, ,

Pelung Usaha Cuci Motor, Modal 5 Juta Bisa Untung dalam 2 Bulan

by -13 views
Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Dengan terus berkembangnya zaman, penggunaan motor sekarang ini semakin bertambah. Bahkan dalam satu keluarga bisa saja masing-masing mereka mempunyai motor sendiri. Itulah mengapa peluang usaha cuci motor sangat menjanjikan dan mempunyai prospek besar kedepannya.

Peluang usaha ini sangat menarik untuk dicoba, terlebih saat musim penghujan, maka anda bisa mendapatkan banyak pelanggan. Nah jika anda berminat, silahkan simak informasi berikut ini yang membahas tentang modal dan tips suksesnya:

Modal Awal Membuka Peluang Usaha Cucian Motor

Peluang Usaha Cucian Motor
Peluang Usaha Cucian Motor

Saat pertama kali membuka usaha ini, tentu anda perlu menyiapkan beberapa hal untuk mendukung usaha cucian motor. Anda perlu investasi uang terlebih dahulu dengan membeli peralatan-peralatan sebagai berikut:

  • 1 unit mesin steam untuk mencuci
  • 1 tabung salju steam
  • 2 buah spons
  • 2 buah kanebo
  • 1 buah sabun 5L
  • 1 buah microfiber
  • Semir ban
  • 1 buah kompressor

Sehingga total biaya yang diperlukan untuk menyiapkan semua perlengkapan tersebut adalah kurang dari Rp 5.000.000. Akan tetapi itu belum termasuk sewa tempat. Jika anda mempunyai tempat untuk membuka tempat cuci motor sendiri itu sangat bagus sehingga bisa memangkas biaya operasional nya.

Asumsi Pendapatan Peluang Usaha Cuci Motor

Peluang Usaha Cucian Motor
Peluang Usaha Cucian Motor

Untuk bisa menghitung asumsi pendapatan dari usaha cuci motor tentunya anda harus tahu berapa biaya operasional nya. Biaya tersebut bisa dihitung dari jumlah pemakaian listrik, sewa tempat, gaji untuk karyawan dan lain-lain. Kita anggap biaya operasional tersebut adalah sekitar Rp 3.000.000.

Selanjutnya yang perlu kita hitung adalah berapa harga untuk mencuci motor di daerah masing-masing. Biasanya setiap daerah memiliki tarif yang berbeda-beda. Anggap saja satu motor, anda memasang harga cuci sebesar Rp 10.000.

Misalnya, dalam satu bulan anda mendapatkan omset sebesar Rp 6.000.000, kemudian dikurangi besaran operasional nya yaitu Rp 3.000.000. Maka dalam sebulan anda dapat memperoleh keuntungan sekitar Rp 3.000.000 dengan catatan anda menggunakan karyawan. Tentu keuntungan akan semakin besar jika anda sendirilah yang terlibat di dalam operasional nya.

Dengan perhitungan keuntungan di atas, kita bisa mengetahui jika dalam 2 bulan saja anda sudah bisa balik modal. Setelahnya anda dapat mengembangkan bisnis ini lebih maju lagi, misalnya dengan menambah mesin pencuci agar proses mencuci dua kali lebih cepat dan dalam sebulan anda bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi.

Bagaimana Cara Sukses Peluang Usaha Cuci Motor?

Peluang Usaha Cucian Motor
Peluang Usaha Cucian Motor

Setiap peluang usaha atau bisnis tentunya mengharuskan anda untuk memikirkan strategi suksesnya. Nah begitu pula dengan bisnis cuci motor ini, berikut akan kami sampaikan tips sukses memulai usaha cuci motor:

1. Memilih lokasi strategis

Iya, lokasi adalah salah satu kunci penting dalam bisnis cuci motor. Pilihan lokasi yang strategis sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha cuci motor anda. pilihlah lokasi yang memang mudah diakses mayakata dan daerahnya ramai akan penduduk. Bukan hanya dari sisi ramainya saja, anda juga perlu melihat tingkat persaingan di daerah tersebut.

2. Strategi Promosi yang Tepat

Sebagian usaha yang baru saja dirintis, tentunya anda perlu melakukan strategi marketing yang ampuh untuk menggaet banyak pelanggan. Promosi juga bisa digunakan untuk mensiasati jika tingkat persaingan di lokasi anda cukup tinggi. Berikanlah promo yang menarik agar pelanggan anda menjadi setia dan lebih memilih jasa cuci motor anda.

Salah satu cara promosi yang sederhana namun berkesan adalah, dengan memberikan promo cuci gratis jika pelanggan telah beberapa kali mencuci di tempat anda. atau anda dapat memikirkan strategi promosi lain yang terbukti ampuh mendatangkan pelanggan.

3. Pelayanan yang terbaik

Sebenarnya pelayan ini bisa anda masukkan ke dalam strategi promosi. Karena jika anda mampu memberikan pelayanan terbaik, maka bisnis anda akan terpromosikan secara otomatis dan akan mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan. Salah satu pelayanan yang dianggap sepele namun memiliki dampak positif adalah soal keramahan. Selain itu masih banyak lagi strategi pelayanan yang perlu anda terapkan di dalam bisnis.

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencari peluang usaha menjanjikan. Ikutilah tips dan saran di atas untuk mendapatkan kesuksesan di dalam bisnis cuci motor ini dan jangan lupa untuk selalu diiringi dengan doa agar bisnis dimudahkan.

Baca juga artikel lain terkait Ini Rincian Modal Peluang Usaha Cuci Helm dan Prospeknya.