, ,

5 Tips Ampuh Sukses dalam Bisnis Kedai Kopi Kekinian

by -17 views
Waralaba Minuman
Foto: Pexels

Orang Indonesia hampir semuanya menyukai kopi yang merupakan minuman dengan rasa yang nikmat. Bukan hanya laki-laki, bahkan tak jarang kaum perempuan pun sangat menyukai minum kopi. Dengan pangsa pasar yang sangat luas, peluang usaha kedai kopi tentunya mempunyai kelebihan tersendiri.

Membuka kedai kopi, anda bisa membidik konsumen dari berbagai kalangan serta usia yang beragam. Jika anda tertarik mencoba membuka usaha kopi, sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan beberapa poin berikut:

Membuat Konsep Kuat untuk Peluang Usaha

Peluang Usaha - Kedai Kopi
Peluang Usaha – Kedai Kopi

Jika anda ingin membidik pasar konsumen milenial, sebaiknya anda memikirkan konsep kedai. Buatlah konsep yang ikut serta menjadi identitas bisnis anda. dengan memiliki dasar konsep yang berbeda dan unik, besar kemungkinan anda mampu bertahan dalam persaingan.

Sebagai contoh, jika anda membeli kopi di warteg relatif lebih murah, beda hal ketika anda datang ke sebuah café kopi, biasanya mereka mematok harga yang cukup tinggi. Akan tetapi anehnya orang-orang tidak merasa keberatan dengan harga yang mereka tawarkan. Tentu alasannya karena orang sangat menyukai konsep yang digunakan di cafe kopi tersebut.

Dengan kata lain, kita bisa mengatakan jika konsep dalam usaha kopi mampu menaikkan nilai ekonomi secangkir kopi. Itulah mengapa konsep yang kuat sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis anda.

Perhitungan Modal Awal

Peluang Bisnis - Kedai Kopi
Peluang Usaha – Kedai Kopi

Saat ingin membuka usaha kopi, tentunya anda harus memperhitungkan modal awal terlebih dahulu. Sebenarnya ini sejalan dengan menentukan konsep kedai kopi, artinya besarnya modal yang perlu anda keluarkan harus disesuaikan dengan konsep yang diusung. Jika anda menginginkan konsep yang mewah dan hedon, maka biaya yang perlu dikeluarkan juga akan semakin besar.

Akan tetapi masalahnya ketika hanya mempunyai modal sedikit, maka anda harus cerdas-cerdas pemikiran konsep kedai kopi yang murah dalam pembangunannya namun tetap mempunyai daya tarik. Sebenarnya biaya membuka usaha kedai kopi ini bisa dimulai dengan 1 juta rupiah serta untuk ukuran sedang bisa dimulai dengan biaya 15 juta rupiah.

Menentukan Target Konsumen

Peluang Bisnis - Kedai Kopi
Peluang Usaha – Cafe Kopi

Selanjutnya adalah menentukan target konsumen. Ini sangat penting karena jika anda tidak mempunyai target konsumen yang jelas maka anda akan kesulitan mendapatkan konsumen yang memang benar-benar loyal. Agar bisnis bisa bertahan lama, tentukanlah target konsumen yang jelas, apakah untuk anak-anak muda, karyawan, businessman dan lain sebagainya.

Dengan mempunyai target pasar yang jelas, anda juga akan dengan mudah menentukan harga kopi yang dijual. Biasanya untuk konsumen milenial mereka hanya memperoleh gaji UMR setiap bulannya sehingga harga kopi bisa disesuaikan. Berbeda dengan businessman, untuk membeli secangkir kopi seharga 25 ribu rupiah rasanya mereka tidak akan keberatan.

Ya itu tadi, kembali lagi kepada konsep kedai kopi anda. jika konsepnya memang benar-benar kuat, maka orang tidak akan segan datang ke kedai kopi anda walaupun harga yang dipatuk relatif mahal.

Bekerja Sama dengan Supplier Berkualitas

Peluang Bisnis - Kedai Kopi
Peluang Usaha – Cafe Kopi

Pasti anda inginkan jika bisnis kopi yang dijalankan tersebut bisa bertahan lama. Karena itu, anda perlu memperhatikan supplier kopi yang memang menawarkan kualitas terbaik agar konsumen anda puasa dan tidak kecewa. Kunci kopi terasa nikmat adalah terletak pada bahan mentah berupa biji kopi itu sendiri serta proses pengolahannya.

Jika ada yang menawarkan biji kopi murah yang cepat tergiur, bisa jadi biji kopi tersebut tidak berkualitas dan akan merugikan anda sebagai pengusaha muda. Ada baiknya anda menguji coba berbagai supplier untuk mendapatkan kualitas kopi yang terbaik.

Lokasi Peluang Usaha Strategis dan Barista yang Kompeten

Peluang Usaha - Kedai Kopi
Peluang Usaha – Cafe Kopi

dalam bisnis kedai kopi anda juga perlu memperhatikan dimana akan membukanya. Pilihlah tempat yang strategi, ramai, dan mudah diakses oleh calon pembeli. Ini sangat berpengaruh terhadap prospek penjualan kopi. Jika mencapai lokasi saja orang sudah kesulitan, apakah merak mau jika harus membayar kopi yang anda tawarkan dengan harga yang mahal? Rasanya tidak kan.

Pertimbangakn juga saat merekrut barista. Carilah yang memang memiliki pengalaman dan memiliki pengetahuan terkait kopi-kopi yang anda tawarkan. Selain itu, barista yang mempunyai kecakapan dalam berkomunikasi juga akan semakin menambah daya tarik di dalam bisnis kedai kopi anda.

Penutup

Demikianlah informasi tentang peluang usaha kedai kopi serta tips suksesnya yang bisa anda ikuti.semoga artikel ini bermanfaat dan menambah ide anda untuk memilih usaha yang tepat dan menguntungkan. Baca juga artikel lain terkait Peluang Usaha Jualan Martabak Untungnya Juga Nikmat!