, ,

Apakah Bisnis Sewa Pakaian Menguntungkan?

by -6 views
Peluang Bisnis Jasa Sewa Pakaian
Peluang Bisnis Jasa Sewa Pakaian

Salah satu jenis usaha yang baru muncul belakangan ini adalah peluang bisnis sewa pakaian. Ada banyak faktor yang mempengaruhi orang memilih untuk menyewa pakaian, salah satunya adalah karena pakaian yang ingin dipakai hanya digunakan sekali.

Lalu apakah bisnis sewa pakaian ini menguntungkan? Bagaimana jika baju yang disewa rusak? Nah berikut ini akan kita bahas hal-hal penting terkait peluang bisnis usaha sewa baju.

Bagaimana Perkembangan Sewa Baju di Indonesia?

Baju Adat
Peluang Bisnis Sewa Pakaian

Jika kita melihat ke belakang, ternyata sewa baju di Indonesia adalah bisnis yang belum lama muncul. Hal itu karena memang tidak banyak yang berani memulai bisnis ini.

Salah satu pelopor bisnis sewa baju di Indonesia adalah Reana Lim dan Christopher Halim. Sebenarnya ide bisnis ini pertama kali muncul lantaran banyaknya pakaian yang tidak terpakai. Bahkan, Raena, selaku founder Style Theory -perusahaan sewa baju- memiliki keluhan untuk menyimpan ribuan bajunya yang tidak terpakai. Dia tidak tahu ingin menyimpan di mana baju-baju tersebut.

Dari situlah muncul ide untuk menyewakan baju yang dia miliki. Pada awalnya mereka menawarkan jasa sewa baju ini melalui media sosial. Tak lama kemudian bisnis ini pun mendapat respon baik dari masyarakat.

Nah belajar dari pengalaman Raena dan Christopher, tentu Anda pun bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Jika Anda mempunyai banyak baju tidak terpakai namun masih layak digunakan, tidak ada salahnya membuka jasa sewa baju.

Baju Apa Saja Pakaian yang Bisa Disewakan?

jas
Peluang Bisnis Sewa Pakaian

Ada banyak jenis pakaian yang bisa disewakan, tetapi jika Anda memang memiliki pakaian-pakaian yang tidak terpakai namun masih bagus dan layak digunakan, maka pakaian tersebut bisa untuk disewakan.

Misalnya jas, banyak orang mencari jas untuk acara-acara tertentu dan hanya menggunakannya sekali saja. Mereka lebih memilih untuk menyewa daripada membeli jas baru karena harganya yang mahal. Selain jas Anda juga bisa menyewakan baju kemeja, gamis, kebaya, ataupun pakaian tradisional.

Skema Penyewaan

Peluang Bisnis Jasa Sewa Pakaian
Peluang Bisnis Sewa Pakaian

Nah jika tertarik memulai bisnis sewa baju atau pakaian lain, Anda bisa menerapkan beberapa skema penyewaan. Skema tersebut antara lain adalah:

  • Sistem Member

Dengan sistem member berarti pelanggan mengharuskan untuk membayar iuran member setiap minggu atau bulannya. Misalnya seperti yang dilakukan Style Theory yang mematok biaya member selama 1 bulan sebesar Rp590.000.

Dengan biaya tersebut pelanggan bisa menyewa pakaian sebanyak 3 pasang setiap kali melakukan transaksi. Pelanggan juga bisa mengganti pakaian lain dengan catatan mereka telah mengembalikan baju sebelumnya.

Dengan cara di atas Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Terlebih Anda hanya memerlukan biaya pengeluaran untuk mencuci baju tersebut.

  • Sistem Sewa Baju per Potong

Skema penyewaan yang bisa Anda gunakan lainnya adalah, memberikan harga sewa baju perpotongnya. Jadi tidak mengharuskan orang untuk menjadi member. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan prospek penyewaan yang juga cukup menguntungkan.

Karena tidak semua orang bersedia menjadi member dan membayar iuran setiap bulannya. Ada orang yang ingin menggunakan jasa sewa baju dalam sebulan hanya sekali. Misalnya mereka ingin menyewa jas, tentu jas tersebut hanya digunakan untuk acara-acara tertentu dan tidak dipakai setiap saat.

Bagaimana Jika Pakaian Sewa Rusak?

Baju
Peluang Bisnis Sewa Pakaian

Nah untuk kebijakan ini tentunya kembali kepada pribadi masing-masing. Tetapi Anda bisa memberikan kebijakan jika seseorang merusak pakaian sewaan, mereka diharuskan membayar 70% dari harga asli baju tersebut.

Misalnya untuk baju dengan harga Rp5.000.000, jika terjadi kerusakan maka pelanggan harus membayar uang sebesar 3,5 juta untuk mengganti pakaian yang rusak tersebut.

Manfaatkan Fasilitas Online untuk Menawarkan Jasa Sewa Baju

Jas
Peluang Bisnis Sewa Pakaian

Selain toko fisik, menggunakan fasilitas online juga bisa meningkatkan prospek penyewaan baju. Anda bisa menawarkan jasa sewa baju melalui online, serta pemesanannya juga bisa dilakukan secara online. Untuk pengiriman bajunya Anda bisa menggunakan jasa ojek online seperti Gojek atau Grab yang bisa langsung mengantar pakaian ke alamat tujuan.

Dengan teknologi ini tentu akan memudahkan peluang bisnis jasa sewa baju dan Anda bisa mendapatkan keuntungan besar. Bagaimana, apakah tertarik memulai bisnis ini?

Penutup

Prospek peluang jasa sewa pakaian semakin hari terus meningkat, dan Anda bisa mencoba bisnis ini. Teruslah berdoa dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil terbaik. Baca juga artikel lain terkait Modal 10 Juta, Begini Langkah-Langkah Memulai Peluang Bisnis Laundry Kiloan