Anak Muda #Dirumahaja, Siapa Takut? Mulai Bisnis Yuk!

by -16 views

Semenjak badai virus corona mulai memasuki Indonesia, pemerintah menganjurkan supaya banyak dari kita yang diam #dirumahaja, baik itu anak-anak, orang tua, dan juga anak-anak muda. Sekolah dan perkuliahan diliburkan demi memutus mata rantai penularan virus. Sehingga semua tindakan belajar mengajar dilakukan online, yang mana banyak kasus hal ini tidak optimal. Akhirnya, banyak waktu luang yang dimiliki kebanyakan anak muda. Tempat nongkrong ditutup, organisasi di kampus berhenti sementara waktu, lantas, mau apalagi ya? Nah, jika kalian termasuk salah satu anak muda #dirumahaja, siapa takut, mulai bisnis yuk!

Persiapan Mulai Bisnis #Dirumahaja

Saat hendak memulai bisnis, tentu banyak pikiran yang hinggap di setiap kepala banyak orang. Terutama bagaimana caranya untuk mulai bisnis di rumah. Apa saja yang harus disiapkan? Sanggup atau tidak ya? Serta berjuta pertanyaan yang timbul sebelum memulai bisnis tersebut. Nah, jika ini menjadi pikiran kalian juga, yakinkan lebih dulu jika kalian bisa menjadi pengusaha muda sukses seperti kebanyakan orang yang lainnya. Asal memiliki tekat dan keyakinan, semua bisa dipelajari kok. Tidak ada yang sulit, yang dibutuhkan oleh pebisnis muda masa kini hanya sedikit modal sekaligus memahami persiapan ide bisnis yang harus dilakukan. Mau tahu lebih lanjut?

Ya, jika ingin sukses, sebaiknya persiapkan bisnis dengan matang. Mulai dari hal yang kecil dan detil hingga banyak hal besar lainnya. Tentu saja seorang pebisnis pemula masih bingung, bagaimana dan apa yang harus dilakukan supaya bisa memulai usaha dari rumah. Berikut ini beberapa poin penting yang sebaiknya disiapkan lebih dulu, supaya bisnis berjalan lancar, dan impian menjadi pengusaha muda bisa terlaksana.

  • Tentukan bisnis sesuai hobi, ini adalah hal penting yang mendasari bagaimana jika hendak mulai bisnis dari awal. Karena melaksanakan usaha tanpa didasari rasa suka bisa jadi tidak berlangsung lama. Oleh sebab itu pilih yang sesuai keinginan dan selera kalian masing-masing. Supaya nantinya bisa terwujud dengan baik dan berjalan cukup lama.
  • Persiapkan modal, jika berencana untuk melakukan bisnis yang memerlukan modal, maka pastikan untuk menghitung besarnya modal yang diperlukan sejak awal. Jangan sampai bisnis terhenti karena kekurangan suplai modal dan dana. Dengan merencanakan sejak awal, maka secara tidak langsung membantu untuk memastikan bisnis berjalan sesuai perhitungan dan ekspetasi.
  • Bekal tekat dan keyakinan, tanpa tekat serta rasa yakin yang kuat, maka seseorang tidak dapat memulai bisnisnya. Oleh karena itu sebelum memantapkan hati dan pikiran untuk menjalankan sebuah bisnis atau usaha, terlebih dahulu pastikan sudah memiliki tekat yang kuat. Tidak hanya itu saja, diperlukan keyakinan untuk meraih kesuksesan. Sehingga dalam perjalanan melakukan bisnis nantinya tidak mudah menyerah dan terus berusaha atau mencoba.
  • Pelajari bisnis lebih dulu, sebaiknya jangan asal atau gegabah. Ada baiknya melihat serta mempelajari ide bisnis yang akan dikembangkan lebih dulu. Ketahui kekuatan dan kelebihan bisnis yang akan dipilih. Selain itu juga pahami dimana letak kelemahannya, sehingga dalam perjalanan bisnis nanti bisa mengatasi kendala yang terjadi dan memusatkan pada kekuatan yang dimiliki.
  • Cari mentor bisnis, tidak ada salahnya mencoba untuk belajar dari orang lain yang sudah sukses lebih dulu. Tidak perlu muluk-muluk atau terlalu jauh, belajarlah pada orang terdekat. Misalnya orang tua atau teman dan kerabat. Mintalah petunjuk atau tips supaya sukses menjalankan bisnis yang dipilih. Pasti mereka akan dengan senang hati memberikannya.
ilustrasi bisnis baju online

