,

Peluang Bisnis Homestay Menguntungkan? Ini Tips Suksesnya

by -0 views
Peluang Usaha -Bisnis Properti
Peluang Bisnis Homestay Menguntungkan

Peluang bisnis homestay hingga sekarang masih sangat menguntungkan, hal itu karena memang banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisnis ini bisa dijalankan di perkotaan ataupun di desa-desa yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Homestay biasa digunakan oleh wisatawan untuk beristirahat ketika mereka travelling mengelilingi Nusantara.

Nah bisnis ini tentu menjadi peluang besar untuk anda yang mampu memanfaatkan kesempatan. Lalu apa keuntungan dari berbisnis Homestay? Berikut ulasannya untuk anda:

Keuntungan Berbisnis Homestay

Peluang Bisnis Homestay Menguntungkan
Peluang Bisnis Homestay Menguntungkan

Belakangan ini pemerintah Indonesia sangat gencar mempromosikan keindahan Nusantara. Pemerintah menargetkan pada tahun 2019 wisatawan yang berkunjung ke Indonesia mencapai 20 juta orang. Untuk wisatawan domestik nya pemerintah menargetkan 275 juta orang.

Angka tersebut tentu sangat tinggi dan menjadi prospek yang cerah terhadap pelaku usaha travelling. Salah satu bisnis yang diuntungkan adalah pemilik homestay atau penginapan.

Terlebih sekarang ini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat akan memudahkan orang untuk mencari tempat penginapan secara online. Ada banyak aplikasi online membantu wisatawan untuk mendapatkan kan tempat penginapan.

Tentu hal itu juga berdampak positif terhadap pelaku usaha atau pemilik homestay itu sendiri. Jika dulu untuk booking homestay ataupun hotel harus datang ke tempatnya, sekarang semua orang bisa memesan hotel dengan sangat mudah menggunakan fasilitas online.

Teknologi membuat pasar bisnis traveling semakin luas, karena itu tidak heran jika trend bisnis homestay terus meningkat. Terlebih bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, hanya perlu kamar kosong ataupun apartemen Anda sudah bisa mengakomodasi para wisatawan untuk menginap.

Salah satu aplikasi penginapan yang sangat terpopuler, Airbnb, mengumumkan hasil riset, sepanjang tahun 2017 setidaknya ada peningkatan 64% tamu yang datang. Rata-rata tamu yang menginap tersebut menyewa tempat penginapan selama 4 malam. Survei juga menunjukkan rata-rata pemilik homestay bisa memperoleh keuntungan mencapai 27 juta rupiah per tahun.

Keuntungan ini tidak hanya didapat oleh pemilik homestay, akan tetapi warga lokal yang terlibat juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Dengan adanya homestay dan wisatawan, maka warga bisa mendapatkan kesempatan kerja.

Keuntungan Bisa Bekerjasama dengan Warga Lokal

Peluang Bisnis Homestay Menguntungkan
Peluang Bisnis Homestay Menguntungkan

Selain keuntungan dengan banyaknya jumlah wisatawan yang telah kita bahas di atas, peluang bisnis homestay juga sangatlah luas. Jika anda tidak memiliki rumah ataupun tempat yang bisa dijadikan homestay, anda bisa bekerjasama dengan warga lokal.

Misalnya saja yang pernah dilakukan oleh Sinta Uli Pasaribu dan 2 temannya. Mereka membuka homestay di sebuah desa di Flores bekerjasama dengan warga lokal. Hal itu dilakukan karena banyak wisatawan yang datang ke tempat tersebut namun terkendala dengan penginapan.

Ini merupakan celah peluang bisnis terkait travelling. Anda bisa melihat daerah yang memiliki potensi wisata tinggi untuk membuat homestay di sana. Tidak perlu membuat homestay yang mewah, untuk di desa  bisa membuat homestay sederhana namun bisa menjadi fasilitas penginapan untuk wisatawan.

Tips Sukses Memulai Bisnis Homestay

Peluang Usaha -Bisnis Properti
Peluang Bisnis Homestay Menguntungkan

Jika Anda yakin ingin memulai bisnis homestay, ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut untuk mendapatkan keuntungan besar:

1. Melakukan Riset

Tentunya sebelum anda terjun dan mengeluarkan modal besar di bisnis homestay, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mengetahui target pasar serta berapa besaran modal untuk membuka homestay.

2. Pertimbangkan Lokasi

Lokasi juga sangat menentukan prospek bisnis homestay, carilah lokasi yang memang memiliki prospek wisata yang tinggi. Karena memang bisnis homestay sangat tergantung dengan jumlah wisatawan yang datang. Sesuaikan juga harga homestay anda dengan pilihan pengunjung.

3. Membuat Properti Sesuai dengan Kondisi Finansial

Jika anda terkendala dengan modal atau biaya ketika ingin memulai bisnis homestay, maka sesuaikanlah pilihan properti dengan kondisi finansial tersebut. Tidak perlu memulai dengan modal besar, yang terpenting adalah aspek kemanfaatannya untuk wisatawan.

Bahkan anda bisa memulai bisnis homestay hanya dengan satu atau dua kamar kecil namun layak untuk menjadi tempat hunian.

4. Memilih Bahan Bangunan yang Cocok

Ada banyak jenis bahan bangunan yang bisa anda jadikan untuk homestay, sesuaikanlah dengan kondisi daerah. Jika anda membuka homestay di pedesaan, anda bisa menggunakan bahan yang sederhana namun tetap berkualitas. Misalnya dari bahan bambu atau papan untuk membuat homestay seperti pondok-pondok.

Penutup

Selain tips diatas yang telah disebutkan, hal lain yang perlu anda perhatikan adalah terkait harga penyewaan, karyawan, fasilitas, interior dan eksterior serta lain sebagainya. Peluang bisnis homestay menguntungkan sebenarnya tidak memerlukan modal yang terlalu besar jika anda pandai memanfaatkan kesempatan.

Terima kasih dan baca juga pembahasan lain terkait Bisnis Properti Bukan Hal yang Menakutkan, Pelajari 5 Tips Suksesnya Berikut.