, ,

5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Para Pebisnis Franchise

by -7 views
Peluang Usaha - Franchise
Peluang Usaha - Franchise

Salah satu peluang usaha yang terbilang mudah untuk dikerjakan adalah usaha franchise. Ada banyak jenis usaha franchise yang bisa anda coba, mulai dari minuman, makanan ringan, es krim dan lain sebagainya. Agar bisa sukses di dalam bisnis ini tentunya anda harus banyak belajar dan terus membekali diri dengan skil dan manajemen bisnis yang tepat.

Peluang bisnis di bidang ini pun cukup menjanjikan, karena anda bisa menjual produk tidak perlu lagi promosi, persiapan alat-alat, bahan dasar produk atau lainnya. Tapi menjalani bisnis ini juga pasti ada resiko, dan sebagai pebisnis muda anda harus menghindari beberapa kesalahan dalam pengelolaan bisnis franchise.

5 Kesalahan yang Terjadi dalam Peluang Usaha Franchise

Peluang Usaha - Franchise
Peluang Usaha – Franchise

Berbeda dengan memulai bisnis dengan ide anda sendiri, bisnis franchise tidak mengharuskan anda bersusah payah. Hanya saja, masih banyak orang yang salah dan tanpa sadar membuat bisnisnya bangkrut. Nah berikut ini beberapa kesalahan yang harus anda hindari:

1. Modal peluang usaha dari berhutang

Memulai usaha apapun pastinya membutuhkan modal, begitupun saat anda mencoba usaha franchise. Anda harus membayar biaya kemitraan, biaya sewa ruko, biaya operasional dan lain-lain. Dengan tanggungan yang besar itu, banyak pebisnis yang memilih untuk meminjam uang untuk membiayai usahanya.

Hal itu tidak sepenuhnya salah, hanya saja itu sedikit kurang bijak sana. Dengan adanya hutang, berarti anda setiap bulannya harus membayar beban tagihan. Terlebih biasanya pinjaman dari bank atau pihak lainnya mengharuskan anda membayar tepat waktu dan jumlahnya lebih besar dari uang yang anda pinjam. Akan sangat baik jika anda menghindari hal itu.

2. Salah memilih partner peluang usaha

Sebagai investor, tentu anda harus memperhatikan terlebih dahulu sepak terjang waralaba tertentu yang anda minati. Biasanya waralaba yang baik akan dengan senang hati menjelaskan segala program dan prospek penjualan yang bisa anda dapatkan. Lakukan lah sedikit riset dan pendekatan yang lebih personal agar anda mengetahui seluk beluk sebuah waralaba.

3. Manajemen bisnis yang tidak terkontrol

Jika anda adalah pemilik waralaba maupun calon investor, seharusnya anda sudah memperhitungkan manajemen bisnis secara terperinci. Jangan membuat program bisnis yang belum sempurna. Itu bisa berakibat terhadap masa depan bisnis anda nantinya. Buatlah program ataupun rencana yang matang dengan perhitungan bisnis yang tepat.

Manajemen bisnis sangat penting untuk anda terapkan agar usaha anda bisa bertahan lama dan menguntungkan. Anda dapat mempelajari manajemen bisnis yang tepat disini. Ketahui apa saja yang perlu anda lakukan dan bagian apa saja yang harus dimanage secara profesional.

4. Tidak riset mendalam

Sebagai pebisnis anda juga wajib untuk melakukan riset atau penelitian terhadap bisnis yang ingin anda kembangkan. Baik itu pemilik waralaba atau investor harus mengetahui bagaimana prospek bisnis anda kedepannya nanti. Anda dapat melakukan riset sebelum membuat sebuah produk atau ketika ingin membuka cabang di kota tertentu.

Jika bisnis anda sudah besar, ada baiknya mengajak tenaga ahli yang kompeten untuk meriset, agar bisnis anda bisa berjalan dengan lancar dan sesuai perencanaan.

5. Memilih franchise kekinian

Memang tidak ada salahnya dan memilih franchise kekinian, akan tetapi perlu anda pertimbangkan dengan keadaan trend yang sering berubah-ubah. Jika anda hanya mengikuti trend yang sedang berkembang tanpa memperhitungkan masa depannya, khawatir jika peluang usaha franchise anda tidak bertahan lama. Tren apa saja biasanya tidak bertahan lama dan lama-lama akan hilang ditinggalkan pembeli.

Dengan perhitungan yang matang, mungkin akan lebih baik memilih franchise yang bisa bertahan lama ketimbang memilih franchise kekinian yang hanya bertahan sesuai tren saja. Atau jika anda memilih franchise kekinian, pastikan jika anda memiliki perencanaan untuk masa depan.

Penutup

Nah demikian pembahasan tentang beberapa kesalahan dalam peluang usaha waralaba franchise yang harus anda hindari. Sebagai pebisnis anda harus memperhatikan segala aspek untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan bertahan lama. Bisnis waralaba mungkin menjadi jawaban karena mudah dijalankan dan menghasilkan keuntungan besar.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan silahkan share kepada keluarga atau teman anda. semoga kita semua bisa sukses dan bisa membangun usaha yang diinginkan.