, ,

Peluang Bisnis Ikan Laut Beku, Kiat Memulai dan Cerita Suksesnya

by -1 views
Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari
Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari

Seafood adalah makanan laut yang memiliki kandungan gizi yang cukup baik serta disukai oleh masyarakat secara umum. Karena itu peluang bisnis ikan laut beku memiliki prospek penjualan yang cukup menjanjikan. Setiap hari banyak orang membutuhkan pasokan ikan laut untuk dikonsumsi.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis ikan laut beku? Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan ini hingga selesai:

Tips Sukses Berbisnis Ikan Laut Beku

Peluang Bisnis Ikan Laut Beku
Peluang Bisnis Ikan Laut Beku

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan ketika Anda berniat memulai bisnis menjual ikan laut:

  • Mencari Supplier

Tahap pertama yang dilakukan adalah dengan mencari supplier ikan. Anda dapat datang ke lokasi tempat pelelangan ikan atau bisa juga bekerjasama dengan nelayan secara langsung. Jika tempat tinggal Anda dekat dengan perairan laut mungkin hal ini akan sangat mudah untuk dikerjakan.

  • Menentukan Jenis Ikan yang Ingin Dijual

Ikan laut terdiri dari berbagai jenis, mulai dari ikan tongkol, ikan tuna, ikan kakap, ikan kembung, ikan makarel, ikan baronang dan lain sebagainya. Nah sebagai pebisnis harus melihat peluang ikan apa yang bisa dijual dan mendatangkan keuntungan besar.

  • Memperkirakan Modal

Modal harus disiapkan secara detail dan spesifik. Anda harus menghitungnya dengan cermat karena ini sangat berkaitan dengan keberlangsungan bisnis kedepannya. Catatlah pengeluaran modal setiap waktu untuk menghindari kelalaian ataupun kebocoran uang sehingga bisa merugikan bisnis.

  • Menentukan Metode Pemasaran

Ada beberapa hal yang harus diketahui menyangkut metode pemasaran, Anda dapat menjual ikan laut dengan beberapa cara berikut:

    • Pertama, memasok langsung ke konsumen di pasar modern ataupun tradisional.
    • Kedua, menjadi supplier ikan laut dan memasaknya ke pedagang eceran.
    • Ketiga, memasok ikan laut untuk kebutuhan rumah makan dan juga restoran.

Dari ketiga hal tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Penting Anda harus bisa menjalin komunikasi dengan konsumen.

  • Memberikan Harga Terbaik

Menjadi pebisnis ikan laut tentunya memiliki kompetitor yang begitu banyak. Nah untuk memenangkan kompetisi tersebut tentunya Anda harus menawarkan harga bersaing. Dengan harga yang bersaing hal itu akan memudahkan Anda untuk mencari pelanggan di pasar, baik itu sebagai supplier ataupun pemasok ikan untuk rumah makan dan restoran.

  • Menghitung Pendapatan

Tahap ini cukup penting untuk dilakukan karena bisa menjadi patokan atau acuan apakah bisnis Anda menguntungkan atau tidak. Hitunglah pendapatan apakah lebih besar daripada modal yang dikeluarkan sebelumnya. Dengan mengetahui pendapatan bersih Andapun bisa mengarahkan dan mengembangkan bisnis menjual ikan laut kedepannya.

  • Menentukan Target

Tahap selanjutnya adalah menentukan target ataupun menambah target untuk ekspansi bisnis ikan laut yang lebih besar. Karena itu penting bagi Anda menentukan target secara jelas.

Cerita Sukses Bisnis Pemasok Ikan Bermodal 10 Juta

Peluang Bisnis Ikan Laut Beku
Peluang Bisnis Ikan Laut Beku

Anda tidak perlu khawatir memulai bisnis ini dengan modal yang minim. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Abdul Khamid, Fazlur Rahman Aziz dan juga temannya bernama Bahtera Sebastyan, pada tahun 2019 bulan April mereka mendirikan startup bernama Indofishery.

Dimana startup tersebut menyediakan berbagai macam ikan segar baik itu ikan tawar ataupun seafood. Nah modal pendirian start up tersebut hanya dengan biaya 10 juta rupiah. Modal mereka dapatkan dari hasil patungan 3 orang pendirinya.

Uang 10 juta tersebut mereka gunakan untuk membeli 1 unit freezer untuk menyimpan ikan supaya selalu dalam keadaan segar. Selain itu mereka juga membeli 6 jenis ikan tawar dan juga olahan laut sebanyak 30 kg.

Pada awalnya mereka melakukan pemasaran melalui media internet, baik itu toko online ataupun media sosial seperti Instagram, WhatsApp dan Facebook. Seiring dengan berjalannya waktu bisnis mereka pun berkembang dan sekarang telah berhasil menjual 8 ton per bulannya.

Mereka telah memiliki 27 agen tersebar di sejumlah daerah baik itu di Cirebon, Jateng dan juga Kuningan Jawa Barat.

Lalu tunggu apalagi, apakah Anda tertarik memulai bisnis ikan laut beku?

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang peluang usaha bisnis ikan laut beku yang menguntungkan dan bisa Anda kerjakan. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait ide dan peluang bisnis yang menghasilkan.

Terima kasih dan baca juga pembahasan lain terkait