, ,

Peluang Usaha Kecil Menjanjikan yang Bisa Dimulai dari Rumah

by -6 views
Usaha kecil menjanjikan
Foto: Pexels

Dewasa ini ada begitu banyak peluang usaha kecil menjanjikan yang bisa dilakukan. Sayangnya, tak semua orang mau dan berani dalam memanfaatkan peluang tersebut karena keterbatasan modal sekaligus takut mengalami kegagalan.

Padahal, gagal merupakan salah satu proses yang mutlak dialami oleh para pengusaha sukses. Justru tanpa kegagalan, perjalananmu akan terasa kurang. Karena dari kegagalan ini, kamu bisa belajar banyak hal mengenai cara mengelola bisnis dengan baik sekaligus  mempertahankannya agar tetap cuan.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk memiliki bisnis sendiri namun bingung mau berbisnis apa. Pada artikel berikut ini InfoBiznis akan menyajikan beberapa ide atau peluang usaha kecil menjanjikan yang bisa kamu coba. Tak perlu khawatir karena semuanya bisa dimulai dengan modal kecil dan sudah pasti bakalan laku asal kamu menjualnya dengan cara yang tepat.

Penasaran apa saja, kan? Simak lengkap artikel berikut ini, ya!

Peluang Usaha Kecil Menjanjikan yang Bisa Dimulai dari Rumah

usaha kecil menjanjikan
Foto: Pexels

1. Bisnis menjanjikan dengan tahu bulat

Kamu pasti pernah dengar cemilan yang satu ini. Cemilan dengan bahan dasar tahu ini memang menjadi salah satu makanan yang disukai banyak kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sekali pun. Rasanya yang gurih, enak serta harga yang terjangkau membuat makanan ini menjadi salah satu jenis jualan yang cepat laku.

Terlebih dengan varian rasa bumbu bubuk yang ditaburkan setiap kali akan disajikan. Membuat cita rasa tahu bulat menjadi sangat bersahabat di lidah. Biasanya, penjual tahu bulat menjajakan produk mereka menggunakan mobil pick-up. Bisnis ini sempat booming beberapa waktu yang lalu karena slogannya yang unik yakni tahu bulat digoreng dadakan lima ratusan.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk berbisnis dengan tahu bulat. Kamu bisa memulainya dengan modal yang cukup terjangkau. Tak perlu harus memiliki mobil untuk berkeliling menjajakan produk makananmu. Kamu bisa menjualnya di depan rumah atau di pinggir jalan raya yang banyak dilewati pengendara motor.

Tak hanya berjualan tahu bulat saja, kamu juga bisa menjajakan makanan atau gorengan lain seperti bakwan, mendoan dan lain-lain. Tentunya pastikan kamu berinovasi ya agar produk makananmu berbeda dari penjual yang lain. Misalnya dengan membuat sambal khusus yang resepnya hanya diketahui oleh kamu.

Inovasi berguna sebagai pembeda antara produkmu dengan produk makanan penjual yang lain.

2. Raup keuntungan lebih banyak dengan berjualan cilok

Cilok merupakan salah satu jajanan khas dari Sunda yang memiliki penggemar cukup banyak. Coba lihat di sekelililingmu ada berapa banyak orang yang berjualan camilan satu ini?

Terbuat dari aci atau tepung kanji, cilok memiliki cita rasa gurih khas yang dihasilkan oleh tepung tersebut. Dari bahan dasar itulah yang membuat cilok juga memiliki tekstur yang cukup kenyal saat dimakan.

Cilok biasanya disajikan dalam keadaan hangat dan ditemani oleh saus kacang serta kecap manis. Perpaduan rasa ini akan menghadirkan rasa yang lezat saat berada di lidah.

Meski ada banyak penjual cilok di luar sana. Kamu tidak perlu khawatir selama kamu bisa membuat diferensiasi atau ciri khas yang membuat cilokmu berbeda dari yang dijual pada umumnya.

Misalnya, kamu menciptakan cilok yang memiliki isian beragam. Mulai dari coklat, keju, cabe, kacang dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu kamu juga bisa membuat tampilan cilok warna warni dengan pewarna makanan yang aman. Hal ini juga akan menarik lebih banyak minat pembeli karena jarang ada di penjual cilok yang lain.

3. Usaha kecil menjanjikan dengan berjualan ice cream 

Siapa yang tak suka ice cream? Baik anak kecil maupun orang dewasa semuanya menyukai produk makanan beku yang satu ini. Rasanya yang identik dengan manis serta tekstur lembut yang ditawarkan membuat es krim menjadi salah satu dessert atau makanan pencuci mulut favorit banyak orang.

Varian rasa yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari coklat, vanilla, stroberi, pisang dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, seiring berkembangnya zaman, orang-orang juga mulai berinovasi dalam menciptakan produk es krim enak dengan tampilan yang menggiurkan.

Es krim bisa dijadikan peluang usaha kecil menjanjikan yang bisa kamu coba sekarang juga. Cara membuatnya pun tidak rumit. Selama kamu memiliki lemari pendingin atau kulkas, kamu bisa menciptakan produk makanan beku yang satu ini. Ada banyak menu es krim di internet yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

Jika sudah jadi, kamu bisa menyuruh tetangga dan teman-temanmu untuk mencobanya. Kalau cita rasanya sudah cukup enak, tinggal kamu memikirkan bagaimana caramu menjual es krim tersebut. Mulai dari kemasan, merek hingga cara promosi yang jitu.

4. Manfaatkan mesin cuci di rumah untuk bisnis laundry

Di era yang serba cepat seperti saat ini. Banyak orang sibuk yang bahkan tidak sempat mencuci pakaian mereka sendiri. Alhasil, orang-orang tersebut memanfaatkan jasa layanan laundry yang kini bertebaran di mana-mana.

Buat kamu yang saat ini berprofesi sebagai ibu rumah tangga atau siapapun yang memiliki mesin cuci di rumah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Peluang usaha yang satu ini terbilang sangat menjanjikan karena banyak dicari orang.

Terlebih jika kamu bisa menawarkan jasa laundry kilat. Pasti akan jauh lebih banyak orang yang mau menggunakan jasamu. Usaha ini dapat dijalankan di berbagai kalangan mulai dari ibu rumah tangga maupun mahasiswa. Bagaimana tertarik untuk mencoba bisnis laundry satu ini?

Demikianlah artikel tentang usaha kecil menjanjikan dengan modal yang tak terlalu besar. Selain itu, semua ide bisnis di atas bisa kamu mulai dari rumah. Yang terpenting adalah mencobanya terlebih dahulu. Kamu tidak perlu takut gagal karena bagaimana pun kegagalanlah yang akan menuntunmu pada kesuksesan selama kamu pantang menyerah.

Selamat mencoba!