Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Terasa Berat, Butuh Kerja Sampingan? Jadi Blogger Saja!

by -9 views

Sebagai ibu rumah tangga, hampir bisa dipastikan waktu Anda habis untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Di sisi lain, Anda butuh kegiatan sampingan agar tidak merasakan kejenuhan. Atau, Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Menjadi blogger adalah salah satu bisnis yang bisa dilakukan di rumah.

Salah satu profesi yang bisa Anda dapatkan tanpa meninggalkan rumah adalah menjadi blogger. Fleksibel, bisa dilakukan kapan saja Anda punya waktu.

Anda tidak perlu khawatir pekerjaan ibu rumah tangga Anda akan terlantar. Tentunya selama Anda pandai dan disiplin mengatur waktu ya.

Lagipula, menjadi blogger bisa dilakukan hampir tanpa modal (kecuali laptop/komputer dan pulsa internet, pastinya).

Potensi penghasilan tambahan bagi blogger

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana blogger bisa mendapatkan uang tambahan?

Bayangkan, blog Anda akhirnya mendatangkan ribuan pengunjung dalam sehari. Isi blog Anda menarik sehingga banyak yang menjadikan blog Anda sebagai rujukan.

Ini akan menarik pengiklan atau advertiser untuk memasang iklan di blog Anda. Bisa secara langsung misalnya memasang banner promosi di blog.

Bisa juga produsen produk-produk yang sesuai dengan blog Anda, meminta Anda untuk me-review dan posting di blog tentang produk mereka.

Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari biaya yang Anda kenakan pada advertiser ini.

Ada juga program Google Adsense dari Google. Setelah blog Anda memenuhi persyaratan yang ditentukan dari Google, dan memiliki traffic atau jumlah pengunjung yang cukup tinggi, Anda bisa mendaftarkan blog Anda untuk mengikuti program Adsense.

Setelah tahu gambaran bagaimana Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebagai blogger, sekarang saatnya Anda mempersiapkan diri.

Langkah menjadi blogger bagi ibu rumah tangga
Menjadi blogger seperti main scrabble, menyusun huruf satu per satu menjadi berbagai tulisan dalam satu blog

Langkah menjadi blogger bagi ibu rumah tangga

 

  1. Tentukan tema blog Anda

Agar Anda nyaman dalam menggarap blog, tentukan tema blog sesuai yang Anda kuasai. Siapa tahu Anda punya bakat terpendam sebagai penulis cerita fiksi, misalnya. Anda bisa membuat blog berisikan cerita-cerita fiksi karya Anda. Atau Anda hobi memasak? Rajin bikin posting setiap Anda selesai mencoba menu baru. Masih banyak lagi tema yang bisa Anda garap, dari kehidupan sehari-hari dan dari pekerjaan ibu rumah tangga. Anda mahir berbahasa Inggris? Buat blog dalam bahasa Inggris untuk menarik pengunjung dari seantero dunia.

  1. Pilih platform

Anda bisa googling mencari tahu platform apa yang cocok bagi Anda untuk mulai nge-blog. Yang populer adalah Blogger.com dan WordPress. Blogger merupakan perusahaan dari Google dan Anda bisa menggunakannya gratis. WordPress juga tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Jika Anda ragu, Anda bisa mulai dahulu dengan Blogger versi gratis dengan domain blogspot.com sehingga alamat blog Anda akan menjadi seperti namablog.blogspot.com. Tersedia pilihan menggunakan domain Anda sendiri sehingga alamat blog Anda akan menjadi namablog.com.

Banyak tutorial yang bisa Anda temukan di Internet secara gratis tentang bagaimana membuat blog menggunakan Blogger maupun WordPress.

  1. Mulai menulis

Siapkan tulisan Anda sesuai dengan tema yang telah Anda tetapkan. Menjadi blogger itu fleksibel. Anda bisa memilih waktu pagi hari sebelum mengerjakan pekerjaan rumah tangga, atau siang hari saat anak tidur siang, atau malam hari setelah semua anggota keluarga terlelap. Luangkan waktu barang satu jam sehari untuk menekuni blog Anda.

  1. Ikut komunitas blogger ibu rumah tangga

Anda bisa mengikuti berbagai komunitas blogger, atau yang khusus blogger ibu rumah tangga. Dengan demikian, Anda bisa belajar dari sesame blogger dan tahu info terbaru tentang dunia blog. Siapa tahu, ada kesempatan untuk menulis artikel berbayar yang ditawarkan di komunitas. Sering juga, perusahaan mengundang komunitas blogger untuk menghadiri launching produk mereka.

  1. Promosikan blog Anda

Sama seperti setiap usaha lainnya, Anda harus rajin berpromosi agar semua orang tahu Anda punya blog. Anda bisa mulai dari media sosial. Bagikan tulisan Anda setiap Anda selesai posting lewat Facebook, Twitter atau Instagram. Kunjungi blog lain dan tinggalkan komentar apabila ada postingan yang menarik hati Anda. Biasanya mereka akan berkunjung balik ke blog Anda, dan itu bisa menambah traffic kunjungan blog Anda.

 

Menarik bukan, menjadi blogger bagi ibu rumah tangga? Pekerjaan ibu rumah tangga tetap terurus baik, pergaulan Anda menjadi lebih luas lewat komunitas, dan terbuka kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan.

Terus pantau Infobiznis untuk mendapatkan tips dan trik dunia usaha dan inspirasi bisnis.