,

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Furniture agar Menguntungkan?

by -5 views
interior-furniture-poster-frame
Interior Furniture

Bisnis furniture atau dikenal juga dengan bisnis mebel merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Untuk yang masih bingung ingin memulai usaha apa, Anda dapat memulai peluang bisnis furnitur menguntungkan ini. Akan tetapi untuk memulainya anda perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak merugi.

Lalu apa saja hal-hal yang perhatikan sebelum memulai bisnis furniture? Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut ini hingga selesai:

Menyiapkan Modal yang Cukup

Peluang Bisnis Furnitur Menguntungkan
Peluang Bisnis Furnitur Menguntungkan

Bisnis apapun tentunya membutuhkan modal, begitupun dengan peluang bisnis furniture. Modal di sini bukan hanya terkait uang, akan tetapi modal terbesar yang harus dimiliki adalah skill dan kemampuan dalam mengolah furniture. Walaupun tentunya modal uang juga sangat penting untuk anda perhatikan terlebih dahulu.

Modal uang untuk membuka usaha ini bisa anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Anda dapat memulainya dengan biaya yang relatif kecil atau bahkan jika memang benar yakin, Anda bisa memulainya dengan biaya besar.

Akan tetapi jika anda masih belum memiliki pengalaman terkait bisnis furniture, ada baiknya memulai usaha ini dengan modal minim.
Hal itu berguna agar Anda mendapatkan pengalaman atau networking untuk menghindari kerugian nantinya. Jika sudah yakin dengan kemampuan yang anda miliki, barulah memulai bisnis furniture dengan biaya besar.

Bahan Baku

Kursi
Peluang Bisnis Furnitur Menguntungkan

Dalam pembuatan furniture sebenarnya Anda bisa menggunakan berbagai bahan yang umum dipakai. Antara lain bahan-bahan tersebut adalah:

  • Medium density fiberboard

Ini adalah bahan yang umum digunakan untuk membuat meja belajar. Medium density fiberboard adalah serbuk gergaji kayu yang kemudian dipadatkan serta dilapisi lempengan kayu yang tipis dan juga halus. Bahan ini cukup murah dan bisa anda gunakan untuk produksi furniture secara massal.

  • Rotan

Bahan kedua yang bisa Anda gunakan adalah rotan yang memang telah digunakan oleh masyarakat sejak berabad-abad lalu. Di Indonesia sendiri rotan sangatlah banyak dan mudah ditemui, akan tetapi dalam pembuatannya anda perlu melatih skill dan kemampuan untuk bisa mengolah rotan.

  • Kayu

Kayu adalah bahan umum lainnya yang biasa digunakan untuk pembuatan furniture. Kayu bisa dibentuk menjadi apapun sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan furniture yang menarik dan elegan. Walaupun sebenarnya kayu termasuk bahan furniture yang cukup mahal.

Harus Cerdas Membaca Peluang

furniture-couch-corner-living-room
Peluang Bisnis Furnitur Menguntungkan

Setiap tahunnya minat furniture terus meningkat, akan tetapi peluang usaha furniture terus berubah-ubah. Furnitur akan terus mengalami perubahan, baik itu terkait gaya ataupun bahan yang digunakan. Cerdiklah dalam menganalisa peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan.

Selain itu, anda pun harus cerdik dalam memasarkan produk. Di zaman yang modern ini tentunya mengharuskan anda untuk memanfaatkan fasilitas online dalam strategi pemasaran. Anda dapat membuat toko online untuk furniture dan menjangkau prospek pembelian yang lebih luas.

Lokasi Bisnis yang Strategis

chair-armchair-furniture-landscape-glass-marine-carpet-decor-home
Peluang Bisnis Furnitur Menguntungkan

Menentukan lokasi juga berdampak terhadap prospek bisnis furniture. Walaupun Anda bisa memasarkannya melalui internet, tapi ada baiknya Anda juga memperhatikan lokasi yang strategis. Carilah tempat-tempat memungkin kan orang bisa melihat bisnis Anda.

Walaupun sebenarnya jika Anda menyewa tempat strategis di lokasi tertentu memang membutuhkan biaya yang lebih besar. Akan tetapi jika diperhitungkan lebih jauh, lokasi strategis akan memberikan keuntungan yang jauh lebih besar.

Target Pasar

Peluang Bisnis Furnitur Menguntungkan
Peluang Bisnis Furnitur Menguntungkan

Bukan hanya bisnis fashion ataupun makanan yang memerlukan target pasar, akan tetapi bisnis furniture juga mengharuskan Anda membidik target yang sesuai. Anda bisa memilih target pasar sesuai dengan tingkat perekonomian.

Misalnya Anda menargetkan orang-orang dengan perekonomian tinggi, atau kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dengan mengetahui target pasar yang jelas maka Anda bisa menentukan harga yang ideal serta kualitas barang atau furniture yang ditawarkan.

Penutup

Demikianlah informasi tentang peluang bisnis furniture menguntungkan yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk membuka usaha sendiri. Teruslah berdoa, belajar dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jika anda serius dan terus menekuni bisnis furniture ini, maka lama-kelamaan Anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih berharga daripada keuntungan materi. Baca juga artikel lain terkait 5+ Rekomendasi Bisnis UMKM yang Bisa Dicoba.