,

Peluang Bisnis Guest House Menguntungkan, Ini Tips untuk Memulainya!

by -1 views
Peluang Bisnis Guest House
Peluang Bisnis Guest House

Salah satu jenis usaha properti yang sangat menguntungkan adalah membuat guest house. Guest house atau yang dikenal juga dengan sebutan rumah sewa memiliki prospek keuntungan yang cukup besar. Nah jika anda tertarik ingin memulai peluang bisnis guest house ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal penting agar mendapatkan keuntungan.

Karena jika anda berbisnis tanpa ada perencanaan yang tepat maka akan sangat sulit untuk mendapatkan keuntungan. Begitupun dengan peluang usaha guest house ini, sebagai pebisnis muda Anda harus memperhatikan lebih jauh terkait perkembangannya.

Tips Memulai Peluang Bisnis Guest House

Peluang Bisnis Guest House
Peluang Bisnis Guest House

Jika Anda memang benar yakin ingin membuka usaha sewa rumah, berikut ini tips-tips yang perlu diperhatikan:

Menentukan Lokasi Bisnis

Bisnis properti atau guest house tentu sangat dipengaruhi oleh lokasi. Lokasi yang strategis akan memberikan prospek bisnis yang sangat menguntungkan. Lokasi harus mudah dijangkau dan tentunya memiliki kelebihan dan keunggulan dibanding tempat atau lokasi lainnya.

Saran dari kami pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat wisata ataupun kota. Karena hal itu tentu akan menjadi poin lebih dari bisnis guest house yang anda miliki. Perhatikan juga lokasi apakah aman terhadap bencana seperti longsor ataupun banjir.

Kondisi Rumah

Guest house bisa Anda mulai dengan membeli rumah hunian yang sudah jadi. Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah terkait kondisi rumah tersebut, apakah layak atau tidak dijadikan hunian guest house untuk para tamu. Umur rumah yang sudah lama biasanya terlihat usang dan tidak lagi nyaman untuk ditinggali.

Karena itulah perhatikan umur rumah sebelum membelinya. Atau Jika Anda memang ingin membangun guest house secara mandiri, pastikan desain rumah nyaman untuk dijadikan hunian.

Kamar Guest House yang Banyak

Seringkali ketika pengunjung datang dan ingin menyewa rumah, hal pertama yang mereka tanyakan adalah terkait jumlah kamar. Biasanya mereka mencari kamar yang lebih dari 3 karena membawa banyak keluarga.

Berikanlah kamar yang banyak untuk guesthouse anda. Jika memang lahan yang anda miliki tidak terlalu luas, maka utamakanlah ruang kamar dengan mengurangi jumlah ruang lain yang mungkin tidak akan terpakai. Karena memang biasanya orang lebih mengutamakan jumlah kamar daripada ruangan lainnya.

Fasilitas Hiburan yang Lengkap

Selain jumlah kamar, hal yang juga sangat dipentingkan oleh pengunjung ketika ingin menyewa guest house adalah fasilitas hiburan yang tersedia. Misalnya kolam renang, tempat bermain anak-anak, meja billiard atau lain sebagainya yang mendukung aktivitas hiburan di guest house.

Selain itu Anda juga bisa menyediakan radio, komputer, ataupun televisi untuk hiburan ketika malam.

Tempat Parkir dan Halaman yang Luas

Tempat parkir dan halaman yang luas tentu menjadi nilai lebih untuk guest house. Pastikan jika tempat parkir bisa menampung beberapa mobil sekaligus. Karena jika tidak tentu hal itu akan menjadi pertimbangan berat bagi calon pengunjung atau penyewa guest house anda.

Terkait halaman juga harus dibuat cukup luas agar bisa dimanfaatkan lebih jauh oleh pengunjung. Biasanya calon pengunjung akan bermain bersama keluarga di halaman rumah tersebut. Karena itu pastikan halaman rumah guest house anda cukup untuk kebutuhan pengunjung.

Promosi

Jika anda telah memiliki guest sendiri, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan promosi. Promosi menjadi ujung tombak dari bisnis guesthouse, jika anda tidak pandai melakukan promosi maka prospek bisnis pun tidak akan meningkat.

Anda bisa memanfaatkan fasilitas online untuk memasarkan guest house. Selain itu bisa juga bekerjasama dengan agen pemasaran guest house di seluruh cabang Indonesia. Karena memang bisa jadi guest house anda akan disewa oleh orang dari luar daerah yang jauh.

Sebenarnya untuk cara promosi properti atau guset house ini sudah kami bahas di dalam artikel Anda Punya Apartemen atau Kos? Berikut 5 Aplikasi Pemasarannya.

Penutup

Bisnis guesthouse masih sangat menjanjikan karena memang pertumbuhan ekonomi dunia terus membaik. Anda bisa memulai peluang bisnis guest house ini dengan memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Selain itu, sebenernya anda juga perlu memperhatikan terkait perizinan usaha, desain interior rumah, karyawan, dan masih banyak lagi.