, , ,

Mengapa Peluang Bisnis Cuci Mobil Menggiuarkan? Berikut Analisanya

by -4 views
Peluang Usaha - Cuci Mobil
v

Di tahun ini, jumlah pengguna mobil terus meningkat seiring dengan harga mobil yang lebih terjangkau bagi banyak orang. Mobil tentunya harus dirawat dengan cara dicuci dan dibersihkan jika tidak ingin mobil cepat rusak. Karena itu, hal ini bisa menjadi bisnis untuk anda dengan membuka jasa pencucian mobil.

Bisnis ini memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, sebab menggunakan peralatan yang besar dan mahal. Nah jika anda penasaran bagaimana cara membangun usaha ini dan berapa estimasi biayanya, silahkan simak informasi berikut ini:

Berapa Biaya yang Dibutuhkan?

Peluang Usaha - Cuci Mobil
Peluang Usaha – Cuci Mobil

Sebagaimana yang telah disebutkan, jika bisnis ini bukanlah bisnis modal kecil. Peralatan yang dibutuhkan terbilang mahal, akan tetapi jika diperhitungkan dengan keuntungan rasanya harga mahal juga tidak menjadi masalah. Nah berikut rincian modal yang diperlukan untuk membuka usaha cuci mobil:

  • Paket alat cuci hidrolik Rp 52.000.000
  • Meja serta Radio Rp 2.000.000
  • Membuat sumur Rp 5.000.000
  • Biaya lainnya Rp 1.000.0000

Dari estimasi harga diatas maka yang diperlukan adalah 60.000.000 juta rupiah. Itu adalah untuk penyediaan peralatan dan belum termasuk biaya pengeluaran seperti gaji karyawan, pembuatan bangunannya dan lain-lain.

Analisa Keuntungan Peluang Usaha Cuci Mobil

Peluang Bisnis - Cuci Mobil
Peluang Usaha – Cuci Mobil

Setelah kita mengetahui berapa besaran modal yang diperlukan, ada baiknya kita uga menghitung berapa pendapatan setiap bulan dari usaha ini. Dengan modal yang cukup besar tentunya kita mengharapkan keuntungan yang besar pula. Nah untuk lebih jelasnya mari kita hitung penghasilannya.

Dalam satu bulan, anda bisa mendapatkan pelanggan hingga 300 kali. Jika harga dalam sekali mencuci adalah Rp 35,000 maka keuntungan kotor yang didapat adalah Rp 10.500.000. kemudian akan dikurangi oleh biaya karyawan sebesar 2.000.000 serta biaya operasional bulanan sebesar Rp 4.500.000.

Dari pengurangan tersebut maka anda dapat memperoleh keuntungan sebesar Rp 4 juta perbulannya. Cukup menguatkan bukan? Belum lagi jika anda mampu membuka usaha lain di tempat cucian mobil, misalnya menjual perlengkapan mobil, aksesoris dan lain sebagainya. Maka keuntungan pun bisa lebih besar lagi.

Tips Sukses Dalam Peluang Usaha

Peluang Usaha - Cuci Mobil
Peluang Usaha – Cuci Mobil

Bagi pebisnis muda yang ingin maju, tentunya harus mempelajari apa saja yang bisa membuat usaha sukses. Begitupun dengan peluang usaha cucian mobil, jangan sembarangan membuka usaha tanpa tau perencanaan dan bagaimana membangunnya dari nol hingga berhasil. Nah berikut ini tips sukses yang bisa anda ikuti untuk membangun usaha cucian mobil:

  • Memilih lokasi yang tepat, usahakan usaha anda berada di pinggir jalan raya yang banyak mobil lewat di sana
  • Menentukan harga cuci mobil yang ideal, sesuai harga dengan daerah tempat anda tinggal, jika memungkinkan tawarkan harga yang lebih murah dibanding kompetitor
  • Memilih karyawan yang profesional dan jujur untuk meningkatkan kredibilitas bisnis cucian anda
  • Berikan promo kepada setiap pelanggan yang setia
  • Lakukan evaluasi terhadap bisnis secara berkala untuk mengetahui kekurangan sehingga anda dapat menutupinya
  • Utamakan kualitas dan kenyamanan pelanggan, jangan terfokus kepada hasil dan keuntungan
  • Buatlah manajemen dan sistem bisnis yang jelas

Hambatan Dalam Usaha Cuci Mobil

Cuci Mobil
Usaha – Cuci Mobil

Dalam berbisnis, apapun itu, tentunya ada hambatan yang biasa ditemui. Dalam peluang usaha cuci mobil pun demikian, hambatan bisnis ini adalah ramainya pelanggan cukup tergantung dengan musim. Jika musim penghujan maka akan ada banyak pelanggan yang datang untuk mencuci mobil, sebaiknya, saat musim kemarau pelanggan hanya sedikit.

Untuk mencintainya, anda perlu berinovasi. Maksudnya anda juga harus membuka jasa lain, tidak hanya mencuci mobil, tawarkan juga jasa pencucian motor. Di Indonesia sendiri jumlah pengguna motor sangat lah banyak hingga jutaan pengguna. Tentu ini menjadi pasar yang besar jika anda membuka jasa cuci motor juga.

Penutup

Demikian informasi tentang peluang usaha yang menjanjikan keuntungan besar. dalam persaingan bisnis yang semakin marak ini, mengharuskan anda selalu bisa berinovasi untuk bisa bertahan dan berkembang. Begitupun dengan bisnis cucian mobil, tidak hanya mengandalkan modal yang besar, tetapi anda juga harus pandai-pandai melihat peluang.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan silahkan share kepada teman dan keluarga anda. baca juga artikel lain tentang Ini Rincian Modal Peluang Usaha Cuci Helm dan Prospeknya.