahu modalnya. Jika kamu hanya punya modal tak sampai Rp 1 juta sebaiknya mulailah menjalankan catering rumahan.

Kamu bisa menerima pesanan seperti nasi box terlebih dahulu. Jangan terlalu ambisius membuat bisnis catering besar. Justru untung kecil ini akan membuat kamu jadi punya uang supaya melebarkan bisnis ke yang lebih besar. Mari kita hitung berapa modal usaha catering rumahan yang dibutuhkan.

Misalnya kamu bisa membuat menu catering yang mudah misalnya nasi, lauk dan sayur. Atau bisa melakukan inovasi kekinian dengan membuat bento anak atau ricebowl. Anggap saja kamu mematok harga Rp 20.000 per porsi. Lalu ada orang yang memesan sebanyak 50 porsi.

Berarti kamu akan mendapatkan potensi penghasilan sekitar Rp 1 juta. Lalu berapa modalnya? Hitunglah beras yang dibutuhkan 5 kilogram. Berarti kamu mengeluarkan kira-kira RP 45 ribu untuk nasi. Kemudian untuk sayuran mengeluarkan budget Rp 50 ribu.

Untuk ayam hitunglah per ekor dihargai Rp 30 ribu. Satu ekornya bisa untuk 5 porsi. Maka kamu cukup membeli 10 ekor alias Rp 300 ribu. Kemudian ditambah dengan bumbu dapur, minyak dan peralatan makan. Hitung saja kamu mengeluarkan uang Rp 250 ribu. Bila dihitung akan mengeluarkan modal Rp 650 ribu. Berarti setiap order kamu bisa mendapatkan Rp 350 ribu.

Bayangkan saja jika minimal kamu mendapatkan 1 order dengan porsi sama. Maka kamu akan mendapatkan untuk hingga Rp 9 juta setiap bulannya. Nah ternyata termasuk bisnis yang menjanjikan bukan?

modal usaha catering rumahan
Berbagai modal usaha catering rumahan

Modal Usaha Catering Rumahan Agar Sukses

Tak hanya soal uang, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk menjalankan usaha kecil menjanjikan ini. Sekarang banyak cara untuk melakukan promosi agar banyak yang pesan salah satunya menggunakan cara bisnis makanan online rumahan. Kekuatan media sosial bisa kamu gunakan dan pastinya beberapa cara berikut ini.

1.Melakukan riset

Modal usaha catering rumahan tak hanya soal rasa dan modal besar saja. Kamu harus mengetahui strategi pemasaran yang tepat. Hal ini kerap dilewatkan oleh banyak orang. Banyak yang langsung ingin berbisnis tanpa memikirkan lebih lanjut bagaimana mode bisnisnya.

Kamu bisa mengecek dari tingkat persaingan misalnya. Coba lihat sekitar kamu apakah ada bisnis serupa? Jika ada coba lihat apa yang jadi kekurangan dan kelebihannya. Kamu bisa melengkapi kekurangan dari bisnis lain sehingga bisa mengambil market yang tidak ia lengkapi.

Misalnya ternyata di sekitar kamu banyak sekolah. Mungkin orang lain sudah menyasar para orangtua yang mengantarkan anaknya ke sekolah. Tapi kamu bisa mencoba menawarkan ke guru sekolah. Biasanya mereka juga sering memesan catering rumahan untuk acara sekolah.

2.Cari supplier yang tepat

Saat memasak pastinya kamu membutuhkan supplier yang bisa memasok kebutuhan dasar makanan. Kamu harus pintar-pintar memilih supplier. Tidak hanya soal murah saja tapi juga kualitas. Kamu juga harus memilih supplier dengan bahan lengkap. Jadi saat dibutuhkan kapan saja ia bisa siap untuk menyiapkan kebutuhan catering.

3.Teknik pemasaran

Modal usaha catering rumahan ini sering tidak dimiliki banyak orang. Seenak apapun makanan jika tidak dipasarkan dengan baik pastinya tak ada gunanya. Kamu pastinya bisa memakai media sosial sebagai sarana promosi. Kamu bisa mengunggah foto menarik dari hasil masakan.

Jangan lupa sertakan testimoni pelanggan agar orang jadi yakin akan rasa dari masakan cateringmu. Selain itu, gunakan hastag misalnya #cateringrumahanjakarta atau langsung menuju menu makanan. Dengan begitu kamu akan mudah ditemukan oleh orang.

Tak hanya online saja, kamu juga bisa melakukan pemasaran secara offline.Kamu bisa mengirimkan tester makanan ke kantor, sekolah atau memang yang jadi target market. Kamu bisa mencetak flyer dan jangan lupa selipkan promosi sebagai sarana perkenalan. Ingat bahwa saat membangun bisnis jangan hanya mengejar keuntungan tapi bagaimana orang bisa mengenal bisnismu.