, ,

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Yang Menjanjikan: Desainer Grafis!

by -4 views
Karya desainer grafis, bisa jadi pekerjaan sampingan mahasiswa yang pas
Contoh hasil karya desainer grafis yang bisa kamu tawarkan sebagai konten website

Jika kamu pelajar atau mahasiswa yang senang berkutat dengan komputer, ini satu peluang usaha bagimu. Menjadi desainer grafis selalu memiliki prospek cerah. Kamu bisa membuka usaha desain grafis dari rumah, dan mengerjakan di waktu luang. Karena itu, desainer grafis menjadi salah satu pekerjaan sampingan mahasiswa yang banyak diidamkan!

Kalau kita berselancar alias browsing di dunia internet, kita sering melihat akun jualan dengan konten grafis yang menarik. Itulah salah satu karya desainer grafis. Tentu saja tidak terbatas pada itu, namun paling tidak, sebagai desainer grafis pemula, kamu paham bahwa banyak sekali usaha yang membutuhkan jasa desainer grafis.

Kamu sama sekali belum bisa desain grafis? Jangan takut. Sekarang banyak media yang menawarkan tutorial desain grafis. Kamu bisa belajar Photoshop secara mandiri lewat YouTube. Yang terpenting adalah kepercayaan diri dan kemauan untuk berlatih dan berkarya.

Anggaplah kamu sudah menguasai desain grafis tingkat awal, atau bahkan sudah mahir. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana kamu bisa menghasilkan uang dari ketrampilan atau skill kamu tersebut?

 

Cara memasarkan diri sebagai desainer grafis

Tidak akan ada yang memakai jasa kamu apabila kamu tidak pandai memasarkan diri.

Buat akun media sosial khusus untuk memajang karyamu sebagai desainer grafis. Hindari memosting urusan pribadi di akun ini. Akun akan terlihat ‘bersih’ dan lebih professional.

Akun media sosial bisa menjadi portofolio yang ampuh. Portofolio ini semacam bukti nyata tentang kemampuanmu, sehingga calon pelanggan tahu benar akan kemampuanmu dalam mendesain.

Update akun media sosial secara teratur. Tidak perlu tiap hari, namun teratur. Calon pelanggan akan semakin percaya bahwa kamu adalah desainer yang masih aktif. Banyak lho, portofolio yang cakep banget tapi lama sekali tidak di-update. Orang jadi ragu untuk menghubungi jika karya terakhir yang diupload sudah setahun lalu bahkan lebih.

Cantumkan nomor kontak di akun media sosial kamu. Minimal email dan nomor whatsapp.

Contoh manipulasi foto hasil karya desainer grafis
Contoh manipulasi foto hasil karya desainer grafis

 

Memanfaatkan situs freelancer

Setelah portofolio kamu tersusun rapi, kamu bisa mengejar klien dengan menggunakan situs khusus freelancer atau marketplace desain. Beberapa situs yang terkenal adalah:

Jangan ragu untuk mencoba peruntungan di berbagai marketplace ini. Tentu, sebagai pemula kamu belum bisa memasang tarif tinggi. Kamu bisa menaikkan tarif seiring perkembangan popularitas dan ranking kamu di marketplace tersebut.

 

Macam-macam desain yang bisa kamu jual

Pada mulanya, tidak mengapa jika kamu melayani semua jenis pesanan. Namun, sebaiknya kamu berfokus pada satu macam desain saja. Menjadi spesialis yang ahli harganya jauh lebih tinggi daripada yang generalis dan biasa-biasa saja. Pekerjaan sampingan mahasiswa ini bisa menghasilkan uang tambahan yang wow jika kamu menekuninya dengan serius dan selalu meningkatkan skill untuk menjadi seorang spesialis.

Desain macam apa saja yang bisa kamu tawarkan di pasar?

  1. Desain kaos

Kalau kamu mencari di Fiverr, ada 24ribu lebih jasa desain kaos yang ditawarkan oleh beragam desainer. Jangan berkecil hati. Ini justru pertanda desain kaos sangat diminati dan demand-nya selalu tinggi. Kamu bisa menciptakan desain dengan gaya khas, memadukan unsur tradisional misalnya, atau malah desain kaos yang futuristic.

  1. Desain brosur

Desain brosur berurusan dengan percetakan.  Masih banyak perusahaan yang membutuhkan brosur promosi. Kamu tidak perlu mencetak sendiri brosurnya, namun cukup melayani jasa desain saja.

  1. Desain logo

Semakin banyak usaha kecil menengah yang muncul. Semakin meningkat pula keperluan mereka akan logo perusahaan. Kamu bisa fokus menyediakan jasa desain logo, dengan mempelajari teknik dan filosofi yang diperlukan agar logo kamu penuh makna dan tidak asal-asalan.

  1. Desain materi promo dan konten media sosial

Materi untuk diunggah ke media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter, sangat dibutuhkan. Tidak semua orang jago desain. Dan pengusaha kecil sering sudah kerepotan mengurusi produksi.Mereka tidak sempat lagi mengurusi desain. Kamu bisa manfaatkan dengan menawarkan paket konten Instagram selama sebulan, misalnya.

 

Masih duduk di bangku kuliah tidak berarti tidak bisa mencari uang tambahan. Pekerjaan sampingan seperti desainer grafis ini cocok buat mahasiswa seperti kamu. Tidak butuh modal banyak selain laptop, listrik dan pulsa internet. Bisa dikerjakan kapan saja sesuai luangnya waktu kamu. Tunggu apa lagi? Mulai segera dan jangan lupa untuk selalu pantau Infobiznis untuk informasi seputar bisnis dan usaha buat mahasiswa yang terpercaya.