Jenis Bisnis Online Yang Bisa Dipilih

Jika berbagai macam persiapan sudah dilakukan, kini saatnya untuk memilih mana jenis bisnis online yang paling cocok untuk dilakukan. Bagi yang belum paham benar, ada banyak pilihan bisnis online saat ini. Mulai dari yang sederhana hingga cukup rumit pelaksanaannya. Mulai dari yang tanpa modal, hingga membutuhkan modal dengan jumlah yang lumayan. Semua tergantung kesiapan kalian, mana yang paling cocok dan mana yang paling sesuai.

Sebagai pandangan, berikut ini beberapa jenis bisnis online ideal yang bisa dipilih bagi pebisnis muda yang ingin mulai bisnis di rumah saja.

  • Bisnis kue online, ini adalah jenis bisnis yang banyak dipilih oleh para wanita. Bagi yang hobi memasak dan mencoba resep baru, bisnis kue online bisa jadi pilihan menarik. Modalnya tidak terlalu banyak dan keuntungannya cukup besar. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk memulai jenis bisnis tersebut.
  • Bisnis baju online, model dan gaya fashion setiap harinya silih berganti. Hal ini yang membuat trend baju atau pakaian tidak pernah memudar. Jangan hanya larut di dalam trend saja, tetapi jadilah bagian darinya. Memulai bisnis jual beli pakaian hits atau yang sedang trend bisa dicoba. Misalnya dengan menjadi reseller atau dropshipper tanpa modal, nantinya jika sudah berkembang bisa saja meningkat menjadi agen, atau bahkan memiliki merek sendiri.
  • Bisnis kursus online, jika kalian hobi memberikan pengajaran, maka kursus online akhir-akhir ini juga cukup menjanjikan. Cobalah memulai dari cara yang paling mudah, misalnya bergabung dengan komunitas atau situs pengajaran tertentu. Jika sudah berpengalaman, maka kalian bisa membuka jasa sendiri.
  • Bisnis jasa editor, bisnis ini paling cocok bagi yang suka membuat editing video. Saat ini pembuat konten memang laris manis di pasaran. Di era sekarang ini memang media sosial dan berbagai macam media online seolah membius banyak orang. Tidak heran jika editor video dan konten adalah salah satu profesi yang banyak dicari orang.

Karakter Penunjang Mulai Bisnis

Menjalankan bisnis bukan hanya bermodal dana saja, tetapi di baliknya ada beberapa karakter yang disarankan untuk menjadi pengusaha muda sukses dari nol. Hanya saja banyak yang belum paham apa saja karakter yang sebaiknya dimiliki oleh para pebisnis muda tersebut. Nah, sebagai kisi-kisinya, berikut ini beberapa karakter pendukung kesuksesan bisnis. Dengan memiliki karakter ini, pasti kalian akan berhasil menjadi pengusaha muda yang sukses.

  • Sabar, suatu usaha tidak bisa berjalan tanpa kesabaran. Tidak ada yang berhasil hanya dengan sekali jalan. Oleh sebab itu tunggulah dengan sabar hingga apa yang dilakukan membuahkan hasil.
  • Ulet dan tekun, ini juga karakter penting yang harus dimiliki oleh para pengusaha pemula. Tentu saja keuletan dan ketekunan kalian tidak akan pernah berbohong. Dengan karakter tersebut, maka langkah menuju keberhasilan akan makin mudah untuk dicapai.
  • Pantang menyerah, ingat sekali lagi, tidak ad acara instan untuk sukses. Semua harus melalui masa-masa sulit dalam bisnis yang dijalankan. Oleh sebab itu jangan pernah berhenti mencoba dan tetap pantang untuk menyerah.
  • Jujur, ini adalah karakter utama yang dibutuhkan para konsumen. Dengan kejujuran otomatis bisnis akan makin banyak dikenal orang. Oleh sebab itu utamakan kejujuran dalam menjalankan bisnis, terutama bagi yang masih pemula dan perlu mengembangkan kredibilitas bisnisnya di mata banyak orang.
  • Konsisten, sebuah bisnis akan perlu yang namanya konsistensi. Oleh sebab itu hal ini perlu untuk terus dipertahankan. Dengan mencoba untuk selalu konsisten, maka secara tidak langsung bisnis yang dimulai bisa berjalan optimal. Bahkan bisa jadi cukup lama bertahan untuk memberikan banyak keuntungan.

