, , , ,

Peluang Usaha Kecil Menjanjikan untuk Generasi Milenial

by -9 views
bisnis milenial

Generasi milenial belakangan banyak dijadikan perbincangan. Sebab, langkah yang mereka lakukan cukup progresif terutama dalam hal bisnis dan memajukan perekonomian bangsa.

Terbukti dengan banyaknya pengusaha muda sukses yang berasal dari kalangan generasi milenial atau yang juga sering disebut dengan Gen Y ini. Milenial juga dianggap sebagai salah satu roda yang dapat menggerakkan ekonomi negara. Tak heran, pemerintah pun menempatkan tanggungjawab besar pada pundak anak-anak muda era saat ini.

Nah, untuk membantu pergerakan ekonomi bangsa. Kamu bisa memulainya dengan berbisnis atau membuka usaha kecil-kecilan. Terlebih dewasa ini, generasi milenial dikenal sangat kreatif dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaru.

Buat kamu yang tertarik untuk memulai usaha kecil, pada artikel berikut ini InfoBiznis akan menyajikan beberapa peluang bisnis milenial yang menjanjikan. Penasaran apa saja, kan? Simak lengkap artikel berikut ini, ya.

Peluang Usaha Kecil Menjanjikan untuk Generasi Milenial

1. Usaha kecil menjanjikan dengan membuka kafe

bisnis milenial
Foto: Pexels

Kafe menjadi salah satu tempat tujuan nongkrong bagi kebanyakan kawula muda. Nggak heran kalau sekarang ada banyak jenis kafe yang tersebar hampir di setiap sudut kota. Masing-masing kafe biasanya menawarkan menu andalannya tersendiri.

Nah, kalau kamu tertarik untuk berbisnis dengan membuka kafe. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Salah satunya adalah pemilihan tempat.

Pastikan kamu menggunakan tempat atau lokasi yang strategis. Hal ini guna memudahkan para pembeli untuk menjangkau kafemu.

Selain itu, karena bisnis kafe sangat banyak dan persaingannya juga teramat ketat. Kamu bisa dengan menciptakan inovasi terbaru dan unik yang belum pernah ada sebelumnya. Misalnya nih, suasana kafemu dibuat dengan bertema seperti robotik. Desain interior serta dekorasinya berkaitan dengan robot-robot.

Gak cuma itu, kamu juga bisa berinovasi dalam hal menu. Jika kafemu bertema robotik, maka pastikan menunya juga berkaitan dengan nama-nama robot atau apapun yang berkaitan dengan hal itu. Keren, kan?

2. Camilan yang unik dan kekinian

Nah, kalau kafe dirasa terlalu berat untuk direalisasikan karena membutuhkan modal yang tak sedikit. Kamu bisa memanfaatkan peluang usaha kecil menjanjikan yang lain seperti dengan menciptakan produk camilan unik dan kekinian.

Coba deh kamu lihat di sekelilingmu, adakah bahan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat menu masakan baru? Nggak selalu yang harus mahal, lho. Kamu bisa banget memanfaatkan makanan-makanan ringan untuk dipadu padankan dengan bahan makanan lain sehingga terciptalah menu masakan baru yang lebih unik.

Contohnya saja kamu bisa membuat corn dog dengan isian berbeda dari yang lain. Atau kamu bisa juga membuat camilan unik dan enak dari mie instan seperti yang sempat viral belakangan yakni donat mie.

Dengan sedikit kreativitas dan inovasi dalam berbisnis, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi keuntugan jauh lebih banyak daripada menjual produk yang biasa-biasa saja.

3. Gerai thai tea juga bisa dijadikan pilihan

Peluang usaha kecil menjanjikan
Foto: Pexels

Minat pasar terhadap produk minuman manis sangatlah tinggi. Ada begitu banyak produk-produk minuman manis yang dijual di pinggir jalan sampai yang ada di dalam mall sekali pun. Hal ini membuktikan bahwa bisnis beverage sangatlah menguntungkan.

Salah satu produk minuman manis yang laris di pasaran adalah minuman thai tea. Yup, minuman yang satu ini sudah populer beberapa tahun belakangan. Gerai-gerai thai tea pun terbukti tak pernah sepi dari pelanggan.

Melihat besarnya minat pasar terhadap produk minuman satu ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk meraup keuntungan dengan membuka bisnis atau usaha serupa. Namun sebelum itu, pastikan kamu menyiapkan menu-menu yang unik dan berbeda dari yang lain.

Usahakan untuk terus berinovasi agar produkmu tidak membosankan serta memiliki perbedaan dari brand minuman thai tea yang lain.

4. Menjadi make-up artist

Dewasa ini, banyak lho remaja yang suka berdandan. Mulai dari dandanan yang tipis dan terkesan natural hingga yang tebal sekali pun. Hasil make up mereka pun cukup cantik dan memuaskan.

Nah, buat kamu yang juga tertarik dengan dunia make up, kamu bisa banget memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan. Misalnya dengan menjadi make up artist untuk temanmu yang akan pergi pesta atau dengan membuka jasa make up untuk pengantin.

Kamu hanya perlu bermodalkan peralatan make up yang lengkap serta skill yang mumpuni untuk memberikan hasil yang maksimal.

5. Bisnis fotografi untuk kamu yang hobi foto-foto

Peluang usaha kecil menjanjikan
Foto: Pexels

Kalau kamu tertarik dengan dunia fotografi dan sudah memiliki modal berupa kamera yang mumpuni. Kamu bisa mulai menawarkan bisnis jasa yang satu ini. Fotografer belakangan banyak dicari untuk dijadikan pengabadi momentum tertentu. Misalnya pada acara pernikahan, kelulusan hingga acara-acara perpisahan.

Ada juga lho fotografer yang khusus disewa untuk mendapatkan foto yang profesional untuk dijadikan portofolio atau foto profil dalam LinkedIn. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan orang terhadap jasa fotografer semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Selain menjadi fotografer untuk sebuah acara, kamu juga bisa memanfaatkan kamera dan kemampuanmu untuk mengambil foto-foto alam atau apapun untuk kemudian di jual atau diikutkan dalam kompetisi. Mudah, kan?

Nah, itulah tadi beberapa bisnis milenial yang cukup menjanjikan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk membangun citra serta brand awareness pada khalayak umum.

Semakin profesional layanan yang kamu berikan atau semakin bagus kualitas produk yang kamu tawarkan, tentu orang-orang pun tidak akan sungkan untuk membantu mempromosikan bisnismu ke teman-teman terdekatnya yang lain.