, ,

Jual Makanan Oleh-Oleh Untungnya Ngalir Terus, Begini Cara Suksesnya!

by -6 views
Peluang Usaha - Oleh-Oleh
Peluang Usaha - Oleh-Oleh

Belakangan ini peluang usaha makanan oleh oleh marak digandrungi oleh para pebisnis. Tidak jarang yang telah sukses dalam bisnis ini, bahkan para artis juga turut meramaikan usaha oleh-oleh daerah. Kita bisa melihat artis seperti, Dude Herlino yang memiliki usaha makanan Jogja Scrummy, Tengku Wisnu dengan olahan Malang strudel, begitupun Irwansyah, Zaskia Sungkar dan lain sebagainya.

Usaha makanan daerah memang memiliki daya tarik tersendiri serta menjanjikan keuntungan yang cukup besar. anda sendiri pun dapat memulai peluang usaha ini dengan mengangkat jenis kuliner khas masing-masing daerah. Lalu bagaimana cara sukses memulai bisnis oleh-oleh ini? Simak informasi berikut hingga selesai.

1. Menentukan Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah

Peluang Usaha - Oleh-Oleh
Peluang Usaha – Oleh-Oleh

Langkah pertama yang harus anda pikirkan adalah terkait oleh-oleh apa yang ingin anda jual. Coba gali lebih dalam apa yang menjadi ciri khas dari kota anda. jika anda orang palembang tentunya olahan yang khas adalah empek-empeknya, atau dari jambi terkenal dengan tempeknya.

Begitupun dari darah anda, setidaknya ada satu atau dua yang bisa anda jadikan sebagai peluang usaha oleh-oleh. Anda bisa fokus memproduksi satu olahan khas daerah atau langsung sekaligus beberapa olahan. Akan tetapi jika anda pemula di bisnis ini, kami sarankan untuk fokus terhadap satu olahan saja.

2. Padukan dengan Unsur Modern

Peluang Usaha - Oleh-Oleh
Peluang Usaha – Oleh-Oleh

Walaupun jualan oleh-oleh daerah sangat khas dengan olahan tradisional, namun anda perlu memberikan sentuhan modern. Ini berguna untuk membuat oleh-oleh lebih menarik dan layak dibawa keluar daerah sekalipun. Kita bisa melihat bagaimana orang bisa sukses di bisnis ini, banyak dari mereka akan memasukkan unsur tradisional dengan modern.

Unsur modern dinsi bisa terkait cara pengemasan, pengolahan atau lain sebagainya. Misalnya makanan oleh-oleh wajik jawa, agar lebih menarik buatlah kemasan dari bungkus yang kekinian.

3. Ajaklah Tour Travel untuk Bekerja Sama

Salah satu kunci sukses dalam bisnis oleh –oleh adalah bekerja sama dengan tour travel agent. Tour travel tentunya selalu banyak membawa wisatawan luar daerah, sehingga mereka dapat mengarahkan wisatawan untuk membeli oleh-oleh di tempat anda. ini sangat penting, karena oleh-oleh khas minat pembelinya tentu dari luar daerah.

Cobalah hubungi setiap tour travel agent di kota anda, terutama mereka yang telah terpercaya serta sudah lama beroperasi.

4. Menentukan Lokasi dan Memberikan Layanan Terbaik

Peluang Usaha - oleh-oleh
Peluang Usaha – oleh-oleh

Jika anda membuka usaha oleh-oleh pastikan tempat yang anda pilih sering dikunjungi turis atau wisatawan. Anda bisa menjualnya di pinggir jalan yang terkenal atau di pinggir jalan arah ke tempat wisata. Meski sekarang anda dapat memasarkan melalui internet, akan tetapi prospek penjualan secara online pun masih sangat besar.

Begitupun terkait pelayanan, berikanlah layanan terbaik agar orang puas dengan oleh-oleh yang anda jual. Jika mereka puas tentunya itu akan berdampak baik terhadap bisnis anda. merak biasanya akan bercerita ke orang lain jika membeli oleh-oleh ini di tempat tertentu, merak akan dengan senang hati menunjukan alamat toko oleh-oleh anda.

Penutup

Oleh-oleh khas daerah memiliki prospek penjualan yang cukup besar dan mengungtukan. Akan tetapi anda perlu menyiapkan modal yang cukup untuk memulai bisnis ini, terlebih jika anda menjual oleh-oleh di bandara atau tempat wisata populer. Biasanya akan ada pajak dan segala macam, sehingga anda juga perlu menyesuaikan modal dan harga jual.

Semoga anda bisa sukses di peluang usaha ini dan mendapatkan keuntungan. Teruslah bekerja keras, belajar dan berdoa agar selalu dimudahkan segala urusan usaha anda. terimakasih telah membaca artikel ini dan baca juga pembahasan lain tentang Peluang Usaha Jualan Es Krim Modal Kecil Untung Jutaan