, , ,

Nicholas Kurniawan, Pengusaha Muda yang Sukses dari Bisnis Ikan Hias

by -65 views
Nicholas Kurniawan - Pengusaha Muda

Menjadi pengusaha muda sebenarnya tak sesulit yang dibayangkan. Berbekal tekat yang kuat serta kedisiplinan yang tinggi, sebuah usaha yang ditekuni bisa jadi besar di kemudian hari. Tentunya, selama kita mau berinovasi dan beradaptasi terhadap perkembangan zaman.

Selain itu, pantang menyerah juga menjadi kunci utama untuk mencapai puncak kesuksesan yang kita inginkan. Tak ada jalan yang mulus dalam perjalanan sebuah bisnis. Batu-batu kecil atau permasalahan sering kali ditemui saat bisnis sedang dalam masa perintisan.

Kamu mungkin akan mengalami penolakan dari orang-orang di sekitarmu karena menganggap bisnis yang ingin kamu tekuni kurang menjanjikan. Selain itu, beberapa orang mungkin juga akan mengalami kekurangan modal, kegagalan di langkah awal, kesulitan dalam branding dan masih banyak lagi permasalahan yang kerap dihadapi oleh pengusaha pemula.

Namun hal ini bukan berarti kamu tidak bisa sukses di usia muda. Terdapat banyak contoh, pengusaha-pengusaha muda di Indonesia yang namanya telah tersohor bahkan hingga terkenal ke mancanegara.

Nicholas Kurniawan, Pengusaha Muda yang Sukses dari Bisnis Ikan Hias

Pengusaha Muda - Nicholas Kurniawan
Foto: Kumparan

Sebut saja salah satunya adalah Nicholas Kurniawan. Pemuda yang lahir pada tahun 1993 ini dikenal dengan bisnis ikan hiasnya yang cukup tersohor. Ia bahkan sudah berhasil mendirikan brand-nya tersediri yang bernama Venus Aquatics.

Siapa sangka di balik kesuksesan besarnya saat ini, Nicholas Kurniawan sebelumnya hanya bermaksud iseng-iseng semata dengan menjual ikan hias di forum jual beli Kaskus.

Awalnya, ia sama sekali tak tertarik pada ikan hias. Apalagi berniat untuk menjadikannya sebagai peluang bisnis hingga sampai saat ini. Bermula dari seorang teman yang memberikannya ikan Garra Rufa, Nicholas yang saat itu tidak tertarik untuk merawatnya memutuskan untuk menjualnya.

Tak disangka, meski ikan yang ia miliki sudah habis terjual, namun masih banyak orang yang menghubunginya dan menanyakan ikan tersebut. Mulai dari sinilah, Nicholas melihat peluang dalam bisnis ikan hias.

Ia pun segera memanfaatkan peluang tersebut dan menjadikannya sebuah bisnis yang menjanjikan hingga sekarang.

Cara Nicholas Mencapai Puncak Kesuksesannya yang Sekarang

Pengusaha Muda
Foto: Instagram/Venus Aquatics

Jika kamu sempat berpikir bahwa Nicholas bisa mencapai puncaknya saat ini adalah karena privilige bantuan dari orang tua. Maka kamu salah besar. Karena pemuda yang satu ini benar-benar berusaha secara mandiri tanpa campur tangan kedua orang tuanya. Sebelum membahasnya lebih lanjut, mari kita kenali latar belakang Nicholas Kurniawan berikut ini.

Nicholas lahir di lingkungan keluarga yang sederhana dan cenderung biasa-biasa saja. Tidak ada kemewahan yang berarti. Untuk membantu menghidupi keluarganya, Ibu Nicholas pun juga turut bekerja dengan menjajakan penganan ringan di depan sekolah.

Mengetahui usaha Ibunya yang berjualan demi mencukupi kebutuhan hidup, membuat hati Nicholas tergerak dan mengikuti langkah orang tuanya. Di masa sekolah dasar, Nicholas tak malu untuk berjualan mainan yang ia tujukan pada teman-temannya. Tak jarang, ia juga membantu sang Ibu menjajakan kuenya ke dalam sekolah.

