Nurhayati Subakat, Pengusaha Sukses dengan Brand Lokal Kosmetiknya

by -5 views
pengusaha sukses - nurhayati subakat
Foto: Hipwee

Apakah kamu tahu kalau ternyata brand kosmetik Make Over, Wardah, dan Emina adalah produk lokal? Nurhayati Subakat, CEO PT. Pusaka Tradisi Ibu yang saat ini telah berganti nama menjadi PT. Paragon Technology and Inovation ini adalah sosok pengusaha sukses yang membuat beberapa brand kosmetik lokal popular di berbagai kalangan.

Beberapa brand kosmetik yang dibuat, diantaranya Putri, Wardah, Make Over, dan Emina. Keempat brand kosmetik tersebut sukses mampu menarik minat masyarakat pecinta kosmetik terutama di kalangan remaja.

Biografi Nurhayati Subakat

Nurhayati Subakat
Foto: Industry.co.id

Pengusaha sukses, Nurhayati Subakat lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat pada 27 Juli 1950. Ia adalah salah satu mahasiswi lulusan ITB jurusan Farmasi pada tahun 1975 dengan predikat lulusan terbaik. Karirnya sebagai pengusaha sukses dari nol dimulai sejak ia bekerja di Wella Cosmetic selama 5 tahun, mulai dari 1979 hingga 1985.  

Selama 5 tahun tersebut, Nurhayati hanya bekerja dengan waktu yang fleksibel, sehingga ia dapat bekerja sambil mengurus anaknya yang masih kecil. Namun, setelah itu ia diminta bekerja full time. Karena kerepotan mengurus anak kecil sambil bekerja full time, ia akhirnya memutuskan untuk keluar dari Wella Cosmetic. 

Tahun 1985, setelah Nurhayati keluar dari Wella Cosmetic, ia membuat suatu brand yang bernama Putri. Ia adalah pengusaha sukses dari nol yang memulai usahanya dengan memproduksi skala home industry. Produk yang dimiliki berkualitas tapi harganya bersaing. Untuk produksinya sendiri ia lakukan di rumah dan menjajakkannya dari rumah ke rumah hingga ke salon-salon pinggiran di daerah Tangerang. 

Setelah lancar dengan brand kosmetik Putri, tahun 1995 ia kembali membuat brand kosmetik dengan nama Wardah yang artinya bunga mawar. Awal mulanya ada kenalan yang menyarankan untuk membuat produk berbau Islam. Dari situlah ia mulai membuat produknya dengan dasar islami. Tidak langsung booming, Nurhayati harus berusaha jatuh bangun demi memopulerkan brand kosmetik terbarunya itu.

Bermula dari MLM

Pengusaha muda
Foto: DewiMagazine.com

Awalnya ia menjual produk tersebut dengan cara MLM (Multi Level Marketing). Kemudian pada tahun 2003, bisnis MLM mulai menurun. Tahun 2009 ia melakukan re-branding dengan skala besar. Akhinya penjualannya berhasil terus meningkat hingga sekarang menjadi salah satu brand kosmetik ternama dengan penjualannya pada tahun 2012 naik hingga 100%. 

Tidak berhenti di situ, Nurhayati lagi-lagi membuat brand kosmetik yang diberi nama Make Over pada tahun 2010. Pasti banyak yang mengira bahwa Make Over  adalah brand dari luar negeri.

Sebaliknya, ternyata produk ini berasal dari dalam negeri yang tak lain buatan Nurhayati. Make Over lebih menekankan pada produk makeup  yang kini telah mencapai Go International. Jika kalian pecinta makeup kalian bisa mencoba brand kosmetik lokal yang setara bagusnya dengan brand luar negeri.

Produk terakhir yang dibuat oleh Nurhayati pada tahun 2015 diberi nama Emina. Emina kini telah sukses dan menarik minat banyak orang terutama dikalangan remaja karena, produk skincare dan makeup yang ia buat. Produknya bagus dan banyak orang yang cocok ketika memakainya.

4 Kiat Sukses Nurhayati Subakat

Pengusaha Sukses Wardah
Foto: Hidayatullah.com

Tentunya setiap pengusaha dalam memulai karirnya pasti ada hal yang membuat mereka bisa mencapai impiannya. Memulai segalanya dari awal bukanlah hal yang mudah, namun setiap orang bisa sukses dengan usahanya. Kegagalan pasti dialami oleh setiap pengusaha, tapi bangkit adalah jalan yang terbaik untuk meraih puncak kesuksesan yang diimpikan. 

Nurhayati Subakat, perempuan yang pantang menyerah dengan keuletannya ia dapat mencapai hasil yang maksimal. Perjuangan yang ia tempuh selama bertahun-tahun akhirnya membuahkan hasil. Nurhayati melakukan 4 hal yang menurut dia selama ini membawanya kepada kesuksesan tersebut.

  1. Miliki tekad yang kuat

Tekad adalah kemauan. Ketika seseorang mempunyai tekad yang kuat maka ia akan terus maju menghadapi segala risiko yang datang menghampirinya. Itulah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha.

Dengan tekad ia pasti bisa mewujudkan apa yang ia inginkan. Dengan tekad itu pula ia dapat mencapai hasil yang maksimal. Dimana ada kemuan disitu pasti ada kesempatan. Itulah yang dilakukan oleh Nurhayati ketika ia memulai usahanya untuk menjadi pengusaha yang sukses.

  1. Harus berani bermimpi tinggi

Dengan mimpi yang besar seseorang dapat mengetahui kemana arah tujuan hidup mereka. Karena mimpi adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan. Seperti Nurhayati, ia memulai usahanya dengan mimpi yang besar. Ketika ia memiliki tujuan hidup, motivasi akan terus muncul sehingga memicu semangatnya  untuk terus maju. 

  1. Menjaga tali silaturahmi

Pentingnya menjaga tali silaturahmi karena dapat memperkuat kerukunan antar sesama. Memiliki hubungan baik dengan banyak orang tentunya juga dapat berdapak baik pada diri sendiri. Seperti Nurhayati ketika ia menjualkan produknya dari rumah ke rumah ia mengalami musibah pada tahun 1995.

Pada saat itu ia kedatangan tamu dari Pesantren Hidayatullah yang memberi masukan ihwal usahanya. Ada temannya atau kenalannya yang menyarankan dia untuk membuat produk islami. Dari sanalah produknya mulai dikenal banyak orang dan dia menyadari bahwa menjaga tali silaturahmi itu sangat penting. 

  1. Ciptakan 5P

5P yaitu great product, great price, good promotion, good place, dan pertolongan Allah SWT. Dengan melakukan 5 hal tersebut dapat membawa sosok perempuan Nurhayati berhasil meraih penghargaan Women Entrepreneur ASEAN. 

Demikianlah artikel mengenai kisah sukses salah satu pengusaha ternama di Indonesia, Nurhayati Subakat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan kisahnya menginspirasi bagi siapapun yang membacanya.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu agar semakin banyak yang terinspirasi mengenai kisah sukses dari Nurhayata Subakat.