,

Mau Bisnis Bengkel Mobil? Perhatikan 5 Tips Berikut

by -11 views
Peluang Bisnis - Bengkel Mobil
Peluang Usaha - Bengkel Mobil

Semakin hari jumlah pengguna mobil pribadi terus meningkat. Salah satu faktornya adalah karena kendaraan pribadi sekarang ini memiliki harga yang bisa dibilang cukup terjangkau. Bahkan setiap tahunnya para produsen kendaraan terus berlomba membuat produk terbaru mereka. Nah sebenarnya ini bisa menjadi peluang usaha untuk anda dengan membuka layanan bengkel mobil.

Ya, tentu mobil membutuhkan perawatan dan perbaikan dari kerusakan saat pemakaian. Orang-orang pasti sangat membutuhkan jasa service mobil atau yang biasa disebut bengkel. Jika anda tertarik untuk memulai usaha ini, simak informasi berikut hingga selesai:

Perencanaan Modal Awal

Peluang Bisnis - Bengkel Mobil
Peluang Usaha – Bengkel Mobil

Hal yang sangat mendasar adalah terkait modal usaha. Bukan hanya bengkel mobil tetapi semua peluang usaha juga sangat dipengaruhi oleh modal. Semakin banyak modal yang anda miliki maka kemungkinan besar bisnis anda akan mudah untuk berkembang.

Akan tetapi itu hanya sebatas teori, faktanya tidak semua bisnis yang diawali dengan modal besar selalu berhasil. Intinya anda harus melakukan analisis dan perencanaan keuangan yang tepat dan efisien. Sesuaikanlah keinginan anda dengan persiapan modal yang dimiliki. Modal membuka usaha bengkel mobil memang cukup besar, setidaknya anda memerlukan biaya sekitar Rp 100.000.000.

Pekerjakan Tenaga Teknisi yang Kompeten

Peluang Usaha - Bengkel Mobil
Peluang Usaha – Bengkel Mobil

Nah untuk yang satu ini bisa kita katakan sebagai salah satu kunci sukses yang tidak bisa dianggap sepele. Jika memiliki tenaga teknisi yang kompeten maka pelayanan bengkel anda akan semakin terkenal dan terpercaya. Hal yang perlu anda perhatikan saat merekrut teknisi adalah terkait pengalaman yang mereka miliki. Hal itu karena kemampuan dalam memperbaiki mobil sangat dipengaruhi oleh pengalaman.

Anda dapat saja mempekerjakan anak-anak muda yang fresh guide untuk bekerja namun itu berimbas kepada bisnis kedepannya nanti. Solusinya adalah dengan tetap memperkerjakan anak muda dan teknisi pengalaman untuk bekerja sama. Hal itu bertujuan agar tenaga muda mendapatkan pelajaran dari yang sudah berpengalaman.

Mengetahui Seluk Beluk Peluang Usaha Mobil

Peluang Usaha - Bengkel Mobil
Peluang Usaha – Bengkel Mobil

Sebagai pemilik bengkel seharusnya anda juga harus mengetahui seluk-beluk mobil. Walaupun anda mengandalkan teknisi untuk memperbaikinya, akan tetapi ini adalah tips yang bisa membantu anda untuk mengawasi bisnis bengkel mobil. Dengan mengetahui seluk beluk mobil, anda dapat melihat dan menilai hasil kerja dari tenaga ahli yang dipekerjakan.

Jika merasa ada yang kurang, anda dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja bengkel agar mendapatkan pelanggan setia. Akan tetapi hal itu bisa anda lakukan jika memang mengerti tentang permesinan mobil. Hal ini juga bertujuan agar anda tidak terkena tipu dari oknum karyawan yang nakal dan mencari keuntungan pribadi.

Mencari Lokasi Peluang Usaha yang Tepat

Peluang Bisnis - Bengkel Mobil
Peluang Usaha – Bengkel Mobil

Semua bisnis tentunya harus ditempatkan pada lokasi yang tepat yang strategis, begitu pun dengan bisnis bengkel mobil. Carilah tempat yang mudah diakses sehingga pelanggan bisa menjangkau bengkel anda. Biasanya para pelaku bisnis bengkel mobil akan membuka usaha mereka di pinggir jalan raya atau jalan yang banyak dilalui oleh kendaraan.

Perhatikan juga area pendukung seperti tempat parkir dan tempat tunggu. Jadi, tampaknya anda membutuhkan lahan yang luas dan bisa menampung beberapa mobil sekaligus. Jangan sampai hanya karena lahan yang sempit menjadi alasan calon pelanggan tidak puas dan beralih ke tempat lain.

Perhatikan Kompetitor

Peluang Usaha - Bengkel Mobil
Peluang Usaha – Bengkel Mobil

Ini bukan hal yang buruk, melihat bagaimana kompetitor menjalankan bisnis nya akan membantu anda untuk terus meningkatkan pelayanan. Salah satu faktor yang menyebabkan orang memilih bengkel tertentu adalah terkait pelayanan dan harga. Anda dapat melihat bagaimana kompetitor memberikan pelayanan, dengan begitu anda dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dari mereka.

Bahkan terkait harga, jika terlalu mahal menetapkan tarif maka bisa saja pelanggan setia anda akan beralih ke kompetitor. Atau jika anda terlalu murah menetapkan tarif bengkel khawatir jika keuntungan yang diperoleh akan sangat minim. Karenanya perhatikanlah kompetitor dan berikanlah harga atau tarif dengan bijaksana.

Penutup

Nah demikianlah informasi tentang peluang usaha bengkel mobil serta tips suksesnya. Selain point-point yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi hal yang perlu anda pelajari, misalnya terkait cara promosi, manajemen bisnis dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat dan baca juga pembahasan lain tentang Peluang Usaha Membuka Kursus Komputer dan Cara Memulainya.