Dari sinilah, minat Nicholas terhadap usaha dagang mulai terbangun. Tak hanya berhenti di sekolah dasar saja, di bangku SMP ia turut menjual jersey bola yang kebetula sangat hype di masanya. Ia selalu mencoba peruntungan dalam menjual berbagai macam produk selama itu legal dan halal.

Bahkan, Nicholas pun bercerita bahwa ia pernah menjadi agen asuransi serta anggota MLM. Meski demikian, semua yang ia jalankan kandas di tengah jalan.

Pernah Mengalami Kegagalan, Salah Satunya adalah Tinggal Kelas

Sukses dan Kegagalan dalam bisnis
Foto: Pixabay

Menjadi pengusaha muda di bangku sekolah, membuat Nicholas pernah mengalami masa-masa pahit. Ia mengaku pernah tinggal kelas selama masa SMA karena terlalu fokus pada bisnisnya. Ia pun terpaksa harus pindah sekolah dari SMA Kanisius Jakarta ke SMA Bellamirnus. Lewat kenyataan pahit ini, Nicholas belajar banyak tentang kegagalan.

Hingga pada suatu waktu, salah seorang tema dekatnya memberikan seplastik ikan Garra Rufa. Ikan inilah yang kemudian menjadi kunci sukses pertamanya.

Nicholas yang saat itu tak begitu suka memelihara ikan, memutuskan untuk menjual ikan pemberian dari temannya tersebut. Tak disangka, ia mengambil keputusan yang tepat dengan menjual ikan-ikan tersebut di forum Kaskus.

Setelah melihat peluang dari bisnis berjualan ikan Garra Rufa ini, ia pun segera memutar otak dan tanpa berpikir panjang langsung mengeksekusinya. Nicholas mencari tahu beragam informasi tentang ikan yang sering digunakan untuk terapi ini dan mulai membudidayakannya.

Hingga kemudian lahirlah “Garra Rufa Center”, toko online yang dirintis oleh Nicholas untuk menjual berbagai macam kebutuhan dari budidaya ikan Garra Rufa. Dari toko daringnya ini, ia bisa mendapatkan profit bersih mulai dari 2-3 jutaan tiap bulannya.

Ia pun mulai mengembangkan bisnisnya yang semula hanya menjual ikan Garra Rufa, perlahan ia mulai membudidayakan jenis ikan yang lain. Hingga ia sudah cukup sukses menjadi seorang supplier ikan hias di Indonesai saat itu.

Berkeinginan Menjadi Eksportir Ikan Hias

bisnis ikan hias
Foto: PxHere

Namun, tak cukup puas sampai di situ saja. Nicholas masih ingin mengembangkan bisnisnya. Ia pernah berkeinginan menjadi seorang eksportir ikan hias. Berbagai cara pun ia lakukan demi mewujudkan impiannya tersebut.

Sayangnya, kegagalan masih sering ia temui di tengah jalan. Namun, tekatnya tak pernah padam. Nicholas terus mencari cara agar ia bisa mengembangkan bisnisnya dan menjadi seorang eksportir ikan hias ke mancanegara.

Kini ia telah memiliki brand eksportirnya sendiri. Bersama dengan Venus Aquatics, Nicholas berhasil meraup omzet puluhan hingga ratusan juta tiap bulannya. Beberapa negara yang menjadi tujuan eksportirnya meliputi: Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat hingga Qatar.

Kesimpulan

Dari cerita singkat tentang perjalanan bisnis seorang Nicholas Kurniawan di atas. Ada banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya adalah tekat yang kuat, tekun dan pantang menyerah. Selain itu, Nicholas juga pandai memanfaatkan berbagai macam peluang yang ada di sekitarnya.

Kamu yang ingin menjadi pengusaha muda, sosok Nicholas Kurnaiwan tentu bisa dijadikan panutan untuk mencapai tujuan atau impian yang kamu inginkan. Percayalah bahwa usahamu saat ini tidak akan pernah menghianati hasilmu di masa mendatang!

Jadi, tunggu apa lagi? Cari ide peluang bisnismu dan realisasikan segera untuk mengetahui hasilnya. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai ide maupun tips bisnis yang up-to-date pastikan kamu terus mengikuti InfoBiznis, ya. Jangan lupa untuk share artikel ini jika kamu rasa bermanfaat. Selamat berproses!