, ,

Peluang Usaha Kecil Menjanjikan dengan Bakery Rumahan

by -7 views
Usaha rumahan
Foto: Pexels

Usaha toko roti atau bakery adalah salah satu bidang usaha kuliner yang cukup menjanjikan untuk ditekuni. Usaha kecil menjanjikan ini lebih mudah dilakukan karena selain bahan bakunya mudah didapat, minat masyarakat terhadap roti pun cukup tinggi.

Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman, variasi roti ataupun kue di dunia semakin beragam. Hal ini dapat membantu memperluas peluang karena banyak jenis roti yang dapat ditawarkan terhadap calon pelanggan.

Usaha bakery pun tidak selalu harus dimulai dengan membuka toko atau kedai, namun juga dapat dilakukan dengan usaha rumahan yang modal awalnya tidak terlalu besar. Sehingga usaha kecil menjanjikan ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Termasuk ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan meski hanya di rumah sambil mengurus anak.

Memulai Usaha Kecil Menjanjikan dengan Bakery

Usaha Rumahan
Foto: Pexels

Roti menjadi salah satu sumber karbohidrat yang baik pengganti nasi. Tak heran beberapa orang memilih untuk mengganti nasi mereka dengan mengonsumsi roti di pagi hari. Selain itu, roti juga cocok untuk dijadikan camilan pengganjal perut.

Tak hanya itu, roti juga sering dijadikan snack dalam berbagai macam acara. Mulai dari arisan, pernikahan hingga acara ulang tahun. Hal ini membuktikan bahwa kebutuhan akan roti sebenarnya cukup banyak dicari. Peluang bisnis bakery pun cukup terbuka luas buat kamu yang ingin memanfaatkannya.

Hal yang perlu kamu ketahui dalam bisnis bakery adalah untuk memastikan cita rasa serta kualitas dari roti yang kamu hasilkan. Selain itu, pastikan roti produksimu dikemas semenarik mungkin agar membuat calon pelangganmu tertarik.

Tak hanya itu, kamu juga harus terus berinovasi mengembangkan ide-ide menu yang ada. Agar roti maupun kue buatanmu berbeda dari yang lain serta konsumenmu tidak akan bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Modal untuk Memulai Usaha Rumahan dengan Bakery

Usaha kecil menjanjikan
Foto: Pexels

Karena sebagian besar peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha rumahan telah tersedia di rumah, maka modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Jika kamu telah memiliki peralatan-peralatan untuk membuat kue, maka itu akan menjadi keuntungan tersendiri untuk kamu. Akan tetapi jika kamu belum memilikinya, kamu dapat menyimak daftar berikut:

Estimasi Biaya Peralatan Yang Dibutuhkan

Mixer Rp 200.000

Oven Gas Rp 2.500.000

Timbangan Kue Rp 110.000

Loyang Berbagai Jenis Rp 300.000

Whisk Rp 30.000

Total : Rp 3.140.000

Estimasi Biaya Bahan Habis Pakai

Bahan Baku Kue Rp 3.000.000

Kemasan (Plastik&Dus) Rp 100.000

Total : Rp 3.100.000

Estimasi Biaya Operasional

Listrik dan PDAM Rp 300.000

Gas Rp 120.000

Paket Internet Rp 200.000 (untuk kebutuhan marketing dengan sosial media)

Total : Rp 620.000

Dari perhitungan modal secara kasar di atas, maka dapat di proyeksikan bahwa modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha bakery adalah Rp 6.860.000, dimana jumlah ini bergantung kepada jenis dan merek yang mungkin akan berbeda harga di setiap daerah. Selain itu, terdapat kemungkinan perbedaan kebutuhan jika jenis roti yang akan dijual berbeda.

Proyeksi Omzet Usaha Bakery

Apabila setiap hari kamu bisa menghasilkan 100 bungkus roti yang dijual dengan harga 5000, maka proyeksi omzet yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut:

Omzet = 5000 x 10 x 30 = 15.000.000

Omzet yang didapat dapat lebih banyak bergantung pada jumlah penjualan yang bisa kamu lakukan per bulannya. Dengan asumsi margin keuntungan sebesar 25% jika kamu dapat menjual 100 bungkus roti/hari maka keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah Rp. 3.750.000, jika kamu dapat menjual lebih banyak, maka keuntungan yang kamu dapat pun akan semakin besar.

Strategi Marketing Bakery Rumahan

Usaha kecil menjanjikan
Foto: Pexels

Membuka sebuah usaha tentu saja tidak hanya perlu menyiapkan modal saja, kamu juga perlu menyusun stategi pemasaran yang jitu untuk mengenalkan produkmu kepada masyarakat luas.

Ada berbagai macam strategi marketing yang telah dikenal luas oleh masyarakat seperti dengan memasang iklan, menggaet influencer, melakukan promosi door-to-door, dll. Memasang iklan membutuhkan biaya yang mahal, hal ini tidak dapat dilakukan oleh usaha yang baru dirintis karena akan membuat biaya operasional kian membengkak.

Sedangkan promosi door-to-door tidak efektif untuk dilakukan karena membutuhkan banyak waktu dan biaya untuk berkeliling dari rumah ke rumah. Namun, di era global yang semakin maju ini terdapat satu strategi marketing yang murah dan dapat dilakukan sendiri dengan biaya yang sedikit dan juga waktu yang cukup singkat sehingga efektif untuk dilakukan oleh pelaku usaha rumahan, yaitu sosial media.

Saat ini, hampir semua orang menggunakan sosial media. Jutaan akun telah terdaftar di berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll. Hal ini menjadi peluang besar untuk mempromosikan produkmu agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

Bahkan, di  Facebook terdapat fitur marketplace. Pada fitur itu, kamu bisa menjual produkmu dengan menginput info mengenai produk yang akan kamu jual sesuai dengan kategori produk. Maka, saat calon konsumen membuka marketplace dan mencari dalam kategori, produkmu bisa saja muncul jika lokasimu masih termasuk dalam radius jarak yang telah diatur.

Memasarkan produk secara online adalah hal yang wajar untuk dilakukan saat ini. Untuk menjalankan suatu usaha kecil menjanjikan, kamu juga harus mengikuti perkembangan zaman, ya! Karena masyarakat sangat dinamis sehingga sebagai seorang wirausahawan, kamu juga harus peka terhadap apa yang sedang menjadi trend, seperti digital marketing ini.

Demikian artikel mengenai Peluang Usaha Kecil Menjanjikan dengan Bakery Rumahan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!