Manfaat Media Sosial

Anak muda jaman sekarang, saat harus berada di rumah, kebanyakan memanfaatkan media sosial. Apalagi hiburan terbaik selain larut dalam permainan media sosial. Sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi. Padahal daripada sekedar melihat dan menonton orang lain, media sosial ini bisa jadi sarana yang tepat untuk tips sukses usia muda. Belum percaya? Berikut ini beberapa manfaat media sosial yang bisa digunakan untuk mendukung kesuksesan kalian.

• Media Promosi

Bagi yang baru mencoba untuk mulai bisnis online, maka sosial media ini tak lain yaitu sebagai media promosi yang cukup efektif. Jika ada produk baru yang hendak diluncurkan, biasanya info terdepat datangnya dari dunia maya, terutama yaitu media sosial. Oleh karena itu jangan ragu memanfaatkan semua media sosial yang dimiliki untuk mempromosikan bisnis rumahan yang baru saja dibuat.

• Membangun Kepercayaan Pelanggan

Tidak hanya bekerja untuk media promosi, tetapi media sosial adalah salah satu sarana untuk membangun kepercayaan pelanggan. Bagi bisnis yang masih hijau, salah satu tips sukses usia muda yaitu membangun kredibilitas bisnis dan mengikat kepercayaan para pelanggan. Sehingga ke depan banyak pelanggan yang tetap setia dan membantu mempromosikan bisnis pengusaha muda sukses secara tidak langsung.

• Menambah Pasar

Media sosial juga menjadi sarana yang baik untuk memperluas dan menambah pasar yang ditargetkan. Oleh sebab itu melalui media sosial makin banyak orang yang mengenali bisnis yang dijalankan. Hal ini sangat baik bagi yang baru saja mulai bisnis untuk mendapatkan lebih banyak orang yang tertarik pada produk dan jasa yang ditawarkan. Oleh sebab itu jika memiliki banyak media sosial sebaiknya mulai kenalkan bisnis yang dijalankan. Siapa tahu bisnis bisa berhasil meroket berkat pasar dari media sosial yang dimiliki.

ilustrasi menjalankan bisnis online

Meraih Impian Yang Realistis

Satu hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin menjalankan cara sukses di usia muda, yaitu bersikap realistis terhadap mimpi. Bermimpi tinggi itu baik, tetapi jangan berubah menjadi tidak realistis dan menetapkan standar yang terlalu tinggi. Misalnya baru saja memulai bisnis makanan, sudah ingin mencoba bisnis catering, wah…tentu ada tahapan untuk bisa sukses menuju ke sana. Lakukan sedikit demi sedikit hingga merasa cukup mampu untuk naik ke jenjang bisnis selanjutnya. Karena salah-salah, maka bisnis yang sudah dibangun dari nol menjadi gagal dan tidak berkembang sesuai ekspetasi.

Kebanyakan orang ingin sukses yang instan, sehingga malah menjatuhkan impian menjadi pengusaha muda sukses yang diinginkan. Oleh karena itu kunci utama menjalankan bisnis yaitu sabar. Karena kenyataan yang diterima di lapangan belum tentu sebaik impian. Tapi jika pantang menyerah dan terus mencoba, pasti suatu hari nanti akan mampu menjadi pengusaha muda sukses yang handal dan cekatan.

Ohh…ternyata punya waktu luang tidak ada buruknya ya. Justru bisa mencoba banyak hal baru, termasuk berbisnis dan memulai usaha sendiri. Hitung-hitung belajar mandiri serta mencoba meraih penghasilan sebesar mungkin dan sesuka hati. Jadi, anak muda #dirumahaja, siapa takut, mulai bisnis yuk!