,

Peluang Bisnis Catering Sehat? Simak Perhitungan Modal Serta Keuntungannya

by -14 views
Peluang Bisnis Catering Sehat
Peluang Bisnis Catering Sehat

Anda ingin mencoba untuk memulai peluang bisnis catering sehat? Jika iya maka anda perlu menyimak pembahasan ini untuk mengetahui berapa kisaran modal serta keuntungan yang bisa diperoleh.

Belakangan ini trend hidup sehat terus meningkat hal itu karena didasari atas kesadaran masyarakat. Cara hidup sehat ini menyangkut beberapa aspek, baik itu olahraga hingga konsumsi sehari-hari.

Kesadaran akan kesehatan dan kebersihan menjadi prioritas masyarakat di tengah masa pandemi covid 19 ini. Dan tentunya mereka pun sangat memperhatikan terkait makanan untuk menjaga kesehatan.

Nah peluang bisnis katering ini tentunya bisa menjadi usahsa yang menguntungkan. Anda dapat menawarkan jasa catering sehat yang banyak dicari orang.

Dengan terbatasnya waktu yang dimiliki oleh beberapa orang, mulai dari olahraga hingga memasak makanan sehat tentu itu akan sangat merepotkan. Solusi terbaiknya adalah mereka memilih untuk berlangganan catering sehat supaya tubuh tetap mendapatkan asupan yang bergizi.

Mereka menganggap dengan adanya catering sehat menjadi alternatif lain. Sehingga banyak dari mereka memilih berlangganan catering karena harganya relatif murah.

Akan tetapi sebelum memulai usaha catering saat ini, anda perlu mempersiapkan beberapa hal. Hal yang perlu disiapkan pastinya adalah modal untuk menjalankan usaha.

Perhitungan Modal serta Estimasi Keuntungan

Peluang Bisnis Catering Sehat
Peluang Bisnis Catering Sehat

1. Modal yang diperlukan

Berikut merupakan estimasi modal awal yang diperlukan untuk memulai usaha catering sehat. Harga yang tertera di bawah ini merupakan harga pasaran dimana anda dapat mencari kebutuhan tersebut di pasar tradisional ataupun e-commerce.

  • 1. Tempat makan Rp 500.000
  • 2. Sticker logo merek Rp 300.000
  • 3. Sendok dan garpu plastik Rp 32.500
  • 4. Tas belanja kertas Rp 500 200 Rp 100.000
  • 5. Bahan makanan serba organik (4 menu) Rp 3.000.000
  • Total Rp 3.932.500

Nah dari estimasi tersebut, dengan modal kurang dari 4 juta Anda dapat memulai usaha catering makanan sehat. Box catering yang dapat dihasilkan dari modal demikian adalah sekitar 100 box.

Nah untuk meminimalisir modal awal, anda dapat memanfaatkan berbagai perlengkapan dapur yang ada di rumah. Perlengkapan tersebut seperti rice cooker, kompor gas, penggorengan dan lain sebagainya.

2. Estimasi keuntungan yang dapat diperoleh

Estimasi keuntungan ini sangat tergantung dengan modal serta berapa kisaran box makanan yang ada jual. Anggaplah anda menjual 1 box makanan sehat sebesar Rp50.000 serta berhasil menjual 100 box. Berikut perhitungan atau estimasi keuntungan yang bisa diperoleh;

  • Penjualan bersih Rp 50.000 X 100 = Rp5.000.000
  • Modal awal Rp3.932.500
  • Penjualan bersih – modal awal (Rp 5.000.000 – Rp 3.932.500) = Rp1.067.500

Dari perhitungan omset di atas kita dapat mengambil kesimpulan jika keuntungan yang bisa diperoleh adalah Rp1.067.500. Keuntungan tersebut tentunya jika anda berhasil menjual 100 box makanan.

Nah jika kita presentasikan maka keuntungan yang dapat diperoleh adalah sekitar 30%. Tentunya lumayan besar bukan?

Bisnis ini memang tidak menjamin Anda mendapatkan keuntungan yang sangat besar hal itu karena bahan baku yang diperlukan serba organik serta memiliki kualitas baik.

Tips Supaya Peluang Bisnis Katering Laris

Peluang Bisnis Catering Sehat
Peluang Bisnis Catering Sehat

Di atas kita telah membahas terkait estimasi modal serta keuntungan berbisnis catering sehat. Akan tetapi untuk memulainya pun kita harus merencanakan bagaimana strategi pemasaran untuk menjual produk catering sehat ini. Berikut adalah beberapa tips sukses memulai usaha catering yang dapat anda ikuti:

  • Analisa target pasar

Mengetahui siapa target pasar anda tentu dapat memudahkan untuk menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan target konsumen. Anda dapat mentarget kaum milenial, pekerja kantoran, wanita karir dan lain sebagainya.

  • Menjaga kualitas catering

Kualitas bahan baku serta rasa tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan jika berbisnis kuliner sehat. Pastikan jika produk Anda berkualitas serta olahan catering memiliki cita rasa yang disukai banyak orang

  • Cantumkan nilai gizi

Salah satu strategi menjual makanan sehat adalah dengan mencantumkan nilai gizi ataupun memberi keterangan jumlah kalori. Hal itu akan membantu konsumen untuk memahami produk yang akan mereka konsumsi.

  • Manfaatkan media sosial

Tidak bisa dipungkiri lagi di zaman sekarang untuk memasarkan produk sangatlah mudah. Anda dapat memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produk catering sehat untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Kesimpulan

Peluang bisnis katering sehat menjadi salah satu pilihan terbaik di herannya normal seperti ini. Karena itu manfaatkanlah kesempatan untuk membuka usaha serta mendapatkan keuntungan besar.

Di atas kita telah membahas sedikit tips cara sukses berbisnis catering, selain hal-hal yang tersebut sebenarnya masih banyak lagi yang perlu Anda terapkan untuk memajukan bisnis catering, misalnya Anda perlu bekerjasama dengan mitra seperti go-food atau grabfood.

Semoga pembahasan ini bermanfaat, baca juga artikel lain terkait Peluang Bisnis Baru; Kuliner Ready to Cook