, ,

Peluang Usaha Kecil-Kecilan Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

by -4 views
usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti berhenti mengejar mimpi. Saat ini tidak menutup kemungkinan para ibu untuk melanjutkan mimpinya bahkan meski dimulai dari rumah. Salah satu cara yang bisa dilakukan para ibu adalah dengan membangun usaha kecil-kecilan. Namun seringkali modal menjadi kendala mereka dalam mewujudkannya.

Nah, berikut terdapat ide usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga yang bisa dirintis mulai dari sekarang. Apa saja itu?

Peluang Usaha Kecil-Kecilan Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga
Foto: Pexels

1. Membuat berbagai kerajinan tangan

Untuk kamu yang memiliki kemampuan mengolah barang-barang menjadi kerajinan tangan yang berkualitas dan bernilai tinggi. Kemampuan ini bisa menjadi bisnis yang menghasilkan keuntungan.

Kerajinan tangan banyak mendapat permintaan dari pasar yang digunakan untuk souvenir pernikahan, souvenir wisuda, bahkan untuk pembuatan parcel pada momentum hari-hari spesial. Modal utama usaha sampingan ibu rumah tangga ini adalah kreativitas yang dimiliki dan akan terus berkembang seiring permintaan klien.

2. Jasa katering

Nah, buat kamu yang memiliki hobi memasak, kamu bisa mengembangkan bisnis di bidang kuliner. Tidak perlu sampai membuka sebuah restoran atau rumah makan, kamu bisa memulainya dengan membuka jasa katering kecil-kecilan.

Ragam menu yang ditawarkan pun bisa disesuaikan dengan kemampuanmu dalam memasak. Mulai dari paket nasi box, makanan berat untuk prasmanan, atau pesanan kue kering dan basah untuk kebutuhan arisan.

Tak perlu modal besar untuk memulainya. Kamu bisa membuka usaha katering di rumah dengan memanfaatkan dapur yang ada. Serta mempekerjakan ibu-ibu yang ada di sekitar tempat tinggalmu untuk membantu produksi makanan.

Sedangkan untuk sarana pemasarannya sendiri, kamu bisa menggunakan sosial media yang ada untuk memperluas dan menunjukkan eksistensi usahamu pada semua orang. Menarik, kan?

3. Menjadi dropshipper

E-commerce seperti Tokopedia, BukaLapak dan Shopee tentu memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis dari rumah hanya dengan berbekal smartphone. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menjadi dropshipper atau penyalur barang dari supplier ke tangan konsumen.

Caranya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu melihat trend barang apa saja yang sedang diminati oleh banyak orang, lalu tawarkan barang-barang tersebut kepada orang di sekitarmu.

Untuk pengambilan keuntungannya, kamu bisa menjual barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Selisih harga jual dan belinya merupakan keuntungan yang nantinya bisa kamu kantongi.

4. Bisnis fashion

Fashion menjadi salah satu sektor yang terus berkembang dan mengikuti perkembangan zaman. Kondisi ini memberikan peluang khususnya bagi para ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha di rumah.

Trend fashion yang banyak disoroti adalah fashion hijab. Popularitasnya terus meningkat di kalangan ibu rumah tangga. Tidak heran bisnis ini cocok untuk usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga dengan modal kecil dan menjadi produk jualan di rumah yang laris.

Namun sebelum memulainya, kamu harus melakukan riset dalam memilih hijab serta pakaian yang mendukung gaya busananya. Sebagai permulaan, kamu dapat mulai menawarkan kepada teman arisan atau orang tua dari teman buah hatimu.

5. Bumbu siap pakai

Saat ini semua disajikan secara cepat, bahkan urusan makanan sekali pun. Sayangnya hal tersebut banyak yang beralih makanan instan yang mengandung zat pengawet.

Ini jadi peluang buat kamu yang memiliki bakat memasak dan menguasai bumbu dapur. Banyak orang yang melakukan food preparation untuk menyiapkan makanan selama satu minggu kedepan sehingga mempersingkat waktu memasak.

Kamu bisa membantu ibu lainnya untuk membantu proses memasak lebih praktis dengan menawarkan bumbu instan siap pakai. Tidak seperti bumbu siap pakai lainnya, bumbu yang kamu tawarkan bersifat fungsional untuk beberapa masakan dan dijamin tanpa bahan pengawet. Dengan kelebihan tersebut, dijamin deh usahamu akan laris manis.

Peluang bisnis bumbu instan ini menjadi salah satu produk jualan di rumah yang laris jika ditekuni dengan tepat.

6. Membuka bimbingan belajar di rumah

Dengan ilmu yang didapat dari bangku sekolah maupun perguruan tinggi, membuka bimbingan belajar menjadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang mudah dan tidak membutuhkan modal terlalu banyak.

Mengingat kebutuhan akan guru les yang semakin meningkat. Terlebih lagi di bidang matematika dan bahasa Inggris yang semakin krusial untuk di masa mendatang. Membuka usaha bimbel di rumah juga tidak terlalu menyita waktu karena kamu bisa mengatur sendiri jam belajarnya, sehingga kamu tidak perlu takut urusan rumah lainnya akan terbengkalai.

Itu tadi usaha di rumah yang laris untuk ibu rumah tangga yang bisa jadi inspirasi untuk kamu. Penting untuk diingat bahwa kesuksesan yang kamu rintis tidak hanya berasal dari ide saja, namun juga manajemen keuangan yang tepat agar kamu dapat terus mengembangkan bisnismu ke depannya.