,

Peluang Usaha Distro dan Clothing, Apa Perbedaannya?

by -3 views
peluang usaha distro dan clothing
Peluang usaha distro dan clothing

Usaha fashion pakaian seolah tidak ada matinya karena memang setiap tahun gaya dan minat fashion setiap orang terus berubah-ubah. Salah satu bisnis pakaian yang menjanjikan keuntungan besar adalah peluang usaha distro dan clothing. Namun tidak banyak yang tahu ternyata clothing dan distro mempunyai perbedaan.

Nah jika anda penasaran dengan perbedaan kedua istilah tersebut, anda dapat menemukan pembahasannya di dalam artikel ini. Silahkan simak ulasan perbedaan distro dan clothing berikut hingga selesai:

Apa Itu Distro?

Tips Sukses Distro
Peluang usaha distro dan clothing

Untuk bisa mengetahui perbedaan distro dan clothing, tentunya kita terlebih dahulu harus mengetahui pengertiannya. Nah distro sendiri adalah singkatan dari ‘Distribution Store’ yaitu toko tempat pendistribusian. Dalam artian distro adalah outlet atau toko yang menjual produk dari sebuah brand tertentu.

Untuk membuka distro anda bisa menjadi reseller langsung dari brand tertentu atau self-production. Nah sekarang ini distro lebih diartikan sebagai toko pakaian. Padahal sejatinya distro memiliki makna yang luas, bahkan toko makanan pun bisa disebut distro.

Hanya saja karena sudah diartikan sebagai toko pakaian, maka akan terdengar aneh ketika menggunakan kata “distro” untuk produk makanan.

Apa Itu Clothing?

peluang usaha distro dan clothing
Peluang usaha distro dan clothing

Clothing Company bisa kita artikan sebagai pemilik brand sekaligus mereka lah yang memproduksi pakaian atau aksesoris lainnya. Clothing company tentunya akan menggunakan brand dengan nama sendiri. Jadi clothing company adalah merek dagang, brand atau label untuk produk pakaian yang mereka produksi.

Selain clothing company masih ada jenis cloting lain, yaitu clothing line. Nah clothing line sendiri mempunyai makna berbeda. Clothing line adalah istilah untuk perusahaan yang mempunyai beberapa brand.

Clothing line bisa diartikan sebagai perusahaan induk yang membawahi beberapa brand lain. Brand yang berada di bawah clothing line sepenuhnya berada dalam kendali perusahaan induk sehingga baik itu produk atau keuntungan seluruhnya di handle oleh clothing line.

Perbedaan Distro dan Clothing

Tips Sukses Distro
Peluang usaha distro dan clothing

Setelah kita mengetahui pengertian antara distro dan clothing, tentu akan bisa disimpulkan jika kedua istilah tersebut memiliki arti yang jauh berbeda. Karena memang banyak orang yang keliru memaknai keduanya sehingga ketika ingin memulai bisnis malah jadi bingung.

Distro adalah sebuah toko yang khusus menjual produk dari brand tertentu. Nah brand produksi tersebutlah yang disebut sebagai clothing company. Brand company sangat bertanggung jawab terhadap produksi sebuah produk dan pemasarannya. Adapun distro mereka hanya menjadi tempat penjualan serta tidak mempunyai kendali untuk menentukan produksi

Mana yang Lebih Menguntungkan, Punya Brand Clothing Company atau Distro?

Toko Pakaian
Peluang usaha distro dan clothing

Nah jika kita menganalisa mana lebih menguntungkan antara brand company atau distro, tentu jawabannya sangat relatif. Untuk membangun brand company tentunya membutuhkan modal yang jauh lebih besar dibandingkan membuka distro. Hal itu kembali lagi kepada pribadi masing-masing.

Jika anda mempunyai modal dan tim yang besar, maka anda bisa mencoba untuk membuka usaha clothing. Anda bisa memproduksi kaos, kemeja, jaket, celana atau aksesorisnya. Hanya saja untuk memulai usaha clothing tentu membutuhkan sumber daya yang sangat besar.

Nah jika hanya mempunyai modal yang terbatas, maka anda dapat membuka distro. Membuka distro sendiri masih terbagi lagi menjadi dua, anda dapat memulainya dengan menjadi agen reseller resmi dari sebuah brand atau mencari dan menjual produk secara mandiri.

Menjual produk distro memang mempunyai kelebihan tersendiri, hal itu karena pakain distro berbeda dengan pakaian biasa. Perbedaan tersebut bisa terkait model ataupun desain. Pada umumnya pakaian biasa untuk satu modelnya akan diproduksi dengan jumlah massal sedangkan produk distro tidak demikian.

Terkait harga jual produk distro dijual dengan harga yang lebih mahal dari pada pakaian biasa. Selain itu, perbedaan lainnya adalah terkait tempat penjualan, produk biasa tentunya tidak akan anda temukan di toko distro. Walaupun produk distro bisa ditemukan di toko pakaian biasa.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang peluang usaha distro dan clothing yang bisa anda coba. Semoga dengan ulasan di atas memberikan anda sedikit wawasan dan ide untuk memulai usaha sendiri dan mendapatkan pundi-pundi rupiah. Baca juga artikel lain terkait Cara Memulai Bisnis Distro, Berikut 5 Tips Suksesnya.